Kabar Emas
13 Feb 2024

Cara Menghindari Penipuan Saat Membeli Emas Online yang Penting Dilakukan

Bagikan
article-cover-images/5769861dc36032552c41e58414bd3bc2

Cara menghindari penipuan saat membeli emas online - Saat ini, melakukan jual beli online memang sudah marak dilakukan. Di era yang hampir semua hal bisa dilakukan dengan digital. melakukan jual beli emas untuk investasi pun juga bisa dilakukan melalui online. Sudah ada banyak orang yang saat ini gemar melakukan investasi emas secara online.

Tetapi, sayangnya ada banyak juga kejadian kriminalitas yang turut membumbui kegiatan tersebut. Oleh karena hal itu, penting bagi setiap orang yang ingin melakukan investasi untuk mengetahui cara menghindari penipuan saat membeli emas online. Hal ini berguna agar hal buruk tersebut tidak sampai menimpa Anda. Untuk mengetahui apa saja cara yang bisa dilakukan, berikut adalah penjelasannya.

Cara Menghindari Penipuan Saat Membeli Emas Online dengan Memilih Toko Terpercaya

Cara pertama yang bisa Anda gunakan untuk menghindari tindakan penipuan saat membeli emas online adalah memastikan toko terpercaya. Kenali terlebih dahulu toko emas yang akan Anda beli ini melalui berbagai sumber. Anda bisa mengecek keaslian toko emas melalui internet baik di ulasan yang diberikan pelanggan, atau sumber manapun. Dengan begitu, maka Anda akan dapat meminimalisir adanya tindakan penipuan secara online.

Pada toko emas yang resmi dan terpercaya, biasanya mereka akan memiliki rekam jejak yang bagus. Selain itu biasanya mereka juga cenderung sudah berdiri sejak lama. Cara menghindari penipuan saat membeli emas online selain dengan itu adalah lihat juga riwayat para pembelinya. Anda bisa melihat ulasan yang diberikan oleh para pembelian, apakah banyak yang memberikan ulasan positif atau sebaliknya.

Dengan begitu, Anda tentunya akan bisa menyimpulkan apakah toko tersebut memang berkualitas atau tidak. Selain itu, jika Anda mencari toko emas sebaiknya pilih yang sudah jelas seperti di Galeri 24. Sebab, Galeri24 ini adalah anak perusahaan dari PT Pegadaian Persero sehingga akan lebih terpercaya. Bahkan, sudah ada banyak orang yang membeli emas disini dan tidak mengalami masalah.

Hindari Termakan Iklan Harga yang Lebih Murah

Di dalam sebuah pembelian emas, tentunya Anda harus bisa lebih cermat. Salah cara menghindari penipuan saat membeli emas online adalah teliti pada segi harga, dimana dalam hal ini hindarilah membeli emas dalam harga yang lebih murah. Mengalami untung dan juga rugi, sebenarnya adalah hal biasa di dalam penjualan emas. Tetapi, sebaiknya hindarilah termakan iklan yang memberikan tawaran pembayaran emas yang lebih murah dari biasanya.

Hal ini karena, biasanya harga yang lebih murah di awal, akan dikenakan beberapa biaya lain yang akan membuat Anda membayar lebih mahal dari harga normal. Bahkan mengutip dari Forbes, disana dikatakan bahwa para penjual emas batangan yang terpercaya. Akan menjual produk emas batangan mereka dengan harga sekitar 1,5 sampai dengan 10 persen. Atau bahkan bisa juga lebih mahal atau di atas harga dari spot emas.

Sedangkan, untuk para penjual yang melakukan penipuan. Mereka justru akan menawarkan harga yang jauh lebih murah. Karena, kemungkinan besar emas yang mereka jual tersebut adalah emas palsu.

Cara Menghindari Penipuan Saat Membeli Emas Online dengan Mencari Tahu Kebijakan Toko

Cara selanjutnya yang bisa Anda gunakan untuk memastikan bahwa toko tersebut terpercaya adalah melalui kebijakan toko. Biasanya pada sebuah toko emas yang terpercaya, mereka akan memberikan beberapa kebijakan yang dapat menguntungkan pembeli. Kebijakan tersebut biasanya berupa garansi untuk emas yang dibeli, atau juga sertifikat yang menjamin keaslian emas. Selain itu, pada toko emas yang terpercaya mereka tidak akan mau menyulitkan para pelanggannya.

Sedangkan, untuk toko yang berniat menipu. Mereka akan berusaha untuk membuat kebijakan yang justru menyulitkan. Dimana kebijakan tersebut hanya akan menguntungkan satu pihak saja.

Memastikan Proses Pengiriman Emas

Cara menghindari penipuan saat membeli emas online yang selanjutnya adalah dari hal pengiriman. Saat membeli barang secara online, proses pengiriman jelas menjadi hal penting dan utama. Untuk memastikan bahwa toko emas yang Anda pilih terpercaya. Perhatikan prosedur pada proses pengiriman yang dilakukan.

Dimana, pada sebuah toko emas terpercaya, mereka akan menawarkan pengiriman barang dengan asuransi. Sehingga, mereka akan menjamin bahwa barang yang dikirim tersebut aman dan juga asli. Selain asuransi, bisa juga pihak toko menawarkan penukaran pada emas jika diperlukan dengan menggunakan syarat tertentu. Berbeda dengan toko penipu mereka biasanya tidak akan mengirimkan bukti kwitansi atau juga sertifikat, bahkan kemungkinan barang tidak dikirim pun banyak.

Beli Emas di Galeri 24 Pasti Asli dan Terpercaya

Oleh karena hal itu, penting untuk membeli emas di toko yang memang sudah resmi dan terpercaya. Dimana mereka juga memiliki sertifikat resmi terkait dengan keaslian produk. Jika Anda ingin mencari toko emas yang sudah terbukti resmi, belilah di Galeri 24 yang merupakan anak perusahaan PT Pegadaian sehingga terpercaya. Di Galeri 24 ini, mereka juga menyediakan berbagai macam emas baik perhiasan, logam mulia, emas batangan atau Antam, dan juga berlian.

Di Galeri 24 ini mereka juga melayani pemesanan melalui online, Anda bisa memesannya melalui website resminya atau juga marketplace resmi mereka.

Jadi tunggu apalagi, segera beli emas hanya di Galeri 24. Beli emas di Galeri 24, beli emas tanpa was-was!