• Galeri24

Ini 6 Tambang Emas Terbesar di Indonesia

Indonesia merupakan negara dengan kekayaan sumber daya alam yang melimpah. Salah satu sumber daya alamnya yang sangat dilirik oleh dunia adalah emas. Bila diteliti lebih jauh, Indonesia memiliki banyak tambang emas yang tersebar di berbagai daerah. Berada di dalam perut bumi, emas kemudian ditambang dengan mesin khusus untuk kebutuhan skala besar.


Seperti diketahui, emas menjadi cikal bakal berbagai produk perhiasan dan produk lainnya. Mulai dari emas batangan, koin emas, hingga bentuk perhiasan cincin, kalung, atau gelang nan indah terbuat dari material emas. Emas asal Indonesia sendiri terkenal dengan kualitas dan kadar paling baik di dunia.


Tambang Emas Terbesar di Indonesia

Berbicara tentang emas, tentu berkaitan dengan aktivitas tambang emas yang sering dilakukan. Aktivitas penambangan untuk produksi emas secara besar, lazimnya dilakukan secara legal. Namun begitu, masih terdapat pula kegiatan penambangan ilegal di berbagai daerah. Nah, berikut ada beberapa daftar tambang emas terbesar di Indonesia.


1. Grasberg, Papua

Grasberg merupakan tambang emas terbesar pertama yang berada di wilayah Papua. Tambang Grasberg dikelola oleh PT. Freeport, perusahaan asal Amerika Serikat. Konon, tambang emas ini termasuk dalam tambang tembaga terbesar kedua di dunia. Setiap tahunnya, Grasberg dapat memproduksi 3 juta dengan komposisi pasir olahan dari batuan tambang yang mengandung emas, perak, dan tembaga.

Pada tahun 2014, tambang Grasberg dilaporkan memiliki sisa emas sekitar 28,2 juta ons dengan keseluruhan cadangan emas mencapai 54,8 juta ons. Dan pada 2018, Grasberg mampu memproduksi hingga 6.065 konsentrat setiap harinya. Komposisi tersebut terdiri dari 39,34 gram emas, 70,37 gram perak, dan 25,5% tembaga. Bisa dibilang, setiap harinya tambang ini sanggup memproduksi emas sebanyak 240 kg di Papua setiap hari.


2. Nusa Tenggara Barat

Dilansir dari cnbcindonesia, tambang emas raksasa juga ditemukan di wilayah Kecamatan Hu'u Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat. Penemuan ini berdasarkan eksplorasi PT Sumbawa Timur Mining (STM) yang telah dilakukan di wilayah KK Proyek Hu'u sejak tahun 2010. Dalam eksplorasi ini ditemukan deposit bijih tembaga emas dalam jumlah besar.

Kini, kekayaan sumber daya alam Indonesia pada komoditas mineral bukan hanya di Papua, tetapi juga ditemukan ada di wilayah, Nusa Tenggara Barat.


3. Banyuwangi

Tambang emas Tujuh Bukit atau yang sering dikenal juga sebagai Tumpang Pintu ini merupakan tambang emas terbesar kedua di Indonesia. Konon, tambang yang dikelola PT Bumi Suksesindo ini juga termasuk dalam tambang terbesar di dunia. Sejak dibuka pada tahun 2016, tambang ini diperkirakan memiliki cadangan emas mencapai 28 juta ons.


4. Sumatera Utara

Wilayah Sumatera juga memiliki tambang emas yang patut diperhitungkan. Tambang emas Martabe yang dikelola PT. United Tractors disebut-sebut masuk sebagai salah satu tambang emas terbesar di Indonesia. Tambang emas ini diperkirakan mampu memproduksi 300 ribu hingga 350 ribu ons per tahunnya.


