top of page

5 Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Investasi Emas


hal yang harus diperhatikan dalam investasi emas
sumber: shopee.co.id

Investasi emas adalah investasi yang bisa dibilang sangat menguntungkan. Dapat diandalkan karena harga emas yang cenderung stabil, bahkan naik dalam kurun waktu tertentu. Adapun untuk melakukan investasi emas ini tidak sulit. Anda bisa membuka tabungan emas di pegadaian dengan datang ke kantor cabang atau pun membuka tabungan secara online dari rumah untuk lebih praktisnya. Anda hanya perlu menyetorkan uang tunai dalam jumlah tertentu yang nantinya akan dikonversi ke dalam besaran gram sesuai dengan harga yang berlaku di pasaran. Selain melalui pegadaian Anda juga bisa menyimpannya sendiri dalam bentuk fisik, seperti emas batangan atau perhiasan emas. Dengan membuka situs jual beli emas untuk beli emas online atau membelinya secara langsung di tempat yang Anda percaya.


Emas bisa jadi barang investasi jangka panjang. Dengan kata lain, Anda harus bersabar, bersungguh-sungguh dan berpikir matang untuk melakukan investasi tersebut untuk mendapat keuntungan dan menghindari kerugian. Maka dari itu sebelum memulainya Anda harus memerhatikan hal-hal berikut:


1. Tentukan Tujuan Melakukan Investasi Emas


Melakukan investasi pasti dilatarbekangi oleh sesuatu. Terutama karena ekonomi. Entah itu untuk biaya pendidikan, biaya pernikahan, modal usaha, membeli rumah, membeli mobil, atau biaya kehidupan sehari-hari untuk beberapa tahun ke depan.


Tujuan Anda berinvestasi ini harus jelas. Karena hal itu digunakan untuk menetapkan berapa besar modal awal investasi tersebut, mengingat investasi emas adalah investasi jangka panjang yang memerlukan kesabaran ekstra untuk mendapat keuntungan yang besar. Bukan seperti jual beli emas yang bisa mendapat keuntungan dengan cepat.


Dengan begitu, jika Anda memerlukan keuntungan tersebut untuk suatu kepentingan, hasil investasi itu akan mencukupi kebutuhan tersebut.


2. Pilih Cara Investasi


Untuk berinvestasi emas ada banyak sekali cara. Di antaranya seperti membuka tabungan emas di platform yang Anda percaya. Sekarang ini banyak sekali platform-platform yang menyediakan jasa untuk menabung emas seperti pegadaian, dana emas, indogold, tokopedia, bukaemas, dan lain sebagainya. Atau Anda juga bisa menyimpan emas batangan atau perhiasan emas sendiri di rumah. Tentunya dengan menyiapkan tempat penyimpanan yang sangat aman untuk barang berharga tersebut.


3. Memilih Jenis Emas Batangan dan Memeriksa Keasliannya


Untuk berinvestasi, akan lebih baik jika Anda memilih emas batangan yang sudah bersertifikat. Sebab, jika Anda memilih emas perhiasan untuk berinvestasi, biasanya harga jual akan lebih rendah dari harga beli. Tentu hal itu akan menyebabkan kerugian dalam investasi Anda.


Sebelum berinvestasi perlu bagi Anda untuk mengecek keaslian emas yang akan Anda beli. Biasanya emas asli memiliki cap yang menandakan kadar emas atau karatnya. Anda juga perlu mengecek perubahan warnanya dengan cara menggosoknya menggunakan jari di bagian pinggir emas atau daerah lainnya. Emas yang palsu biasanya akan menampakkan warna sedikit bergradasi.


4. Pantau Harga Emas Secara Berkala


Pada umumnya emas memiliki nilai yang stabil dan cenderung naik dalam kurun waktu yang lama. Namun, ada saatnya harga emas itu turun. Saat harga emas turun, Anda bisa membeli emas batangan untuk investasi. Dan ketika emas mencapai harga yang tinggi Anda bisa menjualnya lagi. Begitu seterusnya agar Anda bisa mendapat keuntungan yang besar.

Itulah pentingnya mengecek harga emas pasar secara berkala. Jangan sampai melakukan investasi tanpa memantau harga emas yang berlaku karena hal itu bisa membuat Anda rugi. Terlebih jika Anda membeli saat harga emas sedang tinggi dan menjualnya saat harga emas kembali turun, karena tidak mengecek harga emas pasar.


5. Bersabar Karena Investasi Emas Adalah Investasi Jangka Panjang


Investasi jangka panjang adalah investasi yang memerlukan waktu yang lama untuk mendapatkan keuntungan yang besar. Maka untuk memulai investasi emas ini perlu kesabaran ekstra karena hasil akan terasa setidaknya setelah lima sampai sepuluh tahun. Beda dengan jual beli emas, yang tidak memerlukan waktu lama untuk merasakan hasilnya. Karena jual beli itu sendiri memang bertujuan untuk mencari keuntungan dalam waktu singkat. Sedangkan, investasi emas untuk melindungi kekayaan dan meningkatkan kekayaan secara perlahan, dengan cara yang mudah tanpa bersusah payah.


Bagi Anda yang ingin berinvestasi emas tapi masih bimbang, cobalah mulai saat ini. Investasi emas mempunyai faktor risiko yang rendah karena nilai emas yang tetap stabil dan selalu bisa diandalkan. Jadi Anda tidak perlu khawatir memulai investasi yang aman dan nyaman sekarang. Selain itu, penyimpanan dan perawatan emas itu cenderung mudah, karena emas tahan lama. Emas juga bisa sebagai dana darurat di mana Anda bisa menjualnya dengan mudah di toko perhiasan berizin resmi, ketika sewaktu-waktu Anda membutuhkan uang. Hal ini menunjukkan investasi emas adalah investasi yang menjanjikan, dengan risiko yang kecil dan minimal harga jual sama dengan harga beli.


Itulah beberapa hal yang mesti Anda perhatikan ketika hendak berinvestasi emas.


Jika Anda memang tertarik untuk investasi emas, khususnya emas fisik, pastikan membelinya di tempat terpercaya seperti Galeri 24.


Sebab, Galeri 24 merupakan anak perusahaan dari PT Pegadaian Persero sehingga setiap emas yang ada pasti legal dan berkualitas.


Jadi tunggu apalagi, beli emas online di Galeri 24. Beli emas tanpa was-was!

39 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua