Kabar Emas
9 Feb 2024

Begini Cara Mengolah Barang Elektronik Jadi Emas. Mau Coba?

Bagikan
article-cover-images/a78d021385092e0b7dbd209883acc7ed

Barang elektronik disebut bisa didaur ulang jadi emas. Bagaimana caranya? Yuk, temukan tips lengkapnya di sini!


Emas, selain bisa ditambang juga bisa didaur ulang. Menariknya, daur ulang emas selain bisa dilakukan dengan perhiasan emas atau koin emas, bisa pula memanfaatkan barang elektronik. Namun, jumlah emas di dalam barang elektronik sangat sedikit. Mungkin sekitar 1-5 persen dari satu alat elektronik. Makanya, untuk menghasilkan emas dalam jumlah tertentu, Anda membutuhkan alat elektronik yang banyak.


Nah, berbicara daur ulang emas dengan limbah elektronik, hal itu sudah dilakukan oleh Jerman. Bahkan, Jerman bisa mendapatkan 18 ton emas dari 1 juta limbah elektronik. Tentu, angka tersebut sangat banyak mengingat Jerman tak punya "tambang" emas seperti negara-negara lain. Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk mendaur ulang barang elektronik? Jika iya, coba simak artikel ini. Akan ada cara mengolah limbah elektronik menjadi emas.


Cara Mengolah Barang Elektronik Jadi Emas

Sekadar informasi, beberapa limbah elektronik yang mengandung lapisan emas adalah limbah komputer, HP, processor, ram, main board, hardisk, dan banyak komponen lainnya. Lalu, bagian mana yang ada emasnya?  Menurut laman hallo.id, bagian integrated circuit atau IC lah yang terdapat komponen emas. Menariknya, selain emas, IC sebuah perangkat elektronik biasanya terdapat perak. Emas pada IC berfungsi sebagai penghantar listrik ke konektor lainnya.


Nah, cara mengolah barang elektronik jadi emas perlu proses yang cukup panjang. Selain itu, Anda harus menyiapkan beberapa alat dan bahan, seperti tungku pemanggangan, air keras, dan bahan kimia lainnya. Alhasil, pengolahan alat elektronik jadi emas perlu dilakukan oleh ahli dan alat-alat khusus. Terlebih, ada bahan-bahan kimia yang sangat berbahaya. Itu artinya, pengolahan harus dilakukan oleh mereka yang berpengalaman. Jika Anda tertarik, Anda bisa melihat cara lengkapnya lewat video yang sudah beredar di internet.


Beli Emas di Galeri 24

Itulah cara mengolah barang elektronik menjadi emas. Bila cara di atas terlalu sulit, Anda bisa beli emas secara langsung. Apalagi, tak semua orang mampu untuk mengolah barang elektronik jadi emas. Sebab, pada saat ini beli emas sangat mudah. Bisa lewat online dan offline. Seperti halnya di Galeri 24. Anda bisa beli emas di Galeri 24 secara online dengan melakukan transaksi melalui Shopee, Tokopedia, TikTok, G24 Mobile Apps, dan situs resmi. Lewat media-media tersebut, Anda akan mendapatkan ragam produk emas dari Galeri 24, lengkap dengan harga terbaru. Sementara yang tertarik beli emas secara langsung, Anda bisa membelinya di gerai Galeri 24 yang sudah ada di sejumlah kota Indonesia. Jika beli secara langsung, jangan lupa bawa kartu identitas diri, ya. Anda mungkin bertanya, kenapa kita harus beli emas di Galeri 24? Alasannya karena Galeri 24 menyediakan emas berkualitas dan resmi, sebab Galeri 24 adalah anak perusahaan dari PT Pegadaian. Selain itu, setiap produk emas dari Galeri 24 sudah terjamin kualitasnya karena unit produksi emas yang dimiliki Galeri 24 sudah memenuhi Standar Nasional Indonesia atau SNI.


Jadi ayo segera beli emas di Galeri 24. Beli emas tanpa was-was!