Kabar Emas
2 Okt 2020

Gimana Cara Tahu Ukuran Cincin Sebelum Membeli?

Bagikan
article-cover-images/eb04261f9d42cc42cc531141f7eb02ce

Sebelum pergi membeli cincin, ada hal yang perlu Anda ketahui yaitu ukuran cincin. Ukuran cincin menjadi faktor penting selain harga, bahan dan desain. Jika ukuran cincin Anda kekecilan tentu itu akan memberi efek tidak bagus bagi peredaran darah. Sebaliknya, jika ukuran cincin Anda terlalu longgar, cincin bisa rentan hilang atau mudah lepas dari jari Anda. 

Meski mengukur cincin dapat dilakukan menggunakan cincin yang lama, namun tetap saja hal itu belum tentu akurat. Beberapa cara dapat dilakukan untuk mengukur cincin, baik yang sederhana maupun menggunakan bantuan alat. 

Sebelum mencari tahu tentang tutorial menentukan ukuran cincin, Anda perlu memiliki gambaran tentang berapa sih ukuran cincin untuk jari wanita. Biasanya, ukuran cincin untuk jari wanita Indonesia adalah 10 hingga 18.

Sebagai gambaran, kira-kira seperti ini patokan ukuran, diameter dan keliling cincin Anda;

Lalu, bagaimana jika Anda belum tahu berapa ukuran cincin jari Anda? Ada cara mudah untuk mengetahuinya. Minta pegawai toko emas untuk mengukur jari Anda menggunakan ring gauge atau finger size. Finger size ini adalah kumpulan cincin dalam berbagai ukuran. Mulai dari jari bayi hingga jari orang dewasa yang paling besar. 

Anda cukup memasukkan jari ke salah satu cincin dan lihat apakah cincin yang tersemat di jari Anda pas atau belum. Karena finger size punya banyak pilihan. Cobalah untuk mencari mana yang paling cocok digunakan jari Anda. Jika sudah menemukan, lihat angka yang tertera di cincin, maka itulah ukuran cincin Anda. 

Meski cara ini dinilai paling akurat, namun metode ini dianggap paling menyusahkan sebab Anda harus menyediakan waktu dan tenaga Anda untuk pergi ke toko perhiasan. Apalagi, jika Anda tengah menyiapkan cincin tunangan. Butuh waktu yang sulit buat Anda dan pasangan untuk pergi ke toko perhiasan hanya untuk mengukur jari. 

Namun, ada cara lain mengetahui ukuran cincin yang Anda bisa lakukan dari rumah. Anda hanya perlu menyiapkan kertas dan penggaris. Akan tetapi, Anda perlu tambahan orang untuk untuk membantu Anda. 

Pertama-tama, Anda perlu memotong selembar kertas menjadi ukuran 7x100 milimeter. Potongan ini bisa Anda sesuaikan sendiri. Lalu, lingkarkan kertas tersebut di dasar jari Anda. Bila Anda memiliki buku jari yang ekstra besar, lingkarkan kertas tersebut di bawah buku jari, bukan di dasar jari. 

Kedua, mintalah bantuan orang lain untuk menarik kedua ujung kertas untuk memastikan kertas tersebut mengikat jari Anda dengan kuat. Akan tetapi hindari mengikat terlalu ketat.

Ketiga, gambarlah garis lurus menggunakan pulpen atau spidol. 

Keempat, lepas kertas tersebut dan ukurlah jarak antara dua garis di kertas dengan penggaris, dalam satuan milimeter. Jangan ditambahkan atau dikurangi, karena perbedaan satu milimeter saja berarti ukuran cincin yang berbeda. 

Kelima, setelah Anda mengetahui lingkar/keliling jari Anda dalam milimeter, lalu Anda dapat mengirimkan foto hasil pengukuran ini ke vendor perhiasan pilihan Anda supaya mereka bisa menentukan ukuran cincin. 

Selain kertas, cara mengukur cincin lainnya adalah dengan menggunakan pita atau sebuah tali. Jika ada pita pengukur di rumah, Anda bisa langsung melingkari jari manis dengan pita pengukur dan lihat ukuran dari titik awal hingga akhir. Misalnya pita pengukur menunjukkan angka 5 cm atau 50 mm, maka sama dengan ukuran cincin 9. Jika menggunakan benang atau tali, Anda bisa tandai titik awal, dan akhir saat melingkari jari Anda. 

Anda juga dapat menggunakan benang, pensil, penggaris dan gunting, agar bisa lebih mudah untuk mengetahui ukuran cincin.

Gunakan Cincin yang Sudah Ada

Cara ini juga bisa dibilang paling akurat. Namun, ukuran jari orang bisa saja berubah mengikuti berat badan mereka. Cara ini bisa digunakan dengan menggunakan ukuran diameter cincin. Tapi, ada syaratnya. Anda harus memiliki cincin yang pas dipakai di jari yang Anda kehendaki. Jadi kalau misalnya cincin Anda saat ini kekecilan atau kebesaran, Anda tidak bisa menggunakan cara ini. 

Caranya mudah. Letakkan cincin di atas kertas putih polos. Lalu gunakan pulpen untuk menjeplak lingkar dalam cincin tersebut sehingga akan ada viagra online gambar lingkaran di kertas putih tadi. Ukurlah dengan menggunakan penggaris, ukur diameter lingkaran tersebut. 

Tambahkan satu milimeter pada hasil pengukuran Anda, karena pasti ada jarak kecil antara garis pulpen dengan garis dalam aktual cincin. Setelah itu, tentukan ukuran cincin berdasarkan bagan yang sama di cara kedua di atas. Hanya saja, acuannya adalah kolom diameter.

Jika sudah tahu ukuran jari Anda. Lalu, bagaimana caranya untuk melakukan pembelian di toko perhiasan online terpercaya? Tentunya, Anda harus pastikan bahwa situs yang Anda kunjungi adalah situs web yang aman. Salah satu indikator situs web dengan proses transaksi yang aman adalah melindungi informasi bank dan kartu kredit Anda dari pencurian identitas online. 

Di samping itu, beberapa toko perhiasan online biasanya menawarkan pengiriman aman yang membutuhkan tanda tangan saat pengiriman untuk memastikan perhiasan Anda jatuh tepat di tangan Anda. Pastikan Anda memilih opsi ini. 

Cara berbelanja di toko perhiasan online yang aman selanjutnya adalah membeli perhiasan di lapak atau toko online resmi. Di internet banyak platform semacam ini yang bisa dicoba. Di platform jual beli, pembeli tidak perlu takut akan ditipu oleh penjual. Karena biasanya ada opsi ‘Uang Kembali’ termasuk penukaran barang, jika tidak sesuai dengan gambar atau rusak. 

Akan sangat riskan jika berbelanja perhiasan pada situs yang tidak jelas. Apalagi domain yang digunakan gratisan, tentu risiko scam sangatlah besar. Terutama bagi Anda yang tidak paham dengan identitas toko perhiasan di internet yang terpercaya. 

Anda bisa membeli di situs galeri24.co.id. Galeri 24 merupakan bagian dari PT Pegadaian yang menjadi unit bisnis resmi penjualan logam mulia Antam dan perhiasan lainnya. Galeri 24 menyediakan pembelian secara offline maupun online.