• Galeri24

Dijamin Untung! Ini 5 Cara Mudah Buat Emas Berkilau Lagi

Emas merupakan barang mewah yang memiliki harga jual relatif stabil. Oleh sebagian orang, emas digunakan sebagai investasi jangka panjang. Kegunaan ini seringkali membuat kondisinya menurun karena disimpan terlalu lama. Alhasil, emas yang disimpan lama bisa dalam kondisi kusam atau bahkan cacat. Nah, bagi para pendulang untung di investasi emas, penting mengetahui cara mencuci emas supaya terlihat bersih dan tentunya dapat dijual dengan harga terbaik.


Jika kondisi emas masih dalam keadaan bagus, bukan tidak mungkin harga jualnya tidak akan terlalu murah. Emas Anda tetap akan dihargai sesuai kondisi. Hal ini tentu akan berbeda jika kondisi emas Anda penuh dengan goresan, kusam, dan cacat.


Jika emas dalam kondisi jelek, harga yang ditawarkan akan semakin jatuh bahkan Anda bisa dikatakan jual rugi. Oleh karena itu, sebelum menjualnya, sebaiknya cek kondisi emas Anda. Jika perlu mencuci ulang supaya emas berkilau dan bersih. Dengan begitu, bisa menutupi kondisi emas Anda yang mungkin sudah kusam.


Cara Mencuci Emas Selain bisa menunjang penampilan, perhiasaan emas sangat penting dibersihkan supaya tetap memiliki nilai jual yang tinggi. Emas yang berkilau akan memberikan kesan elegan pada penampilan, sehingga aura si pemakai dapat terpancar dan mempesona banyak orang.

Biasanya, emas akan kotor dan berdebu meskipun Anda jarang memakainya. Apalagi jika dipakai secara terus-menerus, emas akan lebih mudah kotor dan kusam. Oleh karenanya, berikut ada beberapa tips mencuci emas yang benar.


- Cuci dengan Sabun Piring

Bukan hanya untuk membersihkan peralatan dapur, sabun cuci piring juga berfungsi membersihkan emas supaya berkilau kembali. Sabun cuci piring cukup ampuh menghilangkan debu dan kotoran yang menempel pada perhiasaan emas seperti cincin, gelang, dan sebagainya. Anda tinggal merendam perhiasaan pada larutan air hangat dan sabun cuci piring supaya hasilnya lebih maksimal,

Bagaimana caranya? Langkah pertama adalah mempersiapkan air hangat dan sabun cuci secukupnya. Kemudian, larutkan keduanya sampai berbusa. Lalu masukan perhiasan emas ke dalamnya. Diamkan selama beberapa menit agar debu dan kotoran yang menempel terlepas. Jika sudah, angkat perhiasan tersebut lalu gosok perlahan dengan kain lembut sampai kering. Selesai pencucian Anda akan melihat emas berkilau kembali.

Sekedar mengingatkan, dalam proses ini sangat dianjurkan tidak menggunakan air terlalu panas karena dapat merusak permukaan emas. Dan jangan lupa, jika perhiasan emas sering Anda gunakan maka sebaiknya dibersihkan secara rutin supaya kondisi emas tetap baik dan Anda lebih percaya diri saat menggunakannya.


1. Cuci dengan Detergen - Soda

Tak perlu repot soal mencuci emas. Kedua bahan ini jelas ada di dapur Anda masing-masing. Sebagai cairan pembersih rumah, campuran detergen dan soda rupanya dapat mengembalikan kilau perhiasan emas. Bagaimana caranya? Campur kedua bahan ini pada suatu wadah dan diaduk rata. Baru kemudian masukkan perhiasan emas ke dalam cairan tersebut.

Biarkan selama 10-20 menit sebelum akhirnya angkat kembali perhiasan tersebut dan gunakan sikat dengan bulu lembut, agar cepat kering dan bersih. Sebelum disimpan kembali, jangan lupa untuk membilasnya dengan air bersih serta dikeringkan dengan kain lembut agar tidak menggores permukaan emas muda, terutama jika menggunakan lapisan rhodium pada emas putih.


2. Cuci Pakai Cairan Amonia

Kalau mendengar nama amonia, tentu yang berkesan adalah senyawa kimia dengan aroma luar biasa menyengat. Namun, lepas dari aroma super tajam dari amonia, rupanya cairan ini sangat efektif dalam mengembalikan kilau perhiasan emas. Cara membuat cairan pembersih pun sangat mudah yakni campurkan amonia dan air dengan perbandingan 1:6 pada sebuah wadah.


Tak butuh waktu lama-lama, Anda bisa merendam perhiasan emas itu di dalam cairan amonia selama satu menit saja. Kenapa hanya satu menit? Karena pada dasarnya amonia juga memiliki sifat korosif alias berkarat. Terutama untuk perhiasan-perhiasan emas muda, jelas lebih renta berkarat sehingga setelah direndam semenit, langsung dibilas dengan air bersih dan dikeringkan.


3. Cuci Pakai Pasta Gigi

Lebih aman daripada cairan amonia yang penggunaannya harus menggunakan sarung tangan dan tak boleh sering-sering, pasta gigi rupanya juga bisa menjadi salah satu rahasia cara mencuci perhiasan emas yang Anda miliki. Bagaimana bisa pasta gigi membuat kilau perhiasan emas kembali? Lantaran ada kandungan zat abrasif ringan yang bisa mengangkat kotoran.

Anda hanya perlu mencampurkan pasta gigi dengan ukuran 2,5 cm ke dalam wadah berisi air untuk merendam perhiasan emas. Usahakan air yang digunakan tak terlalu kental atau cair, dan kemudian mulai gosok perhiasan di dalam cairan pasta gigi itu menggunakan sikat gigi berbulu lembut. Hampir seluruh perhiasan emas bisa menggunakan cara ini, kecuali perhiasan Anda memiliki batu mutiara.


4. Cuci Pakai Air Mendidih

Tak banyak yang menyadari bahwa air mendidih rupanya menjadi salah satu zat termudah yang bisa digunakan untuk membersihkan perhiasan emas. Seperti pasta gigi, air mendidih memiliki kemampuan mengangkat noda, kotoran, debu hingga hal-hal lain yang menempel di permukaan perhiasan emas. Anda bahkan bisa merebus perhiasan emas bersamaan dan tak perlu cemas leleh.

Namun sekadar informasi, perhiasan dengan kadar emas muda yang dilapisi rhodium seperti emas putih dan rose gold, tidak disarankan untuk dibersihkan pada air mendidih. Apalagi kalau perhiasan itu dilengkapi dengan batuan mulia yang dilem, karena bakal langsung merusak.


5. Cuci Pakai Alkohol

Nah, inilah cairan terakhir yang menjadi trik membersihkan perhiasan dengan kadar emas muda secara mudah. Yap, Anda bisa membersihkan liontin-liontin emas, gelang bahkan cincin yang terkena noda lemak atau lilin secara mudah menggunakan alkohol. Sebagai senyawa kimia, Anda harus merendam perhiasan dalam waktu singkat saja, sebelum akhirnya diangkat, dibilas dan dikeringkan.


Namun sama seperti sebelum-sebelumnya, jika perhiasan emas yang Anda punya mempunyai aksesoris yang ditempel seperti berlian, usahakan untuk tak direndam pada cairan alkohol. Anda bisa mengambil langkah hati-hati dengan membersihkannya perlahan memakai cotton bud yang diberi cairan alkohol.






5 views0 comments

©2021 by Galeri 24. Proudly created by G24 IT Dev Team with ♥