Di mana Tempat Terbaik Beli Perhiasan: Toko Online Atau Toko Fisik?


Perkembangan teknologi telah merambah hingga aspek komersial. Jika dulu Anda harus pergi ke toko fisik untuk berbelanja, sekarang itu bisa dilakukan dalam sekali tekan di website baik melalui komputer maupun ponsel.



Dan pasaran perhiasan pun mencatat bahwa sejak kuartal pertama tahun 2016, pertumbuhan konsumen yang memutuskan untuk membeli perhiasan melalui jejarang Online semakin meroket. Akan tetapi, ada juga yang masih lebih memilih membeli perhiasan di toko fisik untuk alasan-alasan tertentu. Sebenarnya, di mana tempat terbaik beli perhiasan: toko online atau toko fisik?


Toko Online vs Toko Fisik #1: Kelengkapan Informasi

Toko fisik mungkin sedikit menyebalkan bagi Anda yang sibuk atau berkarakter introvert. Sebab untuk mengetahui spesifikasi perhiasan incaran secara terperinci, Anda harus membolak-balik katalog fisik atau berbincang dengan pramuniaga.

Sebaliknya, ini juga menjadi daya tarik jika Anda memang suka bercakap-cakap dan melihat-lihat. Tapi bagaimana jika Anda sedang tidak punya waktu?

Di sini, toko Online sedikit menang. Katalog yang telah didesain cantik bisa Anda lihat-lihat di website sambil menunggu taksi, di sela jam istirahat kantor, atau bahkan sambil memakai masker sebelum tidur. Sisi positif dari toko Online adalah, Anda tidak perlu menunggu jam “buka lapak” karena websitenya bisa Anda akses kapan saja.


Toko Online vs Toko Fisik #2: Kemudahan Bertransaksi

Di sisi ini, baik toko Online maupun Offline sama-sama praktis. Keduanya menerima berbagai metode pembayaran mulai dari tunai hingga kredit. Melalui pembelian Online, Anda hanya tinggal mengirimkan uang senilai nominal yang harus Anda bayar ke rekening yang dicantumkan. Jika Anda ingin melihat barangnya terlebih dahulu, banyak juga toko yang masih memberlakukan cash on delivery.

Toko fisik, sebaliknya, membuat Anda bisa menyentuh (bahkan memakai) perhiasan pasca membayar. Jauh berbeda dengan toko Online yang harus menunggu durasi pengiriman.


Toko Online vs Toko Fisik #3: Ulasan dari Pembeli Lainnya

Memilih toko emas online terpercaya memang gampang-gampang-sulit, ditambah lagi belanja online memang memiliki risiko penipuan yang lebih tinggi dibanding toko emas konvensional. Tetapi, toko emas online umumnya memiliki mekanisme tertentu untuk memastikan jaminan kualitas. Beberapa situs web toko emas online bahkan menyediakan kolom ulasan dari pembeli lain sehingga Anda bisa merasa yakin dengan keaslian produk yang dijual dengan membaca ulasan-ulasan tersebut.

Nah, toko fisik konvensional biasanya tidak punya fasilitas ini. Hasilnya, Anda jadi harus mendengar ulasan dari pembeli sebelumnya, yang kebanyakan tidak punya dokumentasi ulasan.


Toko Online vs Toko Fisik #4: Kredibilitas

Alasan yang terakhir ini sering menjadi penyebab orang masih enggan bertransaksi perhiasan emas di toko Online. Tak bisa disalahkan, karena Internet memang sarang bagi banyak kejahatan yang membahayakan.

Meski begitu, tidak semua toko fisik juga sudah pasti tak berbahaya. Jika tak berbadan hukum atau memiliki penjamin, toko fisik juga mungkin-mungkin saja menjual perhiasan palsu. Atau jika tidak begitu, mendongkrak harganya sehingga Anda terpaksa membayar jauh lebh banyak dari harga yang disepakati.

Trik membeli di toko Online adalah memastikan websitenya aman dan memiliki nama. Jadi jika Anda sudah mengetahui brand tersebut besar di jejaring fisik, jangan ragu untuk belanja di toko Onlinenya.

Seperti Galeri 24 misalnya. Jika Anda ingin membeli emas dengan model terbaru nan trendy dan elegan, kunjungi toko perhiasan Galeri24 yang tersebar di banyak tempat di Indonesia. Galeri24 adalah anak perusahaan PT.Pegadaian yang bukan hanya menjual perhiasan emas, namun juga berlian serta logam mulia untuk investasi.

Membeli perhiasan emas dan logam mulia di Galeri24 juga kini semakin mudah, lho! Anda dapat langsung mengakses website www.galeri24.co.id . Ada banyak model dan katalog terbaru yang dapat Anda pesan.

32 views

©2020 by Galeri 24. Proudly created by G24 IT Dev Team with ♥