Emas Gold Plated vs Gold Filled, Mana yang Lebih Pas untuk Anda?


Berangan-angan membeli emas asli, tapi budget berkata lain? Tenang, varian emas gold plated dan gold filled hadir untuk memenuhi keinginan Anda. Meski punya beberapa kekurangan, dengan penanganan yang tepat Anda bisa mengeluarkan pesona maksimal dari emas yang juga bisa disebut lapis pelat emas ini. Tapi pertama-tama, apa itu emas gold plated dan gold filled?


Gold Plated vs Gold Filled: Kadar Emasnya Tidak Sama

Satu hal yang pasti, emas gold plated dan gold filled jarang bisa dibedakan dengan mata telanjang. Keduanya sama-sama berkilauan cantik, jadi jangan minder kalau akan menggunakan emas gold plated ke pesta-pesta.

Sederhananya, perhiasan emas gold plated adalah jenis perhiasan yang terbuat dari logam dasar (tembagam perak, dsj) yang diberi lapisan emas murni melalui proses percampuran ion. Kandungan kadar emas pada gold plated tidak terlalu banyak; kurang lebih 0,05% dari berat emas keseluruhan. Sebab itu, emas gold plated dihargai murah, dan juga bisa cepat pudar jika dikenakan terus-menerus.

Sebaliknya, emas gold filled menurut ketentuan mengandung emas murni 5% atau 1/20. Sehingga, kadar karat emas pada gold filled lebih banyak. Otomatis pula, ini membuat emas gold filled memiliki harga yang lumayan mahal. Emas-emas yang banyak beredar adalah emas ini.


Gold Plated vs Gold Filled: Ketahanannya Berbeda

Emas gold plated tidak boleh dicuci dengan air panas karena bisa melunturkan warnanya. Selain itu, emas gold plated juga akan lebih cepat pudar jika dikenakan terus-menerus, lebih-lebih di tenpat terik matahari. Sedikit gesekan juga akan membuat warna asli logam gold plated langsung kelihatan.

Paling lama usia prima perhiasan gold plated adalah 4-9 bulan. Maka, gold plated adalah pilihan tepat untuk perhiasan pesta yang hanya digunakan sesekali.

Lain halnya dengan perhiasan gold filled. Terbuat dari campuran logam dan emas murni, emas gold filled bisa bertahan sangat lama jika Anda merawatnya. Sekalipun terkena goresan keras atau benturan, emas gold filled akan tetap utuh. Jarang terjadi pemudaran warna pada emas gold filled. Sehingga, tipe satu ini lebih cocok untuk koleksi atau investasi jangka panjang.


Gold Plated vs Gold Filled: Daya Jual untuk Investasi

Karena sifatnya yang awet dan mahal, emas gold filled lebih menguntungkan untuk investasi. Anda cukup menyimpannya dalam kotak yang aman atau brankas, dan bisa pula menggunakannya sesekali untuk acara-acara khusus. Gold filled juga merupakan pilihan sempurna jika Anda ingin punya perhiasan custom yang bisa diwariskan ke anak dan cucu.

Sebaliknya, emas gold plated hampir sama sekali tidak ada harganya. Karena, kandungan emas murninya sangat sedikit sekali; hanya 0,05%. Satu-satunya kegunaan bagi emas gold plated adalah untuk keperluan gaya kadang-kadang. Atau sekadar mencobai tren perhiasan terbaru yang Anda tidak yakin cocok untuk Anda.

Nah, sudah memahami bedanya, bukan?

Kini Anda pun tidak perlu ragu dan bingung untuk membeli emas perhiasan maupun emas batangan untuk investasi. Galeri24 dari PT.Pegadaian menyediakan ragam perhiasan emas, logam mulia dan berlian dengan kualitas terbaik.

Pembeliannya pun dapat dilakukan secara online melalui situs galeri24.co.id maupun dengan datang langsung ke gerai terdekat di kota Anda.

©2020 by Galeri 24. Proudly created by G24 IT Dev Team with ♥