Kabar Emas
12 Feb 2024

4 Cara Menyimpan Emas Batangan di Rumah yang Aman

Bagikan
article-cover-images/2d878e9b275490b5ee6177fcb7ae392c

Penyimpanan emas batangan yang paling aman bisa dilakukan di lembaga penyedia layanan penyimpanan emas, contohnya seperti di Pegadaian. Namun, seringkali ada orang-orang yang ingin menyimpan emas di rumah saja agar lebih mudah jika sewaktu-waktu harus dijual lagi. Penyimpanan emas batangan di rumah ini jika tidak dilakukan dengan hati-hati justru akan menarik perhatian pelaku tindak kejahatan, lho. Agar tak terjadi demikian, berikut ini informasi seputar cara menyimpan emas batangan di rumah dengan aman yang patut Anda perhatikan.

Cara Menyimpan Emas Batangan di Rumah dengan Aman

Emas batangan adalah benda yang berharga. Jika Anda menyimpan emas batang di rumah tanpa memperhatikan keamanannya, jelas ini menjadi celah empuk bagi maling untuk mengambil paksa emas Anda. Agar tak terjadi demikian, inilah cara menyimpan emas batangan di rumah agar tetap aman.

1. Jangan Menyimpan Emas di Lemari

Cara menyimpan emas batangan di rumah yang pertama adalah jangan sekali-kali menyimpan emas di lemari. Tidak direkomendasikan untuk menyimpan emas di dalam lemari karena lemari tidak dapat menawarkan perlindungan yang cukup untuk menjaga emas Anda agar tetap aman. Lemari tidak memiliki penguncian yang kuat untuk mencegah kejahatan, sehingga orang yang bermalas-malasan bisa mengambil emas Anda.

Lemari juga bisa terekspos pada suhu di luar ruangan, yang bisa menyebabkan korosi pada emas Anda. Lemari juga tidak dapat melindungi emas Anda dari berbagai bentuk kerusakan lainnya, seperti pengaruh kimia, debu, atau kelembaban tinggi. Jadi, dengan semua itu, tidak direkomendasikan untuk menyimpan emas di dalam lemari.

2. Simpan di Brankas

Emas batang merupakan salah satu jenis aset yang paling berharga dan aman. Oleh karena itu, kebanyakan orang memutuskan untuk menyimpannya di brankas. Memiliki brankas untuk menyimpan emas berarti Anda dapat menjamin keamanan dan keselamatan asetmu.

Selain itu, brankas memungkinkan Anda untuk menyimpan emas dengan aman sehingga tidak disentuh oleh orang lain. Kemampuan brankas untuk menyimpan barang-barang berharga ini membuatnya menjadi salah satu cara terbaik untuk menyimpan emas.

Brankas juga memiliki teknologi keamanan terkini yang menjamin bahwa emas Anda akan tetap aman. Ini termasuk sistem penguncian digital yang menghalangi orang yang tidak berhak mengakses dan berbagai fitur lain yang meningkatkan keamanan.

Bahkan, beberapa brankas memiliki fitur anti-perampokan yang menghalangi pencuri dari mencuri isi brankas. Ini membuat brankas menjadi solusi yang sempurna untuk menyimpan emas batang.

Karena itu, dengan menggunakan brankas untuk menyimpan emas batangan, Anda dapat memastikan bahwa aset Anda tetap aman dan terlindungi. Dengan mengambil langkah-langkah ini, Anda akan memiliki kepastian bahwa emas Anda aman dan terlindungi dari segala ancaman.

3. Berikan Perlindungan Ganda

Perlindungan ganda sangat penting bagi mereka yang menyimpan emas batang di rumah. Ini karena emas batangan merupakan investasi yang berharga dan berpotensi menjadi incaran para pencuri. Oleh karena itu, perlindungan ganda dapat membantu menjaga dan melindungi investasi Anda dengan aman.

Salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk memberikan perlindungan ganda adalah dengan memasang sistem keamanan di rumah Anda. Sistem keamanan ini dapat berupa alarm, CCTV, dan lainnya. Dengan sistem keamanan ini, Anda dapat dengan mudah mendeteksi adanya kegiatan yang tidak diinginkan di dalam rumah.

Selain itu, Anda juga harus menyimpan emas batang Anda di tempat yang aman. Anda dapat memilih tempat yang tidak mudah diakses oleh orang lain. Hal ini dapat mengurangi risiko bahwa emas batangsn Anda akan dicuri oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

4. Beri Trik untuk Mengelabui Maling

Mengelabui maling saat menyimpan emas batangsn di rumah dapat dilakukan dengan melakukan beberapa trik. Pertama, pastikan untuk menyimpan emas batang di tempat yang aman seperti di tempat yang tidak mudah terlihat. Anda dapat menyembunyikannya di tempat yang tersembunyi seperti di bagian belakang rak buku atau di dalam lubang dinding. Jika Anda tidak memiliki safe, Anda dapat menyimpan emas batang di tempat yang tidak mudah terlihat, seperti di bawah bantal atau di dalam laci atau dalam kotak yang disimpan di lemari.

Anda dapat membuat penipuan. Anda bisa menyimpan kotak-kotak kosong di tempat yang sama di mana Anda menyimpan emas batang. Ini akan memberi maling pikiran bahwa kotak tersebut berisi emas batang sehingga mereka tidak akan berusaha mencuri emas batang.

Dengan bernilainya harga emas batangan, jelas membuatnya menjadi incaran banyak pihak, baik dengan cara yang benar hingga cara yang tidak dibenarkan. Untuk itu pastikan agar menyimpan emas Anda dengan aman agar tak kecolongan.

Selain itu, pastikan untuk dapatkan emas dengan kualitas asli hanya dari tempat penjualan emas terpercaya, seperti di Galeri 24. Galeri 24 menyediakan berbagai jenis logam mulia, termasuk emas batangan, dengan kualitas yang sudah sangat terjamin, dibuktikan dengan emas-emas yang diproduksi dan dihadirkan oleh Galeri 24 sudah sesuai dengan SNI 8880:2020.

Pembelian emas di Galeri 24 juga bisa didapatkan dengan berbagai cara, dari distro-distro fisik resmi, website, hingga marketplace resmi. Sehingga selalu pastikan untuk dapatkan emas dengan kualitas terpercaya hanya di Galeri 24. Karena hanya di Galeri 24, beli emas tanpa was-was!