• Galeri24

Ini 5 Cara Membersihkan Perhiasan Emas Supaya Berkilau

Punya perhiasaan emas dengan warna kusam atau sudah tidak berkilau lagi memang sangat mengganggu. Selain tidak enak dipandang mata, tentu rasanya ada keinginan untuk menjualnya dan memiliki perhiasan emas yang baru. Berubahnya kilau warna emas menjadi kusam bisa terjadi karena sering digunakan tanpa dibersihkan dalam jangka waktu yang lama.

Bagaimanapun kondisinya perhiasaan emas sangat penting dibersihkan karena Anda akan membutuhkannya untuk menunjang penampilan supaya tetap menarik. Emas yang berkilau akan memberikan kesan elegan pada penampilan, sehingga aura si pemakai dapat terpancar dan mempesona banyak orang. Biasanya emas akan kotor dan berdebu meskipun Anda jarang memakainya. Apalagi jika dipakai secara terus-menerus, emas akan lebih mudah kotor dan kusam.


Tips Membersihkan Emas

Lalu bagaimana cara membersihkan emas agar berkilau kembali? Tentu caranya sangat mudah dan tidak akan membuat kantong Anda bolong. Membersihkan emas bisa dilakukan sendiri atau dibawa ke tempat pencucian emas. Dengan rutin membersihkannya, emas bisa tetap berkilau dan Kamu akan semakin terlihat cantik. Nah, berikut ini tips membersihkan emas yang aman, praktis, dan efektif.


  • Pakai Sabun Cuci Piring



Bukan hanya untuk membersihkan peralatan dapur, sabun cuci piring juga berfungsi membersihkan emas supaya berkilau kembali. Sabun cuci piring cukup ampuh menghilangkan debu dan kotoran yang menempel pada perhiasaan emas seperti cincin, gelang, dan sebagainya. Anda tinggal merendam perhiasaan pada larutan air hangat dan sabun cuci piring supaya hasilnya lebih maksimal,

Bagaimana caranya? Langkah pertama adalah mempersiapkan air hangat dan sabun cuci secukupnya. Kemudian, larutkan keduanya sampai berbusa. Lalu masukan perhiasan emas ke dalamnya. Diamkan selama beberapa menit agar debu dan kotoran yang menempel terlepas. Jika sudah, angkat perhiasan tersebut lalu gosok perlahan dengan kain lembut sampai kering. Selesai pencucian Anda akan melihat emas berkilau kembali.

Sekedar mengingatkan, dalam proses ini sangat dianjurkan tidak menggunakan air terlalu panas karena dapat merusak permukaan emas. Dan jangan lupa, jika perhiasan emas sering Anda gunakan maka sebaiknya dibersihkan secara rutin supaya kondisi emas tetap baik dan Anda lebih percaya diri saat menggunakannya.


  • Pakai Pinset

Cara membersihkan emas selanjutnya adalah dengan menggunakan pinset. Pinset merupakan alat yang terbuat dari besi anti karat. Alat ini sebetulnya untuk menjangkau kotoran yang terselip pada perhiasaan. Biasanya pinset digunakan untuk membersihkan kotoran pada perhiasaan emas yang memiliki motif atau ukiran. Pada perhiasaan tersebut terdapat rongga-rongga kecil yang sulit dijangkau dengan air atau di lap dengan kain. Maka dari itu, Anda membutuhkan bantuan pinset untuk membersihkannya.

Untung membersihkan kotoran yang terselip ini Anda harus berhati-hati. Dibutuhkan kejelian dan kesabaran, sebab jika terlalu terburu-buru bisa berisiko membuat goresan dan membuat perhiasan rusak. Selain pinset, Anda juga bisa menggunakan benda yang tipis dan tajam pada bagian ujung seperti jarum untuk membersihkan kotoran yang menempel.


  • Pakai Cairan Amonia

Amonia atau yang dikenal NH2 merupakan zat ampuh untuk membersihkan emas supaya berkilau kembali. Penggunaan Amonia untuk membersihkan emas bisa dengan cara mencampurkannya dengan segelas air. Gunakan sedikit cairan amonia lalu masukkan ke dalam air dengan suhu normal. Kemudian, masukan perhiasan emas ke dalam larutan amonia tersebut. Diamkan selama beberapa menit lalu angkat perhiasan emas dengan bantuan pinset atau sendok. Setelah itu, bilas dengan air bersih dan lap perhiasan dengan kain lembut.

Sebagai informasi, amonia merupakan senyawa berbahaya sehingga saat penggunaannya harus berada jauh dari jangkauan anak-anak. Amonia sendiri memiliki aroma yang sangat tajam yang bisa membuat mata terasa perih. Selain itu, sangat dianjurkan tidak merendam perhiasan dalam waktu lama di dalam larutan amonia. Pasalnya, sifat amonia yang korosif dapat menyebabkan perhiasaan emas Anda berkarat sehingga tidak terlihat cantik dan menawan lagi.


  • Pakai Cairan Alkohol



Tips membersihkan perhiasaan emas selanjutnya adalah dengan menggunakan cairan alkohol. Alkohol dipercaya mampu menghilangkan noda yang menempel pada perhiasaan. Noda yang menempel ini biasanya berupa bekas lemak yang berasal dari kebiasaan aktivitas seperti menggunakan tangan untuk makan atau noda lain saat memegang bagian tubuh.

Cara membersihkan perhiasaan emas dengan alkohol tidak boleh sembarangan. Sebab, tidak semua perhiasaan mengandung bahan emas sepenuhnya. Ada kandungan lain pada perhiasaan yang tidak cocok bila terkena cairan alkohol.

Oleh karena itu, jika bahan perhiasaan seluruhnya menggunakan emas Anda boleh merendam ke dalam cairan alkohol selama beberapa menit. Setelah itu, angkat dan bersihkan dengan kain lembut. Tetapi, jika anda bahan selain emas pada perhiasan sebaiknya Anda gunakan cotton bud saja. Cukup celupkan cotton bud ke dalam cairan alkohol lalu gosokkan secara perlahan ke seluruh permukaan perhiasaan. Lakukan dengan hati-hati agar tidak menggores perhiasaan. Setelah selesai, Anda akan lihat emas menjadi berkilau kembali.


  • Pakai Baking Soda dan Cuka

Cara selanjutnya membersihkan emas oleh kebanyakan orang adalah dengan menggunakan baking soda dan cuka. Selain kedua bahan yang mudah didapat, proses pembersihannya juga cepat dan praktis. Tidak perlu khawatir, karena bahan ini

Langkah awal adalah persiapkan bahan baking soda, cuka, dan segelas air hangat. Masukkan baking soda secukupnya ke dalam air lalu aduk sampai larut. Kemudian, masukkan emas ke dalam larutan tersebut dan diamkan beberapa menit. Setelah itu, angkat dan lap dengan kain lembut. Jika sudah kering, teteskan sedikit cuka pada emas. Kemudian, bilas dengan air bersih dan keringkan. Maka, Anda akan lihat emas bersinar kembali.

Selamat mencoba.

137 views

©2020 by Galeri 24. Proudly created by G24 IT Dev Team with ♥