top of page

Cara Menyimpan Emas Setelah Membelinya


cara menyimpan emas setelah membelinya
sumber: liputan6.com

Cara menyimpan emas setelah membelinya menjadi satu langkah yang harus diperhatikan. Selain itu, perhiasan emas ketika digunakan terus menerus setiap hari tanpa disadari bisa membuat penampilan menjadi kurang menarik. Kilau perhiasan emas yang berkurang dan warnanya menjadi kusam. Akan tetapi, hal tersebut bisa dibatasi ketika Anda merawat emas dengan baik.


Perawatan terhadap perhiasan emas sangat penting untuk menjaga tetap di dalam kondisi yang baik. Perhiasan emas adalah salah satu bentuk investasi yang menjadi primadona sebagian besar wanita.


Selain karena bentuknya cantik, perhiasan nilainya tinggi bisa digadai atau bahkan dijual kembali. Nilainya juga akan lebih tinggi, maka kilaunya tampak nyata sehingga bisa menarik hati.


Cara menyimpan emas setelah membelinya adalah dengan membawanya ke tangan yang memang ahli, seperti di toko emas. Akan tetapi, cara tersebut kurang praktis bagi sebagai orang.Membawa koleksi perhiasan ke toko emas untuk dirawat dirasa merepotkan dan memerlukan biaya ekstra.


Ada beberapa cara menyimpan emas setelah membelinya. Sedangkan, untuk Anda yang penasaran mengenai beberapa cara tersebut bisa langsung saja simak penjelasan lebih lengkapnya dibawah ini.


Cara Menyimpan Emas Setelah Membelinya


Pada era yang terus berkembang seperti sekarang, banyak sekali macam-macam jenis emas bermunculan dan bisa dipilih. Akan tetapi, untuk semua jenis emasnya mempunyai cara penyimpanan yang berbeda-beda. Beberapa cara menyimpan emas setelah membelinya bisa dilakukan adalah:


1. Memilih Cairan Pembersih yang Tepat


Pemilik toko emas mempunyai pembersih khusus perhiasan emas yang memudahkan untuk merawat perhiasan. Akan tetapi, tidak harus membeli cairan tersebut untuk membersihkan emas sendiri dirumah. Ada beberapa cairan pembersih yang biasa dipakai rumah bisa menjadi alternatif untuk membersihkan perhiasan emas yang lebih ekonomis:


● Campuran Deterjen dan Soda

Anda bisa mencampurkan dan soda ke dalam satu wadah. Setelah itu, diaduk rata dan masukkan perhiasan di dalam cairan tersebut. Tunggu sekitar 10-20 menit, angkat dan sikat menggunakan bahan berbulu lembut untuk membersihkan perlahan hingga tidak ada kotoran yang menempel. Cuci dengan air dan keringkan menggunakan kain lembut.


● Sabun Cuci Piring

Cukup tuangkan sedikit sabun cuci piring dan air, aduk merata dan rendam perhiasan kurang lebih 5 menit. Ambil sikat lembut untuk membersihkan kotoran secara perlahan dan bilas menggunakan air lalu keringkan.


2. Menghindari Membersihkan Perhiasan dengan Air Mendidih


Perhiasan emas Anda mempunyai batu permata? Ketika iya, hindari membersihkan perhiasan dengan air mendidih. Air bersuhu panas bisa merusak perhiasan emas, mulai dari membuat logan menua.


Bahkan, bisa saja melunturkan lem pada perhiasan. Sehingga, membuat batu permata terlepas dari tempatnya. Bisa saja dengan hal tersebut membuat perhiasan jenis batu permata bisa patah dan terbelah.


Ketika ingin mencuci kotoran yang menempel, disarankan untuk menggunakan air hangat atau air biasa. Lakukan pembilasan secara perlahan dan jangan terlalu lama, agar tidak ada batu permata yang copot.


3. Melepas Perhiasan Pada Saat Mandi atau Mengenakan Make UP


Sabun mandi, sampo pembersih wajah dan pasta gigi mempunyai kandungan kimia dan membuat kilau emas menjadi memudar. Sebaiknya, Anda melepas perhiasan emas ketika mandi agar tidak sering terpapar bahan kimia yang ada di dalam produk tersebut.

Begitu juga di saat menggunakan makeup dan produk perawatan wajah. Biasakan menggunakan perhiasan setelah Anda selesai berhias. Hal ini juga menjaga agar perhiasan Anda tidak mudah kotor akibat endapan cairan lotion atau bedak.


4. Simpan dengan Benar untuk Merawat Perhiasan Emas


Saat perhiasan anda sedang tidak dipakai, baiknya anda menyimpan perhiasan tersebut dengan baik dan benar. Usahakan juga tidak sembarang tempat apabila ingin menyimpan perhiasan tersebut. Anda bisa gunakan plastik perhiasan lalu masukkan ke dalam kotak perhiasan.


Cara menyimpan emas setelah membelinya letakkan sesuai dengan jenisnya. Hindari menempatkan di satu tumpukan begitu saja. Perhiasan itu saling menempel dan membuat warnanya menjadi pudar.


Apalagi kalung emas yang memiliki rantai tipis itu tentunya rawan terbelit. Apabila perhiasan tersebut sudah disimpan, baiknya anda membersihkan perhiasan tersebut secara berkala demi menjaga kualitas dari perhiasan itu sendiri.


5. Menggunakan Perhiasan Pada Momen Spesial Saja


Kenapa perhiasan emas cepat rusak? Kemungkinan besar karena Anda pakai setiap hari. Ada beberapa aktivitas harian yang beresiko membuat perhiasan cepat rusak, yaitu berenang, menggunakan perhiasan wajah dan mengerjakan pekerjaan rumah tangga.


Jadi Anda disarankan untuk menggunakan perhiasan pada momen spesial saja. Menggunakan perhiasan emas pada momen spesial juga bisa membuat Anda tampil lebih percaya diri dan cantik.


Itulah dia 5 cara menyimpan emas setelah membelinya yang bisa dilakukan sendiri dirumah. berbekalah langkah sederhana dan praktis tadi, Anda bisa lebih menghemat biaya perawatan perhiasan karena tidak perlu sering berkunjung ke toko emas.


Dana yang tidak terpakai ini bisa dialokasikan untuk membuka tabungan emas melalui aplikasi Galeri 24. Caranya sangat mudah dan murah, tanpa adanya biaya fasilitas titipan sama sekali.


Cukup melakukan top up pertama sebesar RP50.000,00 saja, Anda sudah bisa mempunyai tabungan di Galeri 24. Segera download aplikasi Galeri 24 di smartphone yang digunakan dan temukan kemudahan berbagai jenis transaksi dari genggaman Anda!


Ingat, beli emas terpercaya hanya di Galeri 24, beli emas di Galeri 24, beli emas tanpa was-was!


114 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua