• Galeri24

Empat Hal yang Wajib Dipertimbangkan Sebelum Beli Logam Mulia

Tak ada yang bisa menolak emas sebagai logam mulia yang sangat berharga. Bahkan di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini, emas bahkan mampu mempertahankan harganya hingga terus meningkat. Sekadar informasi, mulai Agustus 2020 lalu, emas bahkan menembus harga Rp1 juta per gram dan terus bertahan di level tersebut hingga Oktober 2020.


Kemampuan emas untuk tetap stabil ketika banyak negara-negara di dunia dihantam resesi ekonomi, membuktikan kalau logam mulia ini memang aset safe haven. Investor memang lebih memilih berburu emas karena dipandang punya nilai yang kuat, serta bertahan di kala inflasi meningkat, tidak seperti saham, obligasi dan deposito.


Memang bagi mereka yang sudah paham investasi, emas akan jadi salah satu pilihan wajib. Namun bagi perempuan yang mengharga emas lewat keindahan dan pesonanya, memilih emas sebagai bahan baku perhiasan yang sangat cantik ketika digunakan. Jangan diremehkan, pemilihan perhiasan emas ini juga jadi bukti investasi yang sangat menjanjikan.


Hanya saja Anda harus tahu bahwa emas yang dipakai untuk investasi dengan emas dalam perhiasan, memiliki perbedaan. Dimana emas untuk perhiasan, tidak menggunakan karat tertinggi yakni 24K, lantaran emas murni punya tekstur lunak sehingga tidak cukup menarik menjadi bahan perhiasan.


Namun lepas dari itu, emas tetaplah mempunyai daya tarik tinggi dalam investasi terlepas apapun tujuan finansial Anda. Nah, sebelum memutuskan membeli logam mulia yang satu ini, Anda tentu wajib tahu beberapa hal terlebih dulu.


Empat Pertimbangan Utama Sebelum Beli Logam Mulia

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, ada perbedaan tersendiri antara emas sebagai investasi dan emas dalam bentuk perhiasan. Meskipun keduanya sangat cocok sebagai aset investasi, Anda wajib mempertimbangkan empat hal berikut ini sebelum membelinya:


1. Tingkat Karat

Karat dalam logam mulia khususnya emas, menentukan tingkat kemurniannya. Makin tinggi karat, maka artinya makin besar pula kandungan emasnya sehingga berimbas ke harga yang makin mahal. Emas 24K adalah emas murni berbentuk batangan yang tidak mengandung logam campuran lain.


Berbeda dengan emas 22K, 18K atau 14K yang sudah dicampur dengan logam lain seperti perak, perunggu atau mungkin tembaga. Emas campuran jelas punya harga tidak setinggi emas murni batangan, tapi tetap layak jadi pertimbangan investasi.


2. Ukuran Emas

Kalau Anda ingin mempertimbangkan emas murni batangan 24K sebagai aset investasi, gunakan ukuran yang mudah diperdagangkan. Biasanya ukuran-ukuran emas itu adalah 5 gram, 10 gram atau 25 gram. Menjual emas batangan berukuran besar jelas akan sulit untuk dibawa-bawa, dan belum tentu mudah, sehingga ada baiknya berbentuk kepingan kecil.


3. Sertifikat Emas

Agar kemurnian emas bisa terjaga dan terpercaya, pastikan Anda membeli logam mulia yang satu ini di tempat terjamin seperti Antam atau Pegadaian. Biasanya kedua tempat ini menyertakan sertifikat kepada konsumen sebagai bukti kemurniannya.


4. Emas Batangan vs Emas Perhiasan

Pertimbangan terakhir sebelum membeli logam mulia adalah pastikan Anda tahu tujuan yang hendak diraih. Kalau memang fokus pada investasi jangka panjang, emas batangan murni 24K adalah pilihan yang tepat. Namun kalau hanya sekadar mempercantik penampilan, Anda memilih emas perhiasan yang karatnya tidak mencapai 24K.


Yap, emas-emas perhiasan biasanya menggunakan emas 18K yang sudah bercampur logam lain. Kenapa begitu? Karena memang emas murni 24K sangat sulit dibentuk jadi perhiasan lantaran teksturnya yang lunak. Tekstur lunak membuat perhiasan jadi tak menarik, sehingga emas dicampur ke logam lain supaya tampak elegan dan kokoh.


Salah satu daya tarik emas-emas yang menjadi perhiasan adalah, ditawarkan dengan harga yang relatif lebih murah daripada emas murni batangan 24K. Jawabannya tentu sudah jelas karena kandungan karat emasnya tidaklah tinggi. Namun meskipun begitu, emas-emas perhiasan yang dibeli di tempat terpercaya, akan tetap bisa jadi aset investasi menjanjikan.


Perhiasan Favorit Milenial Pakai Emas Jenis Rose Gold

Semakin meningkatnya daya tarik masyarakat terhadap emas, Galeri24 pun dengan cukup berani mengenalkan serangkaian seri produk perhiasan. Salah satunya yang siap jadi buruan kalangan milenial adalah seri Zodiac. Seperti namanya, perhiasan seri Zodiac ini menampilkan 12 simbol Rasi Bintang yang bisa dipilih sesuai dengan identitas dan kepribadian masing-masing.


Zodiac hadir dalam bentuk cincin yang sangat cantik dengan bahan rose gold. Seperti namanya, emas jenis rose gold jelas berbeda dengan emas batangan murni 24K. Disebut rose gold karena memang emas jenis ini mempunyai warna merah muda seperti bunga mawar. Warna merah muda pada rose gold disebabkan oleh campuran perunggu.


Lantaran adanya campuran perunggu itulah, karat emas rose gold pada cincin Zodiac memiliki ukuran 18K. Dengan ukuran 18K, Anda sudah mampu terlihat menawan dan tidak tampak tua. Beberapa milenial enggan menggunakan cincin berwarna emas atau kuning, lantaran terkesan seperti orang tua sehingga kehilangan kepercayaan diri.


Namun dengan rangkaian cincin seri Zodiac, Anda bahkan bisa memilih yang sesuai dengan simbol Rasi Bintang. Misalkan saja Anda terlahir di bulan Oktober atau November, bisa memilih cincin seri Zodiac dengan simbol Libra, Scorpio atau Sagitarius. Simbol Rasi Bintangnya terpadu sempurna dengan cincin rose gold, sehingga membuatnya begitu cantik.


Tak heran kalau Anda yang ingin memberikan kado untuk sahabat atau orang tersayang, Zodiac bisa jadi pilihan yang sangat tepat. Tak perlu pusing dengan harga logam mulia yang terus meroket, Zodiac masih memiliki kisaran harga cukup terjangkau, sehingga siapapun bisa menggunakan dan memiliki cincin emas istimewa.

©2020 by Galeri 24. Proudly created by G24 IT Dev Team with ♥