Gimana Cara Tahu Ukuran Cincin Sebelum Membeli?

Diperbarui: 23 Jun

Sebelum pergi membeli cincin, ada hal yang perlu Anda ketahui yaitu ukuran cincin. Ukuran cincin menjadi faktor penting selain harga, bahan dan desain. Jika ukuran cincin Anda kekecilan tentu itu akan memberi efek tidak bagus bagi peredaran darah. Sebaliknya, jika ukuran cincin Anda terlalu longgar, cincin bisa rentan hilang atau mudah lepas dari jari Anda.


Meski mengukur cincin dapat dilakukan menggunakan cincin yang lama, namun tetap saja hal itu belum tentu akurat. Beberapa cara dapat dilakukan untuk mengukur cincin, baik yang sederhana maupun menggunakan bantuan alat.


Sebelum mencari tahu tentang tutorial menentukan ukuran cincin, Anda perlu memiliki gambaran tentang berapa sih ukuran cincin untuk jari wanita. Biasanya, ukuran cincin untuk jari wanita Indonesia adalah 10 hingga 18.


Baca Juga : Harga Emas Terupdate (TERKINI dan SAAT INI)

Sebagai gambaran, kira-kira seperti ini patokan ukuran, diameter dan keliling cincin Anda;

Lalu, bagaimana jika Anda belum tahu berapa ukuran cincin jari Anda? Ada cara mudah untuk mengetahuinya. Minta pegawai toko emas untuk mengukur jari Anda menggunakan ring gauge atau finger size. Finger size ini adalah kumpulan cincin dalam berbagai ukuran. Mulai dari jari bayi hingga jari orang dewasa yang paling besar.


Anda cukup memasukkan jari ke salah satu cincin dan lihat apakah cincin yang tersemat di jari Anda pas atau belum. Karena finger size punya banyak pilihan. Cobalah untuk mencari mana yang paling cocok digunakan jari Anda. Jika sudah menemukan, lihat angka yang tertera di cincin, maka itulah ukuran cincin Anda.


Meski cara ini dinilai paling akurat, namun metode ini dianggap paling menyusahkan sebab Anda harus menyediakan waktu dan tenaga Anda untuk pergi ke toko perhiasan. Apalagi, jika Anda tengah menyiapkan cincin tunangan. Butuh waktu yang sulit buat Anda dan pasangan untuk pergi ke toko perhiasan hanya untuk mengukur jari.


Namun, ada cara lain mengetahui ukuran cincin yang Anda bisa lakukan dari rumah. Anda hanya perlu menyiapkan kertas dan penggaris. Akan tetapi, Anda perlu tambahan orang untuk untuk membantu Anda.


Pertama-tama, Anda perlu memotong selembar kertas menjadi ukuran 7x100 milimeter. Potongan ini bisa Anda sesuaikan sendiri. Lalu, lingkarkan kertas tersebut di dasar jari Anda. Bila Anda memiliki buku jari yang ekstra besar, lingkarkan kertas tersebut di bawah buku jari, bukan di dasar jari.


Kedua, mintalah bantuan orang lain untuk menarik kedua ujung kertas untuk memastikan kertas tersebut mengikat jari Anda dengan kuat. Akan tetapi hindari mengikat terlalu ketat.


Baca Juga : Inilah 5 Cara Beli Emas Online dengan Aman dan Nyaman

Ketiga, gambarlah garis lurus menggunakan pulpen atau spidol.


Keempat, lepas kertas tersebut dan ukurlah jarak antara dua garis di kertas dengan penggaris, dalam satuan milimeter. Jangan ditambahkan atau dikurangi, karena perbedaan satu milimeter saja berarti ukuran cincin yang berbeda.


Kelima, setelah Anda mengetahui lingkar/keliling jari Anda dalam milimeter, lalu Anda dapat mengirimkan foto hasil pengukuran ini ke vendor perhiasan pilihan Anda supaya mereka bisa menentukan ukuran cincin.


Selain kertas, cara mengukur cincin lainnya adalah dengan menggunakan pita atau sebuah tali. Jika ada pita pengukur di rumah, Anda bisa langsung melingkari jari manis dengan pita pengukur dan lihat ukuran dari titik awal hingga akhir. Misalnya pita pengukur menunjukkan angka 5 cm atau 50 mm, maka sama dengan ukuran cincin 9. Jika menggunakan benang atau tali, Anda bisa tandai titik awal, dan akhir saat melingkari jari Anda.


Anda juga dapat menggunakan benang, pensil, penggaris dan gunting, agar bisa lebih mudah untuk mengetahui ukuran cincin.


Gunakan Cincin yang Sudah Ada