Cincin Berlian dan Cara Membersihkannya



Memang membanggakan memiliki cincin berlian. Kilauannya cantik, dan jika dipadukan dengan logam berkualitas, cincin berlian memuat gengsi tersendiri. Anda juga bisa menggunakannya sebagai investasi berupa perhiasan yang bisa dilikuidasi sewaktu-waktu.


Tapi, tak ada gading yang tak retak. Jika lama disimpan tanpa dirawat, atau dipakai terus-menerus, cincin berlian juga bisa kusam dan dekil. Meski itu tidak menghilangkan keindahannya, tentunya Anda ingin membersihkannya untuk mengembalikan kilaunya seperti semula. Bagaimana caranya?


Secara umum, ada dua cara untuk membersihkan cincin berlian. Dua-duanya boleh dicoba.


Cara Membersihkan Cincin Berlian secara Profesional


Yang perlu Anda lakukan adalah pergi ke toko perhiasan dan meminta jasa untuk mencucikan cincin berlian Anda. Harga untuk jasa ini bervariasi, tapi terhitung murah jika dibandingkan dengan nilai perhiasan Anda. Jika Anda beruntung, toko tempat Anda membeli cincin berlian malah menawarkan jasa cuci murah atau gratis.


Namun jika Anda tidak punya waktu dan membutuhkan cincin berlian Anda berkilauan segera, ada baiknya mulai menyimpan perlengkapan profesional di bawah ini agar Anda bisa membersihkannya sendiri kapan saja.



Cara Membersihkan Cincin Berlian #1: Gunakan Cairan Khusus Pembersih Berlian


Anda bisa memperolehnya di toko perhiasan online maupun offline. Alternatifnya, bsia juga mengunjungi toko serba ada atau apotek. Jika Anda menyebut cairan pembersih berlian, biasanya pramuniaga langsung mengerti. Pilih cairan pembersih berlian dengan harga masuk akal dan memiliki ulasan pengguna yang bagus.


Cara pakainya pun mudah. Ikuti saja instruksi di belakang botol dengan cermat. Secara umum, instruksinya begini:


Tuangkan cairan ke wadah sesuai kebutuhan, lalu masukkan cincin berlian. Diamkan selama 30 menit sambil Anda melakukan hal lain. Jika sudah, bilas dengan lap bersih dan bebas serat yang kasar-kasar. Jangan langsung pakai cincin berlian sampai benar-benar kering atau Anda bisa terkena risiko jamuran; meniriskannya di atas handuk selama 10-15 menit cukup.


Cara Membersihkan Cincin Berlian #2: Pilih Lap yang Tepat


Ini adalah kesalahan yang paling sering dilakukan. Padahal, sebagus apa pun cairan pembersih yang Anda gunakan akan malah merusak cincin berlian jika Anda tidak menggunakan lap dan sikat yang tepat.


Paket pembersihan berlian biasanya menyertakan sikat, tapi jika tidak, Anda bisa menggunakan kuas bulu atau sikat gigi Anak yang giginya memang lembut. Jangan lupa mengeringkannya dengan lap baru yang bebas bulu maupun serat. Tak lupa, jangan memberikan gosokan terlalu banyak pada cincin berlian yang sudah berumur karena bisa membuatnya lepas dari rangka.



Cara Membersihkan Cincin Berlian dengan Peralatan Rumah Tangga


Kepepet dan membutuhkan solusi instan saat akan pergi ke pesta, misalnya? Anda bisa juga menggunakan barang-barang di rumah. Ini bisa jadi solusi sementara sampai Anda punya waktu untuk benar-benar membersihkan cincin berlian Anda.



Cara Membersihkan Berlian #1: Menggunakan Soda


Campurkan soda dengan bubuk atau cairan deterjen dengan rasio 1:1. Aduk-aduk hingga merata dan berbuih (ingat: gunakanlah mangkuk yang cukup dalam).


Campuran ini akan menghasilkan buih-buih yang efektif membersihkan kotoran berlian semembandel apa pun. Celupkan cincin berlian ke dalamnya, lalu biarkan selama 20 menit. Setelahnya, keluarkan cincin dan bersihkan dengan lap atau kuas berbulu halus.


Cara Membersihkan Berlian #2: Menggunakan Sabun Cuci Piring


Larutan yang ini sangat ampuh dan tidak membutuhkan perkakas khusus. Yang perlu Anda lakukan hanyalah mencampurkan beberapa tetes sabun cuci dan air, lalu mengaduk-aduknya hingga merata. Lalu, masukkkan cincin berlian dan diamkan selama lima menit. Bersihkan dan keringkan dengan handuk lembut yang bersih sesudahnya.


Nah, itu tadi tata cara membersihkan cincin berlian Anda. Mudah, bukan?


Berminat punya cincin berlian? Langsung saja menuju ke katalog Galeri24.co.id. Kami menyediakan ragam perhiasan termutakhir, logam mulia tipe antam, dan UBS. Anda juga bisa menemukan outlet Galeri24 yang tersebar hingga 50 gerai di sepenjuru Indonesia.


Galeri24 adalah anak perusahaan PT.Pegadaian, sehingga semua perhiasan di Galeri24 dijamin resmi dan bersertifikasi, mengikuti selera konsumen masa kini.


22 views

©2020 by Galeri 24. Proudly created by G24 IT Dev Team with ♥