Haruskah Berlian Anda Bersertifikat GIA?


Sertifikat adalah hal yang tidak bisa dipisahkan dari benda berharga. Begitupula dalam pembelian berlian berkualitas. Desas-desusnya, ada yang bilang bahwa berlian Anda belum sah jika tidak dijual bersama serifikat GIA. Tapi, benarkah faktanya seperti itu?



Apa itu GIA dan Sejarahnya

Ini semua bermula pada tahun 1940. Organisasi Gemological Institute of America (GIA) mengeluarkan “International Diamond Grading System” yang digunakan sebagai pedoman di seluruh dunia untuk menilai kualitas berlian. Dan pedoman ini masih berlaku sampai sekarang.

Sederhananya, GIA adalah sebuah lembaga yang berdedikasi untuk menyediakan penelitian dan pendidikan berlian di mancanegara. Lembaga ini berdiri pada tahun 1931, dan hadir untuk membantu Anda mengetahui dan memastikan berlian yang Anda beli asli untuk menanggulangi banternya pemalsuan sejalan dengan perkembangan teknologi masa itu.

Setiap berlian yang diterimak kemudian diuji di laboratorium GIA untuk dievaluasi oleh lebih dari 40 pasang mata para ahli. Tujuannya untuk diperiksa apakah berlian tersebut sintetik atau alami, telah mengalami proses, memiliki cacat, dan banyak lagi parameter lainnya.


Pentingnya Sertifikat GIA

Sertifikat GIA menjadi sangat penting karena lembaran kertas ini melampirkan semua informasi mengenai berlian yang Anda beli dari segi kualitas dan karateristiknya secara terperinci.

Setiap berlian kemudian ditandai dengan nomor identifikasi yang unik pada sertifikat maupun pada bagian pinggir (griddle) berlian. Belum lagi, sertifikat ini juga dilengkapi dengan komponen-konponen kemanan untuk mencegah berlian dipalsukan atau digandakan, seperti hologram, layar keamanan, juga garis micro-print.

Itulah alasan mengapa membeli perhiasan berlian dengan sertifikat GIA sangat disarankan. Sebab dengan ini, Anda akan terhindar dari penipuan saat pembelian dan Anda dapat menjual perhiasan berlian Anda kembali dengan lebih mudah karena konsumen menyukai jaminan keaslian.


Perbedaan Berlian Bersertifikat GIA dan Tidak

Setelah mengetahui hal itu, lalu kemudian apa yang membedakan berlian bersertifikat GIA dengan berlian tanpa sertifikat GIA?

Ini bisa dijawab dengan melihat karakteristik terperinci berlian dan dokumen yang menyertainya. Berlian bersertifkat GIA akan dilengkapi dengan informasi terkait dari berlian itu sendiri, seperti: berat berlian, kejernihan berlian dan warna berlian, juga potongan berlian (carat, clarity, color, and cut—4C). Itu baru sedikit dari rincian informasinya.

Dengan rincian informasi itu, kualitas berlian tidak mudah di claim sembarangan oleh oknum atau lembaga yang tidak bertanggung jawab. Biasanya, sertifikat GIA diberikan untuk berlian yang nilainya dapat dijadikan investasi. Berlian-berlian ini memiliki nilai di atas 0,29 ct, dan harga yang relatif lebih mahal.

Berlian “besar” seperti ini wajib diberikan sertifikat GIA untuk melindungi statusnya sebagai produk investasi yang bernilai. Intinya, sertifikat akan membuat berlian lebih terpercaya sebagai produk investasi.

Lalu, Apakah Berlian Tanpa Sertifikat GIA Otomatis Jelek?

Tidak juga. Berlian tanpa sertifikat GIA-masih mungkin memiliki kualitas yang tak kalah sempurna dengan berlian bersertifikat.

Yang perlu Anda lakukan pandai-pandai dalam membeli berlian hanya menemukan berlian berkualitas dengan parameter standar seperti lolos diuji dengan alat diamond tester, warna berlian tidak kekuningan, dan tidak ada retak. Kilaunya cantik dilihat dengan mata telanjang, dan yang jelas, dibeli dari tangan penjual yang terpercaya.

Jadi, jangan salah paham lagi tentang makna sertifikat satu ini yang sebenarnya, ya.

Bicara berlian, wajar jika Anda mulai mencari informasi tentang batu mulia cantik satu ini. Investasi berlian mulai menggeser emas sebagai salah satu instrumen paling membawa cuan.

Jika Anda berminat untuk membeli berlian baik untuk investasi maupun koleksi perhiasan, kini Anda dapat membeli yang asli dan bersertifikasi di Galeri24.

Galeri24 yang merupakan anak perusahaan PT.Pegadaian bukan hanya menjual berlian, namun perhiasan emas lainnya serta logam mulia Antam dan UBS.

Segera kunjungi outletnya di kota terdekat, atau cek katalognya di galeri24.co.id. Hanya di sini Anda bisa belanja perhiasan Online dengan aman, nyaman dan mudah.

0 views

©2020 by Galeri 24. Proudly created by G24 IT Dev Team with ♥