Kabar Emas
13 Feb 2024

4 Cara Tepat Menyimpan Emas yang Mudah dan Aman

Bagikan
article-cover-images/019c60771be9bfc75a9ff1246c5bdbff

Sebelum melakukan sebuah investasi, memikirkan cara menyimpan emas jelas menjadi sebuah hal yang penting. Anda harus tahu tentang tempat yang aman yang bisa Anda lakukan untuk menyimpan emas Anda. Hal ini karena emas merupakan hal yang sangat berharga. Bukan hal yang tidak mungkin jika terjadi sebuah pencurian ataupun semacamnya.

Oleh karena itu, mencari tempat aman untuk menyimpan emas adalah hal utama sebelum melakukan investasi. Ada berbagai macam cara yang bisa dilakukan untuk menyimpan emas. Dan berikut ini akan saya jelaskan tentang bagaimana cara menyimpan emas aman. Terlebih lagi jika Anda memiliki banyak sekali emas, maka sebaiknya simak artikel ini sampai selesai.

Cara Menyimpan Emas Yang Aman, Gunakan 3 Lapisan Pengamanan Atau Lebih

Cara menyimpan emas yang pertama adalah dengan menggunakan lapisan yang berlapis. Dengan menggunakan sebuah pengaman yang berlapis, pencuri biasanya akan memiliki waktu yang terbatas saat melakukan aksinya. Sehingga, mereka cenderung sering mengambil barang yang mudah diraih. Biasanya hal yang menjadi incaran adalah seperti di dalam laci, lemari, atau beberapa tempat sejenisnya.

Seperti yang sudah disebutkan pada aturan dasar sebelumnya tentang cara menyimpan emas. Emas adalah hal berharga untuk disimpan di tempat yang aman, sehingga Anda perlu berpikir kreatif dan berupaya dengan lebih ekstra dari biasanya untuk melindungi barang tersebut. Anda bisa menyimpan emas yang Anda miliki tersebut pada sebuah kotak yang sudah digembok. Bukan itu saja, setelah Anda melakukannya, Anda kemudian bisa memasukannya ke dalam kotak yang jauh lebih besar lagi, kemudian memberikan kata sandi pada kotak tersebut.

Anda bahkan juga bisa mengubur kotak emas tersebut di suatu tempat yang diatasnya ditutupi pot tanaman. Semakin sulit tempat penyimpanan emas, semakin sulit pula pencuri mengbongkar tempat penyimpanan emas tersebut. Sehingga semakin kecil juga peluangnya untuk berhasil. Hal ini jelas menjadi cara menyimpan emas yang sangat aman karena membutuhkan waktu lebih untuk mendapatkannya.

Menaruh Emas Di Dalam Brankas Unik Bisa Jadi Cara Menyimpan Emas Yang Aman

Saat ini, brankas berbentuk unik sudah banyak sekali kita temui di toko baik offline atau di toko online. Untuk fungsi dari brankas itu sendiri, hal ini sebenarnya masih tetap sama dengan brankas besi pada umumnya. Dimana brankas ini bisa digunakan untuk menyimpan berbagai macam barang yang berharga. Hanya saja yang membedakan adalah brankas ini memiliki bentuk yang unik, dan hal ini akan bisa menguntungkan sebagai cara menyimpan emas Anda dengan aman.

Kebanyakan orang akan menyimpan barang berharga yang mereka miliki termasuk emas di dalam sebuah lemari pribadinya. Karena ini adalah hal yang umum, sehingga hindari untuk menyimpan perhiasan Anda di sana. Anda bisa mencoba dengan menyimpan emas milik Anda tersebut di dalam sebuah brankas buku. Bentuk dari brankas yang tidak mencurigakan dan sangat mirip dengan sebuah buku asli akan membuat brankas ini tidak terlalu diperhatikan.

Sebaliknya, hal ini justru akan hilang dari titik pandang seorang pencuri, karena dianggap tidak terlalu penting. Hal ini jelas menjadi cara menyimpan emas yang aman untuk Anda. Selain buku, ada juga brankas yang berbentuk seperti jam dinding ataupun hal lainnya.

Mengelabui Pencuri Untuk Tempat Penyimpanan Emas Anda

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa Anda perlu melakukan hal kreatif untuk cara menyimpan emas yang aman. Jika Anda berpikir dengan cara yang sedikit kreatif, maka Anda akan bisa mengelabui para pencuri yang masuk kedalam rumah Anda. Sebagai contohnya adalah, Anda bisa meletakan brankas Anda di sebuah tempat yang mudah terlihat dan terjangkau. Kemudian, isi brankas tersebut dengan berbagai barang yang tidak berharga atau biasa saja.

