top of page

7 Cara Terbaik Investasi Emas Bagi Pemula, Simak Ulasannya!


cara terbaik investasi emas untuk pemula
sumber: gramedia.com

Cara terbaik investasi emas untuk pemula - Emas memang menjadi salah satu instrumen investasi yang terbilang cukup menguntungkan. Investasi emas ini juga sudah banyak digunakan oleh para investor. Cara investasi yang satu situs ini juga terbilang cukup populer dan banyak digunakan. Pasalnya, emas memang menjadi instrumen investasi yang paling stabil dan menjanjikan.


Ada banyak sekali kelebihan dari melakukan investasi emas ini. Selain bisa terbebas dari inflasi, harga emas juga cenderung sering naik dan stabil. Sehingga, melakukan investasi emas ini akan bisa dilakukan oleh semua orang bahkan sangat cocok untuk pemula. Tapi meskipun terbilang mudah, ada beberapa cara terbaik investasi emas untuk pemula yang perlu Anda perhatikan agar mendapatkan keuntungan.

Tentukan Tujuan Dari Investasi Emas Jadi Cara Terbaik Investasi Emas Untuk Pemula


Cara terbaik untuk melakukan investasi emas pertama bagi para pemula adalah dengan menentukan tujuan dari investasi tersebut. Cara ini memang perlu dilakukan sebelum memutuskan untuk membeli emas, karena sebaiknya sebelum memulai investasi Anda harus tentukan terlebih dulu tujuan investasi tersebut. Apakah investasi jangka panjang yang Anda lakukan adalah untuk dana pendidikan, ibadah haji, atau mungkin untuk dana di masa depan seperti pernikahan dan juga dana melahirkan. Dengan menentukan tujuan dari investasi emas ini, maka ini bisa memudahkan Anda untuk memperkirakan berapa banyak emas yang harus dikumpulkan.


Sehingga, jika Anda tahu tentang tujuan awal investasi Anda. Anda bisa memperkirakan emas yang harus dibeli dan seberapa lama harus dikumpulkan. Hal ini jelas menjadi cara terbaik investasi emas untuk pemula. Selain menentukan untuk apa target dari investasi emas tersebut. Selanjutnya Anda bisa menentukan berapa jumlah target masa depan yang dibutuhkan, misalnya saja untuk biaya pendidikan anak, hitung berapa banyak uang yang dibutuhkan, kemudian Anda bisa mengonversikan ke jumlah emas owe gramnya, dan Anda bisa membuat target menabung untuk setiap bulannya.

Ketahui Tingkat Kemurnian Emas Jadi Cara Terbaik Investasi Emas Untuk Pemula


Setelah mengetahui tentang cara investasi yang pertama, selanjutnya hal yang perlu Anda ketahui adalah tentang tingkat dari kemurnian emas. Cara kedua ini juga merupakan cara terbaik investasi emas untuk pemula. Agar Anda tak salah memilih, Anda tentunya wajib mengetahui tentang tingkat dari kemurnian emas. Ada banyak sekali jenis dan tingkat kemurnian emas, di antaranya adalah emas 24 karat dan juga 18 karat.


Untuk tingkat kemurnian dari Emas batangan, emas dengan kandungan 24 karat merupakan jenis emas batangan dengan tingkat kemurnian yang paling tinggi. Hal ini dikarenakan pada tingkat kemurnian ini, tidak terdapat campuran tambahan dari logam lainnya. Sedangkan, untuk emas batangan dengan Ting kandungan 18 karat. Emas ini akan terdiri dari 18 bagian emas murni serta terdapat campuran dari 6 logam lainnya.


Oleh karena hal itu, sebagai cara terbaik investasi emas untuk pemula agar bisa keuntungan yang tinggi. Maka, Anda bisa memilih emas batangan dengan jenis kandungan sebesar 24 karat. Tetapi, jika Anda belum punya banyak dana untuk membelinya, bisa membeli dengan cara mencicil sedikit atau menggunakan emas dengan kadar 18 karat.

Membeli Emas Di Tempat Yang Terpercaya Seperti Galeri 24


Cara terbaik investasi emas untuk pemula selanjutnya adalah dengan membelinya di tempat yang terpercaya. Dengan membeli emas di tempat yang terpercaya, maka kualitas dari emas dan legalitasnya akan lebih terjamin. Sehingga saat memutuskan untuk membeli emas batangan, jangan pernah sekali-kali membeli emas secara online di tempat yang tidak jelas kredibilitasnya. Sebaiknya Anda hanya membeli emas batangan di tempat yang memang sudah resmi dan diawasi oleh lembaga keuangan yang resmi seperti Otoritas Jasa Keuangan atau OJK.


