Ingin Mulai Investasi Berlian? Perhatikan 4 Hal Ini!


Selain emas, berlian juga bisa jadi instrumen investasi yang sangat menjanjikan. Karena, bebatuan cantik ini memenuhi syarat investasi: atraktif, mudah dicairkan, permintaan pun selalu ada. Berlian juga bisa dikenakan pada acara-acara tertentu untuk meningkatkan penampilan Anda. Tapi jangan salah, ada 4 hal yang harus Anda perhatikan sebelum berinvestasi berlian. Apa saja?


Berlian Bersifat Durable


Berlian tidak akan pecah, menguap, atau berkurang ukurannya dengan cara apa pun. Sebab itu, yang perlu Anda lakukan atas investasi berlian adalah memastikan Anda menyimpannya di tempat yang aman.

Sediakan kotak khusus dengan kunci kombinasi, brankas, atau lemari penyimpanan dari bank (safe deposit box). Ini berarti Anda harus menganggarkan uang sewa untuk tempat penyimpanan yang aman tersebut. Tetapi dibanding laba yang menanti Anda di depan, jumlah ini seharusnya tidak seberapa.


Diversifikasikan Varian Berlian Anda


Pilihan paling aman adalah memilih berlian potongan round cut dengan cut, clarity, dan color kualitas wahid. Akan tetapi, ada sisi rugi dari langkah ini.

Jika Anda membeli berlian investasi yang juga dimiliki semua orang, Anda sama saja mempersempit peta persaingan saat menjual ulang berlian tersebut. Untuk apa menjual berlian yang juga banyak dimiliki orang lain, bukan? Sebab itu, lebih bijak bagi Anda untuk mendiversifikasikan varian berlian Anda. Caranya adalah mengoleksi beragam berlian dengan tipe yang berbeda-beda.

Kuncinya? Pilihlah berlian-berlian yang langka, tapi peminatnya ada. Jika Anda sudah punya berlian round cut bening, carilah varian lain dengan warna biru seperti cincin kawin Duchess of Sussex yang terkenal. Dengan begitu, saat melikuidasi berlian Anda tidak akan mengalami kebuntuan karena susah menjual.


Perluas Jangkauan Mitra dan Pakar Anda


Jika Anda masih pemula dalam jual-beli berlian, satu yang perlu Anda lakukan adalah: riset, riset, riset. Instrumen investasi berlian bernilai tinggi dan Anda sebaiknya tidak bermain-main dengan risiko sebesar ini.

Bila ragu, Anda bisa memulai dengan berkonsultasi dengan para mitra dan pakar di bidangnya. Anda bisa menemukan komunitasnya di bursa-bursa berlian, atau melalui penelusuran kala sedang mencari informasi. Pastikan Anda mencari nya di tempat yang sudah pasti terpercaya agar tidak salah mendapatkan koneksi.


Berlian Sangat Rentan Dipalsukan


Perlu diingat bahwa berlian palsu harus dibedakan dengan berlian buatan. Sementara berlian alami adalah gumpalan karbon berusia jutaan tahun yang mengalami pemasakan di perut bumi secara natural, berlian buatan adalah berlian yang dibuat dengan mesin dan tangan manusia di laboratorium-laboratorium canggih.

Keduanya memiliki kilauan yang hampir sama secara kualitas, dan juga berharga amat tinggi. Juga, baik berlian buatan maupun berlian alami terbit dengan sertifikat dari institusi setara GIA (Gemological Institute of America)

Nah, jika Anda berminan untuk memulai investasi berlian, hanya beli dari toko perhiasan yang terpercaya seperti Galeri24 dari PT.Pegadaian.

Semua berlian yang disediakan Galeri24 telah teruji dan tersertifikasi sehingga sangat aman untuk investasi. Kunjungi toko Galeri24 terdekat di kota Anda atau belanja secara online di www.galeri24.co.id

6 views

©2020 by Galeri 24. Proudly created by G24 IT Dev Team with ♥