• Galeri24

Harga Emas Antam Cetak Rekor Terus, Gimana Cara Belinya?

Emas Antam sedang naik daun. Harganya pun kian berkilau bahkan di tengah pandemi Covid-19. Kondisi ini tentu membuat permintaan terhadap produk emas sangat tinggi. Lalu, bagaimana cara membeli emas saat ini?

Dilansir dari website resmi Antam, tren harga emas Antam mulai mengalami kenaikan sejak awal 2020. Data perdagangan Logam Mulia Antam menunjukkan harga emas pada perdagangan pertama kali di 2020, tepatnya 2 Januari, tercatat Rp 771.000 per gram.

Harga emas Antam mencetak rekor tertinggi pada Januari sebesar Rp 808.000 per gram. Hingga akhir Februari 2020, emas Antam turun harga ke level Rp 800.000 per gram. Namun, pada 25 Februari, harga Antam merangkak naik hingga tembus ke level Rp 818.000 per gram.

Emas Antam makin meroket harganya pada Maret dan April. Bahkan pada April, harga emas Antam sempat tembus rekor ke level Rp 972.000 per gram. Kenaikan harga emas itu merupakan rekor tertinggi dalam sejarah.

Setelah tembus rekor tertinggi, harga emas Antam mengalami tren penurunan hingga awal Juni dengan kembali bertengger di level Rp 800.000-an per gram. Lalu pada 11 Juni harga emas Antam kembali merangkak naik hingga saat ini.

Tren kenaikan harga emas sejak 11 Juni terus terjadi hingga hari ini memecahkan rekor tertinggi, yakni di level Rp 982.000 per gram. Bila ditarik sejak perdagangan awal tahun tadi, tak sampai 7 bulan harga emas Antam telah mengalami peningkatan hingga Rp 211.000 per gram.

Mengutip situs Logam Mulia, harga pecahan 1 gram emas Antam pada Senin (10/8) berada di Rp 1.054.000 per gram. Harga emas Antam ini turun Rp 1.000 per gram dari harga Minggu (9/8) di Rp 1.055.000.

Adapun harga pembelian kembali atau buyback emas Antam menjadi Rp 953.000. Jika ditinjau dari 7 hari lalu (03 Agustus 2020), harga emas Antam ini naik Rp 26.000 per gram dari harga sebelumnya Rp 1.028.000.

Di Butik Emas Logam Mulia - Pulo Gadung, Jakarta, harga emas ukuran 0,5 gram adalah Rp 557.000. Adapun harga emas ukuran 2 gram dan 5 gram, masing-masing Rp 2.048.000 dan Rp 5.050.000.

Harga emas Antam memang terus mengalami kenaikan. Namun, pilih tempat penjualan yang aman jika Anda ingin membelinya. Hal ini untuk menghindari adanya jual beli emas palsu. Berikut adalah pedoman untuk membeli emas Antam yang aman dan terjamin :

  1. Cek harga di website resmi

Sebelum membeli logam mulia, sebaiknya cek terlebih dahulu berapa harga emas per hari itu. Tujuannya agar Anda bisa memperkirakan berapa gram emas batangan yang bisa dibeli.

Anda bisa mengeceknya di situs-situs resmi yang menjual logam mulia, seperti Pegadaian, Galeri 24 atau Antam. Di sana, Anda juga bisa mengetahui kisaran harganya kalau ingin membeli emas lebih dari satu gram.


2. Hubungi kantor Antam terdekat

Seiring dengan naiknya harga emas Antam belakangan ini, beberapa kantor Antam terlihat sibuk menjalani transaksi. Pasalnya, banyak orang memborong emas batangan setiap harinya. Biasanya sih yang membelinya para pedagang toko emas yang memang nantinya akan dijual kembali.

Hal ini membuat kamu harus waiting list sebelum membeli atau menjualnya. Ada baiknya bila kamu menghubungi kantor Antam cabang terdekat terlebih dahulu. Jika kamu tertarik membeli emas di Antam secara tunai, kamu bisa langsung mendatangi seluruh outlet Butik Emas Antam dengan persyaratan melampirkan identitas diri.


3. Siapkan dokumen berupa KTP dan NPWP

Sebelum membeli emas batangan, pihak Antam akan menanyakan apakah Anda pernah membeli emas sebelumnya.

Jika belum, maka Anda akan diminta untuk melampirkan kartu identitas diri yaitu KTP dan NPWP. Jadi, Anda akan mendapatkan faktur yang berisi data diri serta jumlah emas batangan yang menandakan Anda sudah berhasil membeli emas dan terdaftar di Antam.


4. Beli emas di Galeri 24

Pegadaian memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin membeli emas dengan sistem tunai atau kredit. Lewat Galeri 24, masyarakat bisa melakukan pembelian dan penjualan emas dengan. Galeri 24 adalah perusahaan retail Emas dan Perhiasan yang juga merupakan anak perusahaan PT Pegadaian Persero. Dengan puluhan outlet yang tersebar, Galeri 24 menyediakan Emas berbentuk Logam Mulia dari berbagai Vendor untuk keperluan investasi jangka panjang Anda.

Selain itu, Galeri 24 juga menjual Perhiasan Emas berkualitas dengan desain trendy dan up to date, serta Batu Mulia seperti Berlian yang bersertifikat. Perlu diketahui, semua emas yang dijual oleh Pegadaian dan Galeri 24 berasal dari PT Aneka Tambang (Antam) yang merupakan produsen emas terbesar di Indonesia. Selain itu, Anda juga bisa mendapat keuntungan saat menjual emas di Pegadaian.

Harga emas yang dibeli kembali di Pegadaian lebih tinggi sedikit dibanding yang ditawarkan oleh PT Antam. Oleh karenanya, jual beli emas lewat Pegadaian sangat direkomendasikan bagi Anda yang mau mulai berinvestasi emas.


5. Marketplace

Di zaman yang serba mudah ini, membeli emas juga bisa melalui marketplace. Anda bisa dengan mudah mencari penjual logam mulia di marketplace Indonesia. Meski begitu, Anda tetap harus berhati-hati saat bertransaksi emas lewat online. Pastikan reputasi penjual dan keterangan produk emas yang diberikan seperti kelengkapan kwitansi pembelian dan sertifikat. Jangan mudah tergoda dengan harga murah, tetap waspadai penipuan. Bahkan, membeli emas di marketplace juga sudah bisa dicicil lho.

©2020 by Galeri 24. Proudly created by G24 IT Dev Team with ♥