Kabar Emas
12 Feb 2024

Instrumen Investasi Emas Tahan Resesi, Benarkah?

Bagikan
article-cover-images/604fb22b17da1b7ce05e84ea479b9e5a

Di momen-momen yang penuh ketidakpastian, seperti saat resesi, setiap orang umumnya akan berusaha mengamankan aset mereka di instrumen investasi yang lebih aman namun tetap memberikan keuntungan. Berinvestasi di emas adalah salah satu pilihan yang banyak dipilih sebab banyak yang beranggapan bahwa instrumen emas tahan resesi, contohnya saat pandemi COVID-19. Tapi apakah benar instrumen investasi emas tahan resesi? Lalu bagaimana cara berinvestasi emas saat kondisi resesi? Untuk pahami lebih jauh, simak informasinya berikut ini!

Instrumen Investasi Emas Memang Dianggap 'Cukup Aman' saat Resesi

Emas merupakan salah satu sumber investasi yang aman dan bisa diandalkan untuk mengantisipasi dampak negatif dari masa resesi. Emas dianggap sebagai salah satu aset yang paling stabil dan bisa bertahan lama dalam jangka panjang.

Selain itu, nilai tukar emas juga cenderung meningkat seiring dengan bertambahnya harga inflasi. Dengan menyimpan emas di waktu resesi, investor akan memiliki aset yang bisa diperdagangkan di masa depan. Hal ini berarti bahwa nilai emas akan meningkat jika harga inflasi meningkat.

Nilai emas juga cenderung stabil. Meskipun tidak ada jaminan bahwa emas akan tetap stabil, hal ini jauh lebih aman daripada mempertaruhkan uang Anda pada saham yang bisa bergerak naik dan turun secara eksponensial. Oleh karena itu, emas adalah salah satu sumber investasi yang paling aman dan bisa diandalkan ketika melihat masa resesi.

Pemilik emas juga tidak perlu khawatir akan nilai emas yang menurun selama masa resesi. Nilai emas cenderung stabil dan meningkat seiring harga inflasi. Oleh karena itu, dengan menyimpan emas selama masa resesi, investor bisa memastikan bahwa investasinya akan tetap menguntungkan di masa depan.

Tips Investasi Emas saat Resesi

Investasi emas saat resesi dapat menjadi pilihan yang tepat bagi mereka yang ingin melindungi nilai aset mereka. Resesi ekonomi dapat mempengaruhi nilai mata uang dan memberi dampak negatif pada pasar saham. Namun, emas secara historis telah terbukti tetap stabil di tengah kondisi ekonomi yang tidak menguntungkan.

Mulailah dengan membeli emas dalam jumlah yang wajar. Jumlah ini akan tergantung pada kebutuhan dan tujuan investasi Anda. Jika Anda hanya ingin melindungi nilai aset Anda, maka cukup membeli jumlah emas yang dibutuhkan untuk melakukan hal itu. Jika Anda ingin mengambil risiko lebih banyak, maka Anda dapat membeli lebih banyak untuk memaksimalkan potensi keuntungan.

Anda juga harus mempertimbangkan cara pembelian instrumen investasi emas yang tepat. Ada berbagai cara untuk membeli emas, termasuk membeli emas fisik, membeli emas di bursa, atau membeli lembar emas. Pilihlah salah satu yang paling sesuai dengan tujuan investasi dan kebutuhan Anda.

Pastikan Anda menyimpan emas dengan aman. Jika Anda membeli emas fisik, pastikan Anda menyimpannya di tempat yang aman seperti bank atau lembaga keuangan terpercaya. Jika Anda membeli emas di bursa, pastikan Anda menyimpan kartu identitas dan dokumen lain yang relevan dengan benar.

Selanjutnya, pastikan Anda membeli emas dari sumber yang tepercaya. Jika Anda membeli emas dari toko atau pemasok yang tidak dapat dipercaya, Anda berisiko menerima produk yang tidak asli. Cari tahu lebih banyak tentang toko atau pemasok emas sebelum Anda memutuskan untuk membeli.

Galeri 24 bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda tuju untuk mendapatkan kualitas emas yang terpercaya, sebab Galeri 24 merupakan bagian dari PT Pegadaian Persero serta emas-emas yang dihadirkan dan diproduksi oleh Galeri 24 sudah memenuhi SNI 8880:2020.

Pilihan akses pembelian yang disediakan oleh Galeri 24 pun sangat beragam, dari pembelian via website resmi, marketplace, hingga gerai resmi di beberapa daerah di Indonesia, semua bisa Anda pilih sesuai dengan preferensi Anda.

Dengan keunggulan dan kemudahan yang ada, pembelian emas di Galeri 24 sudah paling tepat dan paling direkomendasikan bagi Anda yang ingin terjun ke investasi emas. Karena hanya di Galeri 24, beli emas tanpa was-was!