Sehingga, jika ada seseorang pencuri masuk rumah Anda dan ketika si pencuri menemukan brankas ini kemudian membongkarnya. Ia akan merasa bahwa Anda tidak memiliki barang yang berharga. Mereka juga akan cenderung menyerah setelah usahanya tersebut gagal, karena membongkar sebuah brankas jelas akan memakan waktu yang cukup lama, sedangkan mereka tidak memiliki banyak waktu untuk tetap berada di lokasi pencurian. Kemudian, mereka akan segera meninggalkan rumah Anda karena tidak ingin ketahuan. Hal ini jelas akan sangat membantu untuk menyelamatkan barang berharga yang Anda miliki, dan juga bisa menjadi cara menyimpan emas yang aman.

Menyimpan Emas Anda Di Bank Atau Pegadaian

Cara menyimpan emas yang selanjutnya adalah dengan menitipkannya di pegadaian ataupun di Bank. Apakah sebelumnya Anda pernah mendengar tenatang safe deposit box? Safe deposit box atau yang biasa dikenal dengan nama SDB, adalah sebuah fasilitas yang diberikan oleh Bank. Fasilitas ini diberikan bagi para nasabah yang ingin menyimpan emas ataupun beberapa dokumen penting dan berharga lainnya yang mereka miliki.

SDB ini akan bisa memberikan perlindungan barang berharga Anda dari risiko kehilangan dan juga tindak pencurian. Bukan hanya itu saja, dengan menyimpan di SDB, Anda juga akan di berikan fasilitas berupa perlindungan dari risiko kebakaran dengan sebuah ruangan khusus. Dalam ruangan tersebut akan terdapat sistem pemindai sidik jari, nomor PIN, dan juga sebuah kunci pengaman ganda. Tetapi, tentunya dengan fasilitas yang seperti ini tidak bisa didapatkan dengan gratis.

Anda perlu membayar iuran dan juga uang jaminan untuk fasilitas ini. Solusi lainnya yang bisa Anda gunakan adalah dengan menyimpan emas di Pegadaian dengan tarif sebesar 20 ribu rupiah untuk setiap 100 gramnya di setiap bulan.

Toko Emas Terpercaya Yang Mendukung Investasi Anda

Setelah mengetahui tentang beberapa cara menyimpan emas yang aman, selanjutnya Anda mungkin akan tertarik dengan cara melakukan sebuah investasi. Untuk melakukan investasi emas, Anda bisa melakukannya dengan cara sederhana seperti membelinya, kemudian menjualnya saat harga emas sedang naik. Untuk memulai investasi, sebaiknya Anda memilih tempat untuk melakukan pembelian emas yang sudah terpercaya dan juga resmi. Salah satunya adalah di Galeri 24, Galeri 24 ini adalah salah satu toko yang menjual berbagai macam jenis emas yang bersertifikat dan juga terpercaya.

Toko emas ini juga sudah resmi, sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan kualitas barang yang dijualnya. Galeri 24 ini terpercaya karena merupakan salah satu anak perusahaan dari PT Pegadaian Persero Indonesia. Sebagai salah satu toko yang bergerak di bidang bisnis retail jual beli emas batangan dan juga berbagai macam perhiasan serta batu mulia. Saat ini, Galeri 24 juga sudah memiliki 51 toko offline atau yang disebut dengan Distro G24. Toko offline ini terletak di seluruh wilayah nusantara dan tersebar. Distro G24 ini terletak mulai dari kota di Lhoksumawe sampai dengan kota Sorong.

Dengan toko retail offline yang terletak di berbagai daerah, maka Anda bisa dengan mudah menemukan toko emas terpercaya ini. Selain dengan tersedia toko offline, produk dari galeri 24 ini juga bisa Anda dapatkan secara online melalui marketplace dan juga website resminya. Ada pula sosial media resmi yang dimiliki oleh Galeri 24 ini seperti Instagram, dan Anda bisa mendapatkan produk itu di sana. Sekian artikel saya, terima kasih.

Jadi ingat ya, beli emas online atau offline di tempat yang pasti-pasti saja. Beli emas di Galeri 24, beli emas tanpa was-was!