• Edmund Andriano

Emas ANTAM, UBS, dan PAMP: Apa Bedanya?

Berinvestasi emas mungkin terasa ribet pada pandangan pertama. Banyak istilah yang harus Anda ketahui, termasuk di mana tempat terbaik untuk membelinya. Tapi ketika Anda sudah menguasainya, semuanya akan terasa mudah. Satu di antara beberapa hal yang mungkin ada di kepala Anda termasuk: apa beda emas ANTAM, UBS, dan PAMP?



Seperti yang mungkin Anda duga, ketiganya memiliki karakteristis dan daya saing masing-masing. Meski begitu, bila meninjau dari untung dan harganya, sebetulnya sama-sama menguntungkan. Anda tinggal membaca paparan di bawah ini dan menentukan mana yang paling pas untuk memenuhi karakteristik berinvestasi Anda. Siap?


1) Introduksi Umum

Sederhananya, ketiga emas ini keluar dari perusahaan yang berbeda-beda. Emas ANTAM, sesuai namanya, berasal dari perusahaan pemerintah yaitu PT. Aneka Tambang. Perusahaan ini telah berdiri sejak 1968, dan sejak saat itu terus men-supply kebutuhan emas dalam negeri ke masyarakat luas.


Sama-sama menjamin keaslian, UBS juga berbasis di Indonesia. Didirikan pada 1971, PT. Untung Bersama Sejahtera adalah perusahaan milik swasta yang juga mengurusi emas. UBS menjadi alternatif bagi masyarakat Indonesia yang menginginkan cara baru berinvestasi dan lebih nyaman maju bersama sektor swasta.


PAMP (Produits Artistiques Métaux Précieux), sementara itu, termasuk pemain baru di pasar Indonesia. Pusatnya ada di Ticino, Swiss, dan jangkauannya lebih ke pasar global. Meski begitu, para pemain emas skala besar menyukai PAMP karena exposurenya yang lebih mengglobal.


2) Ketersediaan

Bicara ketersediaan, ANTAM masih merajai pasar. Anda bisa mendapatkannya dari berbagai gerai lokal, juga Online, karena perusahaan milik negara ini memang yang paling tua dan sudah mendapat tempat di hati masyarakat luas. Dibanding ANTAM, UBS hanya bisa Anda dapatkan di toko Online terpercaya, atau kota-kota besar seperti Surabaya dan Jakarta.


Sementara itu, outlet yang menyediakan emas PAMP belum banyak. Keping emas dengan simbol dewi Fortuna ini baru bisa Anda dapatkan di gerai-gerai tertentu yang telah berpartner, memungkinkannya menjadi pilihan terakhir bagi investor emas lokal yang baru memulai.


3) Bentuk Produk

Baik ANTAM, UBS, maupun PAMP sama-sama menyediakan emas dengan kadar sama: 99,99%. Di sini, Anda tidak perlu risau. Yang membedakannya hanyalah dimensi dan bentuk masing-masing emas yang diedarkan pada Anda.


Dari dimensinya, emas ANTAM memiliki dimensi yang lebih kecil dibanding UBS meski beratnya sama. Selain itu, emas yang ditawarkan ANTAM juga punya ukuran lebih beragam; 1, 2, 5, 25, 100, bahkan terus hingga 1000 gram!


Meski begitu, UBS tidak kalah. Akan tetapi, besaran yang disediakan UBS tersedia hanya hingga maksimal 100 gram. PAMP pun begitu. Mengusung desain ukiran Dewi Fortuna yang cantik, tak jarang orang lebih memilih PAMP karena mungil-mungil dan elok dipandang.


4) Sertifikat

Setiap pembelian emas batangan yang Anda beli akan sepaket dengan sertifikatnya. Dan bentuk sertifikat antara ketiga produk ini cenderung berbeda.


Sayangnya, untuk sejauh ini PAMP dan ANTAM lebih unggul. Keduanya mengunggulkan bentuk “kartu scan” untuk menjamin keaslian emas (ANTAM punya CertiCard, sedangkan milik PAMP bernama VeriScan). UBS juga mengunggulkan bentuk sertifikatnya yang berupa kartu, tetapi sayangnya tidak dilengkapi fitur scan seperti “kakak-kakaknya”.


5) Karakteristik Khusus

Bila diringkas, bisa dibilang ANTAM punya karakter mudah ditemukan, pemainnya banyak, ukurannya beragam, dimensinya lebih kecil.


UBS, sementara itu, memiliki besaran yang kecil-kecil. Akan tetapi, daya jual UBS ada pada sifatnya yang tidak acuh pada tahun pembuatan emas. Sementara emas ANTAM harganya bisa beragam tergantung tahun pembuatan, harga emas UBS tidak memandang bulu pada hal itu.

Emas PAMP memiliki keunggulan harganya bisa lebih tinggi di pasaran internasional. Anda yang sering berpindah-pindah domisili karena pekerjaan dan ingin berinvestasi, atau bermain di pasar global, sangat disarankan memilih satu ini.


Bagaimana? Sudah tergerak untuk berinvestasi emas?

Kabar baiknya, Anda kini bisa berinvestasi emas tanpa waswas bersama Galeri 24. Cukup kunjungi galerinya di galeri24.co.id, dan jemput pulang emas incaran Anda di daftar koleksinya. Anda juga bisa memantau harga emas terkini dan memperoleh kabar termutakhir mengenai perhiasan dan investasi.

543 views

©2020 by Galeri 24. Proudly created by G24 IT Dev Team with ♥