5. Jawa Barat

Hasil emas di wilayah Jawa Barat juga tidak kalah menarik. PT Renuka Coalindo yang merupakan salah satu perusahaan penambangan memproduksi emas dalam bentuk ore pada Juni 2019. Tambang ini diperkirakan memiliki total cadangan emas sebanyak 26 ton gold content. Perusahaan penambangan ini menargetkan dapat memproduksi emas mencapai 185 ribu troy ons per tahun.


6. PT. Aneka Tambang

PT Aneka Tambang Tbk (ANTAM) merupakan salah satu perusahaan pertambangan milik BUMN. Antam melakukan penambangan emas yang berada di wilayah Pongkor, Jawa Barat. Tambang emas Pongkor sendiri telah beroperasi sejak 1994 silam. Di tahun 2018, tercatat Antam memiliki cadangan emas seberat 19 ton dan sumber daya emas setara dengan 42 ton. Emas Antam merupakan salah satu produk emas yang paling dicari oleh masyarakat sekedar untuk koleksi atau dijadikan investasi masa depan. Emas Antam sendiri memiliki banyak keunggulan sebagai investasi, diantaranya.


Keunggulan Emas Antam

1. Tingkat Kemurnian Tinggi

Semakin meningkatnya minat masyarakat umum terhadap emas batangan, membuat banyak pihak menjualnya. Hanya saja karena harganya yang cukup mahal dan begitu berharga sebagai aset investasi, banyak oknum tak bertanggung jawab yang menjual emas dan berpura-pura diakui murni 24K.


Ketika Anda membeli emas batangan Antam, kondisi ini tak akan terjadi karena Antam sendiri memang memberikan jaminan keaslian produk. Untuk emas batangan murni 24 karat, sudah pasti kandungan kemurnian emasnya mencapai 99,99%. Dan tentunya emas-emas murni ini tidaklah cocok menjadi bahan baku utama perhiasan.


Kenapa begitu? Semakin tinggi karat pada suatu emas, artinya tekstur emas itu makin lembut. Karena itulah kalau membeli perhiasan, tak ada yang menawarkan mengandung emas murni 24K. Biasanya yag dipakai adalah emas 22K, 18K atau 14K yang mempunyai campuran logam perak, perunggu atau tembaga.


2. Transaksi Nyaman

Lantaran emas-emas batangan produksi Antam terbukti kemurniannya, Anda sebagai pemilik emas juga bakal bisa bertransaksi secara nyaman. Anda akan memperoleh surat bukti keaslian, yang nantinya bakal sangat berguna jika hendak menjual kembali emas itu. Karena dalam proses penjualan kembali, surat bukti keaslian memegang peran penting.


Beberapa toko emas seperti Galeri24 memiliki layanan jual-beli emas. Galeri24 memberikan harga cukup menguntungkan asalkan konsumen bisa memperlihatkan surat bukti keaslian. Hal ini juga berguna kalau Anda menjual emas di tempat-tempat resmi seperti Pegadaian atau butik Antam sekalipun.


3. Diakui LBMA

Emas batangan Antam adalah salah satu di antaranya karena sudah mengantongi sertifikat dari LBMA (London Bullion Market Association). Sertifikat Responsible Gold dari LBMA memastikan kalau Antam memang memperoleh bahan emas dari sumber resmi, bukan penambangan ilegal ataupun kegiatan kriminal seperti pencucian uang, teror dan pelanggaran HAM.


Adanya sertifikat Responsible Gold dari LBMA ini membuat emas batangan produksi Antam dapat diperjual belikan di luar negeri. Bisa dibilang, Antam adalah satu-satunya produsen emas Tanah Air yang mendapatkannya.


Dapat disimpulkan bahwa melalui ketiga alasan di atas, Antam tetaplah jadi pilihan utama masyarakat saat hendak membeli emas. Untuk itulah bagi Anda calon investor baru, pastikan membeli produk Antam supaya tidak kecewa.



11 views0 comments

©2020 by Galeri 24. Proudly created by G24 IT Dev Team with ♥