Fakta Tentang Berlian Sintetis yang Wajib Anda Ketahui


Mendengar kata berlian sintetis, mungkin tebersit di benak Anda mengenai berlian palsu yang bernilai rendah. Tapi nyatanya, varian satu ini mulai banyak dilirik oleh para kolektor dan investor. Harganya pun masih terhitung lumayan. Sebenarnya, apa saja fakta berlian sintetis yang wajib diketahui?


Fakta Berlian Sintetis #1 Ada untuk Menjawab Kebutuhan Berlian

Tak bisa dipungkiri, batu mulia satu ini sudah menjadi salah satu komoditas estetika manusia masa kini. Sayangnya, proses terjadinya berlian itu sendiri memakan waktu yang amat lama. Ratusan, bahkan jutaan tahun dibutuhkan untuk “memasak” karbon mineral di perut bumi.

Manusia mempercepat proses itu dengan membuat laboratorium atau lingkungan yang sepadan. Hasilnya, adalah berlian yang sangat mirip dengan yang alami, susah dibedakan dengan mata telanjang.


Fakta Berlian Sintetis #2 Sepenuhnya Dikendalikan Tangan Manusia

Yang tidak banyak orang ketahui, intan bahan berlian terjadi begitu saja di alam tanpa campur tangan manusia. Karbon mineral yang mengeras menjadi bongkah prisma cantik ini menggumpal karena kombinasi tekanan, suhu tinggi, dan desakan lempeng-lempeng bumi dan terkubur jauh hingga ke dasar bumi.

Sebab itulah, batuan intan baru bisa ditambang pasca terjadi fenomena besar seperti letusan gunung berapi yang mengguncang tanah. Tekanan itu membawa keluar bebatuan intan bersama aliran magma hingga ke lapisan yang bisa dijangkau manusia.

Di sinilah tugas para geologist untuk menemukan aliran tanah-batu yang mengandung bongkah-bongkah intan, yang biasa disebut kimberlite. Di situ tempat penambangan intan didirikan, dan melibatkan kerja keras yang melibatkan alat-alat berat dan pekerja tambang yang merisikokan nyawa mereka.

Sebaliknya, proses pembuatan berlian sintetis sepenuhnya ada di tangan manusia. Anda bisa mendapatkan berlian sesuai pesanan, mulai dari ukuran, warna, bentuk, bahkan tingkat pancarannya.

Secara umum, berlian sintetis bisa dibuat dengan dua cara; yakni CVD (Controlled Vapor Difussion) dan HPHT (High Pressure High Temperature). CVD melibatkan “oven gas” yang mendayagunakan energy gas subtract untuk mengubah molekul karbon mineral dalam waktu tertentu.

Sedangkan melalui HPHT, karbon mineral dipaksa melalui suhu dan tekanan ekstrim seperti halnya berlian di lingkungan aslinya—hanya saja lebih intens dan cepat.


Fakta Berlian Sintetis #3 Sangat Sulit Dibedakan dengan Berlian Alami

Dengan mata telanjang, kilap dan bahkan bentuknya tidak bisa dibedakan dengan berlian alami. Tidak seorangpun bisa mengetahui bedanya. Bahkan ahli gemology pun butuh waktu panjang dan seperangkat alat canggih untuk mendeteksi mana berlian alami dan mana yang bukan.

Sebab itu, satu-satunya cara adalah dengan melihat sertifikat yang menyertai berlian tersebut. Ini sangat penting, karena berlian tanpa sertifikat sangat mungkin adalah hasil tadahan atau bahkan palsu. Dan berlian sintetis bukanlah berlian palsu.

Baik berlian alami maupun sintetis memiliki sertifikat yang menunjukkan status, ukuran, model, warna, berat, termasuk di mana berlian itu dibuat atau ditambang. Salah satu laboratorium yang menerbitkan berlian ini adalah G.I.A (Gemological Instutute of America).

Jadi jelas sudah, bahwa berlian sintetis juga memiliki kualitas yang tidak kalah dengan berlian alami. Dan, yang terpenting harganya pun relatif lebih terjangkau.

Namun jika Anda berminat membeli berlian yang bagus, pastikan hanya di gerai-gerai yang tidak diragukan lagi legalitasnya. Sebab, dewasa ini mulai menjamur toko-toko gelap yang menjual perhiasan palsu.

Bukan hanya tidak legal, seringkali toko-toko inipun menjadi penyalur dana bagi banyak tindak terorisme dan pencucian uang dunia. Ditinjau dari alasan moral, Anda tidak menginginkan itu, bukan?

Selalu percayakan kebutuhan berlian dan batu mulia lainnya pada Galeri24. Didirikan sebagai anak PT. Pegadaian yang menyediakan logam mulia dan perhiasan emas, Galeri24 berkomitmen memberikan kenyamanan berbelanja, keaslian produk dan kualitasnya.

Anda bisa menemukan outler Galeri24 yang tersebar di penjuru Indonesia. Tidak punya waktu untuk keluar rumah? Jangan khawatir! Anda juga bisa mengakses katalognya yang selalu diperbaharui di www.galeri24.co.id

107 views

©2020 by Galeri 24. Proudly created by G24 IT Dev Team with ♥