• Galeri24

Ini 4 Cara Menyimpan Emas Batangan yang Paling Aman

Emas batangan merupakan barang berharga yang mesti disimpan di tempat yang aman. Terkadang, sebagian orang masih menyimpan emas dengan cara sederhana, misalnya diletakan pada tumpukan baju di lemari, atau menaruhnya di dalam kotak kayu. Hal tersebut boleh saja, tetapi Anda harus memikirkan cara menyimpan emas batangan yang lebih aman dan mudah. Bagaimana caranya? Simak tips berikut supaya Anda paham dan bisa menjaga emas batangan.


Cara Menyimpan Emas Batangan

Jika Anda termasuk orang yang memiliki banyak emas untuk sebuah investasi, maka tempat penyimpanan adalah hal paling penting. Ini penting diperhatikan supaya emas Anda tidak dicuri oleh orang lain. Selain terhindar dari aksi pencurian, menyimpan emas di tempat aman dan tempat, juga akan lebih menjaga kondisi emas yang dimiliki. Berikut ada beberapa tips menyimpan emas yang aman dan mudah.


1. Simpan di Tempat yang Berlapis

Pencuri umumnya akan berpikir emas Anda disimpan pada lemari, dalam laci, atau kotak khusus yang mencolok di dalam kamar. Maka, Anda mesti kelabui mereka dengan menyimpannya di tempat yang berlapis. Simpanlah emas di dalam kotak biasa yang digembok. Kemudian, masukan kotak tersebut ke dalam sebuah kotak yang lebih besar lagi, lalu digembok. Minimal Anda menaruh emas di dalam kotak berlapis. Usahakan, jangan hanya digembok, tetapi juga gunakan kotak yang memiliki kata sandi. Ini dilakukan untuk menyulitkan pencuri mengambil emas Anda. Kemudian, kotak tersebut bisa Anda kubur di dalam tanah yang diberi tanda pot diatasnya. Semoga, cara ini bisa membuat emas batangan Anda lebih aman.


2. Simpan di Brankas Unik

Sudah banyak toko yang kini menjual brankas unik untuk penyimpanan emas. Sebagai contoh, brankas yang berbentuk buku, hewan atau celengan uang. Dengan bentuk yang tidak mencurigakan tersebut, sangat mungkin bisa mengecoh pandangan pencuri. Bahan material brankas unik umumnya terbuat dari besi sehingga cukup kuat. Dan sebaiknya, simpan brankas tidak di lemari tetapi di tempat yang tak terpikirkan oleh pencuri. Sebabnya, pencuri tentu berpikir emas disimpan di lemari. Jadi, hindari menyimpannya di sana. Anda bisa mendapatkan brankas unik di toko online maupun offline.


3. Simpan Ditempat Tak Terduga

Trik lain untuk menyimpan emas batangan adalah meletakkannya di tempat yang sama sekali tak terpikirkan oleh pencuri. Anda bisa mengelabui pencuri dengan menyimpan emas di tempat yang mudah terlihat. Kebanyakan kasus, perilaku pencuri saat ingin mengambil emas tentu tertuju pada lemari di kamar. Mereka akan membongkar isi lemari. Tetapi, Anda bisa mengecoh yang sebenarnya emas Anda letakan di atas meja biasa. Namun, tetap gunakan kotak yang tidak mencolok bahwa di dalam terdapat emas Anda.


4. Simpan di Bank atau Pegadaian

Menggunakan safe safe deposit box (SDB) adalah cara aman menyimpan emas. SDB merupakan fasilitas yang diberikan sebuah bank bagi nasabah yang ingin menyimpan emas atau dokumen yang berharga. Tidak hanya itu, menyimpan SDB juga memiliki kelebihan lain.

Bank yang memiliki fasilitas SDB akan memberikan jaminan perlindungan dari risiko kehilangan dan pencurian bagi nasabah.


Layanan SDB sendiri berada di ruangan khusus, serta dilengkapi sistem pemindai sidik jari, nomor PIN, dan kunci pengaman ganda. Selain SDB, Pegadaian juga menerima penyimpanan emas degan sistem keamanan yang ketat. Namun begitu, jika ingin menggunakan layanan keduanya, Anda mesti mengeluarkan biaya tambahan. Biaya tersebut terbilang kecil berkisar Rp20.000 per/bulan, tetapi tetap sebanding dengan layanan keamanan yang diberikan.


Investasi Emas Aman Lewat Aplikasi Online

Aplikasi mobile menawarkan secara cuma-cuma tempat penyimpanan emas Anda. Oleh karenanya, Anda tidak butuh tempat penyimpanan khusus, seperti di brankas atau lemari rumah. Dengan berinvestasi emas lewat aplikasi, Anda juga tidak membutuhkan perawatan. Berbeda halnya bila membeli fisik, Anda harus merawat emas supaya tidak kusam dan rusak.

Di tengah masa pandemi dan resesi ekonomi, harga emas kian menggiurkan.


Hal ini mestinya bisa dimanfaatkan dengan baik oleh calon investor agar kesempatan mendulang untung lewat emas lebih besar. Meski begitu, keinginan tersebut sedikit terhambat, ketika banyak peraturan protokol kesehatan seperti pembatasan jarak, jam buka toko harus dibatasi, dan anjuran untuk di rumah, membuat banyak orang cukup kesulitan membeli emas. Nah, selain bisa menjadi tempat penyimpanan emas yang aman, kehadiran aplikasi mobile online juga memudahkan segala aktivitas jual beli emas. Berikut beberapa kelebihan investasi emas lewat aplikasi mobile online.


1. Pencairan Lebih Mudah

Kelebihan berikutnya yakni Anda tidak harus menjual emas kamu ke toko emas. Ini merupakan keuntungan investasi emas lewat aplikasi mobile. Ketika harga emas sedang naik, dengan cepat Anda tinggal membuka aplikasi dan mencairkan tabungan emas yang sudah dikumpulkan selama ini.


2. Pantau Harga Lebih Mudah

Harga perhiasan emas yang tidak menentu antara penjual emas yang satu dan yang lainnya terkadang menjadi masalah bagi investor. Dengan aplikasi mobile, tentu informasi tentang harga dan layanan yang diberikan lebih cepat didapat. Lewat layanan aplikasi, harga beli dan harga jual dipastikan tetap sehingga lebih menguntungkan bagi investor.


3. Bisa Jual-Beli Emas Dimana Saja

Kelebihan lain investasi emas lewat aplikasi mobile online yakni dapat melakukan transaksi dimana saja. Dalam kondisi seperti ini, Anda bisa me-remote transaksi dimana saja bahkan dari rumah. Proses jual beli emas menjadi mudah karena Anda bisa jual beli emas kapan saja dan di mana saja lewat aplikasi.


4. Memiliki Tempat Penyimpanan

Aplikasi mobile menawarkan secara cuma-cuma tempat penyimpanan emas Anda. Oleh karenanya, Anda tidak butuh tempat penyimpanan khusus, seperti di brankas atau lemari rumah. Dengan berinvestasi emas lewat aplikasi, Anda juga tidak membutuhkan perawatan. Berbeda halnya bila membeli fisik, Anda harus merawat emas supaya tidak kusam dan rusak.


216 views0 comments

©2021 by Galeri 24. Proudly created by G24 IT Dev Team with ♥