Salah satu tempat membeli yang resmi tentunya di Galeri 24. Sebagai anak perusahaan dari PT Pegadaian Persero Indonesia yang bekerja di bidang bisnis retail emas. Galeri 24 sudah memiliki sertifikat resmi dan sebuah legalitas yang jelas. Sehingga, emas yang dijual pun juga pasti berkualitas dan terjamin, bukan itu saja di galeri 24 juga tersedia banyak macam emas baik perhiasan, logam mulia, atau yang lainnya.

Menentukan Ukuran Emas Yang Dibeli Bisa Jadi Cara Terbaik Investasi Emas Untuk Pemula


Selain dengan membeli di tempat yang terpercaya, menentukan ukuran emas yang dibeli juga merupakan cara terbaik investasi emas untuk pemula. Membeli emas batangan memang cukup bervariasi, mulai dari ukuran gram yang kecil sampai dengan ukuran besar yang mencapai 1 kilogram. Anda bisa dengan bebas memilih dan membeli emas tersebut dalam jumlah yang kecil ataupun yang besar. Anda juga bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan investasi Anda.


Salah satu contohnya adalah jika Anda melakukan investasi emas batangan hanya untuk sebuah simpanan. Dan dalam investasi yang Anda lakukan tersebut tidak ada tujuan untuk jangka panjang. Maka, sebaiknya Anda membeli emas batangan dengan jumlah gram yang kecil. Sebagai contohnya adalah sebuah perhiasan sebesar 1 gram atau mungkin sedikit lebih besar.


Hal ini karena Emas batangan dengan gram kecil akan lebih mudah dicairkan dibanding dengan gram besar. Sehingga saat Anda sedang membutuhkannya, Anda bisa langsung menjualnya. Sedangkan, jika investasi Anda adalah untuk jangka panjang, sebaiknya pilih ukuran emas yang besar diatas 25 gram. Hal ini dikarenakan harga emas dalam jumlah besar jauh lebih murah, jika dibandingkan dengan harga emas dengan gram yang kecil, langkah ini bisa jadi cara terbaik investasi emas untuk pemula.

Memikirkan Tempat Untuk Penyimpanan Emas


Jika Anda memutuskan untuk membeli emas batangan, maka jangan lupa juga untuk memikirkan tempat penyimpanan emas yang tepat. Tidak hanya sekedar tempat yang aman, tetapi juga bersih, sehingga tempat tersebut tidak akan membuat emas jadi berjamur ataupun berkarat. Sedangkan, jika Anda ingin menyimpannya sendiri di rumah. Maka Anda bisa membeli sebuah kotak brankas dengan keamanan yang tinggi untuk menyimpan emas Anda, gunakan juga brankas yang unik kemudian simpan ditempat yang sekiranya jarang dijangkau pencuri.

Menyimpan Emas Di Pegadaian Atau Bank


Namun, jika Anda memutuskan ingin menyimpannya di lembaga keuangan seperti di Pegadaian atau bank agar lebih aman. Anda bisa memanfaatkan layanan yang ditawarkan oleh lembaga tersebut yaitu Safe Deposite Box atau SDB dengan biaya tahunan yang sudah ditentukan. Cara ini terbukti menjadi cara terbaik investasi emas untuk pemula. Karena dengan menyimpan emas di tempat aman, potensi hilang ataupun dicuri yang akan merugikan akan bisa terminimalisir.

Membandingkan Harga Emas Yang Akan Dibeli


Sebelum Anda membeli emas, pastikan Anda membandingkan harga emas pada setiap produsen. Misalnya saja, Anda memantau harga emas di Pegadaian, di mana Pegadaian sendiri merupakan penyedia emas batangan dari Antam, PT UBS, dan juga Galeri 24. Ketiga perusahaan ini akan bisa memberikan harga emas yang berbeda-beda. Anda bisa membandingkan harga dari satu sama lainnya dan membeli emas batangan dengan harga terbaik dengan keuntungan yang sama, hal ini jelas menjadi cara terbaik investasi emas untuk pemula yang menguntungkan.


Maka pastikan kalau Anda hendak beli emas online atau offline belilah hanya di Galeri 24, beli emas tanpa was-was!


Itulah sekiranya artikel yang bisa saya tuliskan, sekian dan terima kasih.

28 tampilan0 komentar