• Galeri24

Harga Jual Emas Antam Bisa Stabil, Apa Sebabnya?

Emas atau logam mulia saat ini dianggap sebagai salah satu investasi yang menguntungkan. Emas yang paling diburu sebagai investasi tentunya emas yang memiliki sertifikat resmi yang dikeluarkan oleh Antam. Oleh karenanya, harga jual emas Antam paling ditunggu-tunggu dan selalu dipantau oleh banyak investor.


Harga jual emas Antam sendiri setiap hari bahkan setiap saat dapat berubah-ubah. Namun, kecenderungannya harga emas tersebut tetap stabil. Sebagai produsen utama, Antam mempublikasikan harganya yang menjadi dasar jual - beli di pasar. Selain Antam, beberapa gerai lain juga menampilkan harga jual emas Antam per hari, seperti Pegadaian dan Galeri24. Sebelum Anda berinvestasi emas Antam, sebaiknya ketahui bagaimana grafik harga emas dan faktor-faktor yang mempengaruhi harga emas Antam.

Grafik Harga Jual Emas Antam


Grafik harga jual emas antam adalah siklus perubahan harga investasi emas antam yang harus dipelajari oleh investor. Seperti saat ini, yang dianggap peluang terbaik untuk menjual emas antam karena harganya sedang meroket.


Seperti diketahui, harga emas antam di awal 2020 saja sudah mencapai Rp850 ribu per gram dan di pertengahan tahun harganya telah menyentuh Rp 1 juta per gram. Sebuah catatan harga terbesar dan termahal sepanjang sejarah. Maka dari itu, para investor mengejar emas Antam untuk mengeruk keuntungan yang besar.


Pada 18 November 2020, misalnya harga jual emas Antam di Galeri24, tercatat Rp 1 juta, sementara harga buyback-nya menyentuh dikisaran harga Rp867 ribu. Tren kenaikan harga emas Antam tetap menjadi primadona di bidang investasi masa depan. Harga aset ini tetap mengalami siklus naik turun sekalipun tidak se-ekstrem siklus aset yang lain. Namun memang, grafik harga jual emas antam lebih sering menanjak dibandingkan melandai. Untuk lebih jelasnya tentang faktor-faktor yang mempengaruhi harga jual emas, mari simak penjelasan berikut ini.


Faktor yang Mempengaruhi Harga Emas Antam

1. Terjadi Inflasi

Wabah corona telah memicu gejolak inflasi atau meningkatnya harga-harga secara umum dan terus menerus. Di saat seperti inilah, emas dianggap sebagai lindung nilai inflasi karena ketika uang kertas nilai tukarnya menurun, tidak dengan emas. Hal inilah yang membuat setiap kali inflasi terjadi, emas bakal diburu investor dan harganya melambung.


2. Permintaan dan Produksi yang Meningkat

Lagi-lagi karena pandemi Covid-19, ada banyak negara di dunia ini yang sudah resmi masuk ke resesi ekonomi. Saat resesi ekonomi terjadi, harga emas justru makin meningkat.


3. Kebijakan yang Diambil Bank Sentral

Kebijakan bank sentral adalah salah satu penyebab harga emas Antam makin tinggi. Sebagai aset yang tidak menghasilkan pengembalian seperti obligasi atau deposito, biasanya bank sentral akan sebuah negara akan membeli emas di saat perekonomian memburuk, dan membuat harga logam mulia ini terkerek.


4. Tingkat Suku Bunga

Secara mudahnya, ketika tingkat suku bunga rendah maka harga emas akan melambung. Sementara saat tingkat suku bunga naik, harga emas akan stabil. Karena saat suku bunga naik, masyarakat akan memilih berinvestasi dalam obligasi atau deposito. Namun di saat inflasi dan suku bunga anjlok, bisa dipastikan harga emas meningkat seperti sekarang.


5. Nilai Tukar Rupiah

Sebagai mata uang yang sangat superior, perubahan nilai tukar Rupiah terhadap Dolar AS (Amerika Serikat) turut membuat harga emas fluktuatif. Ketika Rupiah melemah, harga emas bakal menguat dan sebaliknya.


6. Faktor-Faktor Non Ekonomi

Selain kelima hal yang berkaitan dengan ekonomi, ada faktor lain yang membuat harga jual emas Antam meningkat. Hal itu karena beberapa kondisi geopolitik global seperti saat ini, perang dagang antara Amerika Serikat dan China. Bahkan pandemi Covid-19 juga turut membuat perekonomian limbung yang menjadikan harga emas terus berubah.


Sebagai contoh, dinamika perkembangan pemilu di AS juga akan mempengaruhi harga emas kedepannya. Menurutnya, risiko terbesar untuk emas minggu ini adalah kelambanan pemerintah (AS). Baik karena Presiden AS Donald Trump menolak untuk mengambil tindakan apapun sebelum dia mengakui kekalahannya, atau Joe Biden yang tidak dapat mengambil tindakan apapun karena dia adalah presiden terpilih.


Beli Emas Antam di Galeri24

Melalui Galeri 24, masyarakat bisa melakukan pembelian dan penjualan berbagai jenis emas. Galeri 24 adalah perusahaan retail Emas dan Perhiasan yang juga merupakan anak perusahaan PT Pegadaian Persero. Dengan puluhan outlet yang tersebar, Galeri 24 menyediakan Emas berbentuk Logam Mulia dari berbagai Vendor untuk keperluan investasi jangka panjang Anda.


Selain itu, Galeri 24 juga menjual Perhiasan Emas berkualitas dengan desain trendy dan up to date, serta Batu Mulia seperti Berlian yang bersertifikat. Perlu diketahui, semua emas yang dijual oleh Pegadaian dan Galeri 24 berasal dari PT Aneka Tambang (Antam) yang merupakan produsen emas terbesar di Indonesia. Selain itu, Anda juga bisa mendapat keuntungan saat menjual emas di Pegadaian.


Harga emas yang dibeli kembali di Pegadaian lebih tinggi sedikit dibanding yang ditawarkan oleh PT Antam. Oleh karenanya, jual beli emas lewat Pegadaian sangat direkomendasikan bagi Anda yang mau mulai berinvestasi emas.

8 views0 comments