Galau Mempersiapkan Acara Pernikahan? Simak Tips Ini

Pernikahan merupakan momen sakral dalam setiap hidup manusia. Pernikahan dapat diibaratkan sebagai momen penyatuan dua insan dalam satu ikatan janji suci. Tidak jarang, saat menuju akad nikah, prosesi acara pernikahan menjadi satu hal yang sering dipikirkan oleh setiap mempelai. Mempersiapkan acara pernikahan sebenarnya bukanlah hal yang mudah, tetapi juga bukan sesuatu yang sulit. Mengapa? Karena ada anggapan pernikahan adalah sebuah ibadah, bila semua diniatkan dengan ikhlas dan sungguh-sungguh maka acara akan berjalan dengan lancar.


Hal tersebut benar adanya. Semua tidak akan menjadi masalah bila Anda dan pasangan sama-sama memiliki kondisi ekonomi yang berkecukupan. Namun bagaimana bila kondisi ekonomi Anda dan pasangan kekurangan atau mungkin pas-pasan? Apakah pernikahan harus ditunda atau menikah tanpa menggelar pesta? Bila ingin menggelar acara pernikahan, ada baiknya mempersiapkan segala hal selama waktu mencukupi.


Cara Mempersiapkan Acara Pernikahan

Menggelar acara pernikahan tidak perlu secara besar-besaran bila dana yang dimiliki tidak mencukupi. Pernikahan sederhana dengan melibatkan keluarga, sahabat, dan kerabat terdekat juga bisa memunculkan suasana kehangatan tanpa menghilangkan kesakralan acara. Nah, berikut ada beberapa tips bagaimana mempersiapkan acara pernikahan.


1. Siapkan Mental

Sebelum Anda menikah, hal pertama dan paling penting dipersiapkan adalah mental. Anda mesti yakin bahwa pasangan yang Anda pilih adalah jodoh yang akan menjalani hidup bersama Anda sampai tua hingga akhir hayat. Selain itu, perbanyak mempelajari perihal masalah rumah tangga dari buku atau pengalaman orang lain supaya dapat menyesuaikan diri ketika sudah berumah tangga. Mantapkan hati dengan berdoa supaya diberikan kemudahan dan kelancaran hingga hari pernikahan.


2. Sampaikan Kepada Keluarga

Bicarakan rencana pernikahan dengan kedua belah pihak keluarga, bila Anda dan pasangan sudah mantap dan yakin. Mulailah dari kondisi finansial Anda dan pasangan, lalu utarakan konsep pernikahan yang ingin Anda gelar. Bila Anda dan p[asangan bersikap jujur dan apa adanya, maka bukan tidak mungkin pihak keluarga akan dapat memahami kondisi Anda. Mengutarakan kepada keluarga akan lebih baik, bahkan mereka bisa saja membantu Anda untuk mendukung kebutuhan lain.


3. Siapkan Budget

Dana atau budget adalah hal paling krusial dalam rencana pernikahan Anda. Tetapkan seberapa besar dana yang Anda anggarkan untuk menggelar acara pernikahan. Ada baiknya lebih dulu mencari tahu estimasi biaya yang harus Anda anggarkan untuk masing-masing kebutuhan, misalnya untuk dekorasi, katering, busana pengantin, souvenir, dokumentasi dan sebagainya. Jika sudah mengetahui perkiraan biaya dari masing-masing kebutuhan, maka untuk menetapkan anggaran akan jauh lebih mudah. Selain itu, sebisa mungkin untuk mempersiapkan dana cadangan untuk hal-hal yang tidak terduga.


4. Tentukan Tanggal dan Tempat

Bagi sebagian orang, menentukan tanggal dan tempat bukan lah hal sembarangan. Mengenai hari dan bulan selalu memiliki arti sendiri terlebih bagi orang mempercayai bahwa kedua hal tersebut akan mempengaruhi kehidupan rumah tangga. Oleh karena itu, setelah mendapatkan tanggal yang tepat, segera pesan tempat pernikahan yang diinginkan. Tentunya, hal ini disesuaikan dengan kemampuan finansial Anda dan pasangan. Tidak ada salahnya pula, bila Anda bisa menggelar acara pernikahan di rumah untuk mengurangi biaya sewa gedung.


Bila tanggal dan tempat sudah didapat, Anda bisa membuat daftar undangan yang akan hadir dipernikahan. Perlu diingat, bahwa jumlah undangan yang disebar sebaiknya dikalikan dua atau tiga untuk porsi katering. Maka dari itu, Anda bisa membatasi daftar undangan untuk mengantisipasi budget katering yang membengkak. Selebihnya, bila masalah waktu, tempat, serta undangan sudah selesai, Anda bisa menghubungi vendor pernikahan untuk menyesuaikan rangkaian acara dalam satu hari.


5. Siapkan Mas Kawin

Mas kawin atau mahar pernikahan adalah hal yang wajib ada dalam sebuah pernikahan. Mas kawin merupakan pemberian wajib berupa uang atau barang dari mempelai laki-laki kepada mempelai perempuan ketika dilangsungkan akad nikah. Untuk besaran nilai dan jumlah, mas kawin tidak memiliki batasan minimal maupun maksimal pemberiannya kepada wanita. Asalkan, mahar tersebut berupa sesuatu yang layak dan bermanfaat bagi wanita. Namun, perlu diingat bukan berarti memperbolehkan mempelai laki-laki memilih mahar secara asal-asalan. Bila ingin memberi cincin emas sebagai mas kawin, berikut beberapa tips yang bisa diperhatikan.


Tips Pilih Mas Kawin Cincin Emas


1. Perbanyak Referensi

Sebelum membeli cincin pernikahan, Anda harus banyak survei terlebih dahulu. Anda bisa gunakan referensi dari internet, buku, atau informasi dari lingkungan seperti teman dan keluarga. Perbanyak informasi tentang mas kawin cincin emas jauh-jauh hari sebelum hari-H.

Hal ini penting dilakukan supaya Anda bisa memutuskan desain, bentuk, ukuran, dan harga yang cocok sesuai keinginan. Ketika Anda membeli cincin emas sebagai mas kawin secara custom, terkadang ada perbaikan yang harus dilakukan. Oleh karenanya, jangan terlalu mepet dengan hari H agar Anda mendapatkan cincin yang sesuai dengan keinginan.


2. Pilih Desain dan Model Cincin Emas

Sangat disarankan saat memilih mas kawin cincin emas adalah aspek kesederhanaan, tetapi tidak meninggalkan kesan elegan. Hal ini terkait dengan pilihan desain dan model cincin yang perlu diperhatikan. Lalu, pilihan model cincin juga mesti update dengan zaman supaya bisa menjadi investasi yang menguntungkan di masa depan.


Memilih mas kawin cincin emas juga perlu mempertimbangkan segi kenyamanan. Pilihlah cincin kawin emas yang mudah dibersihkan, sehingga mudah untuk merawatnya.


3. Disepakati Kedua Pihak

Agar mas kawin cincin emas yang dipilih