• Galeri24

Ini 8 Negara Konsumen Emas Terbesar di Dunia, Indonesia Masuk?

Siapa yang tak mengenal emas? Logam mulia satu ini merupakan barang komoditas paling berharga yang ada di dunia. Seperti halnya minyak dan gas, emas pun ikut diperdagangkan di seluruh dunia. Emas menjadi barang yang banyak kegunaan baik sebagai perhiasan hingga mata uang. Lalu, negara mana yang tergolong konsumen emas paling besar?


Berbicara tentang emas memang tidak ada habisnya, sebab logam mulia satu ini menjadi incaran semua orang. Hampir di seluruh negara memiliki cadangan emas sendiri. Hal ini bisa didapat dari faktor wilayah yang memiliki tambang emas ataupun pemerintah negara tersebut yang sengaja menyimpan emas.


Negara Konsumen Emas Terbesar di Dunia

Emas sendiri termasuk yang menawarkan risiko sangat rendah dibanding instrumen investasi lainnya. Emas mudah dijual kembali jika sewaktu-waktu membutuhkan uang. Sementara bila dijadikan perhiasan, emas dapat dipakai sebagai aksesoris untuk hiasan diri. Dilansir dari berbagai sumber, ada beberapa negara yang menjadi konsumen emas terbesar di dunia. Nilai mencapai ratusan ribu metrik ton. Wow, sangat fantastis, bukan? Nah, berikut negara-negara konsumen emas terbesar di dunia.


  1. China (612,5 metrik ton) China merupakan negara pertama konsumen emas terbesar di dunia. Kenapa? Di China, permintaan emas domestik sangat kuat. Konsumsi emas bukan hanya dalam bentuk perhiasan, tetapi juga sebagai bentuk investasi serta sebagai bahan baku industri. Alhasil, selama enam tahun berturut-turut negeri tirai bambu tersebut menempati urutan pertama konsumen emas di dunia. Di tengah ketidakpastian ekonomi, emas dianggap investasi yang lebih aman dibandingkan pilihan investasi lainnya. Hal ini membuat para investor di China lebih tertarik untuk berinvestasi emas.

  2. India (463,1 metrik ton) Negara kedua konsumen emas terbesar di dunia adalah India. Masyarakat India diketahui memiliki budaya penggunaan perhiasan emas paling besar. Hal ini sebenarnya bisa Anda lihat dalam industri film India (bollywood), dimana banyak perempuan India memakai aksesoris perhiasan emas baik cincin, kalung, gelang, dan lain-lain dalam jumlah yang tidak sedikit. Bahkan, harga emas akan melonjak tinggi pada bulan-bulan tertentu. Sebagai contoh, menjelang festival Diawali, orang-orang India akan memborong emas untuk digunakan atau diberikan sebagai hadiah untuk keluarga dan kerabat dekat.

  3. Amerika Serikat (138,2 metrik ton) Negeri Paman Sam berada di urutan ketiga sebagai negara konsumen emas terbesar di dunia. Konsumsi emas sendiri cukup signifikan terjadi pada tahun 2018. Sebelumnya, emas hanya dijadikan sebagai investasi. Namun, setelah pernikahan Pangeran Henry dan Meghan Markle, konsumsi emas dalam bentuk perhiasan meningkat hingga 30 persen. Masyarakat Amerika sendiri banyak yang memburu perhiasan dengan model yang serupa digunakan oleh Meghan. Tampilan Meghan saat pertunangan dengan Pangeran Henry memang cukup mencolok dan mempesona dengan model perhiasan yang mewah. Hal itulah yang membuat banyak masyarakat Amerika berbondong-bondong membeli perhiasan untuk sekedar mengikuti gaya Meghan.

  4. Uni Emirat Arab (46,2 metrik ton) Uni Emirat Arab (UEA) menempati urutan keempat konsumen emas terbesar di dunia. Hal ini tidak lain karena salah satu kotanya, Dubai, pun mendapat julukan The City of Gold. Untuk diketahui, pemerintah UEA tidak memberlakukan pajak yang tinggi untuk emas. Oleh karena itu, masyarakatnya bisa bebas menyimpan emas. Kota Dubai juga dianggap sebagai surga bagi penikmat emas, karena memiliki emas yang berkualitas. Selain itu, emas yang di jual dibanderol dengan harga yang relatif lebih murah dibanding negara-negara lain. Bahkan, di Dubai juga terdapat mesin ATM emas yang digunakan untuk bertransaksi.

  5. Iran (39,7 metrik ton) Iran menempati urutan kelima sebagai negara konsumen emas terbesar di dunia. Sekarang ini, bisa dibilang Iran juga menjadi negara yang memiliki kontribusi besar terhadap permintaan emas di wilayah Timur Tengah. Masyarakat Iran cukup konsumtif terhadap emas. Emas dipilih sebagai pilihan investasi yang lebih aman. Meskipun negara ini sering berkonflik terutama dengan negara adidaya, Amerika Serikat, tetapi tidak mempengaruhi permintaan emas didalam negara.

  6. Turki (39,7 metrik ton) Turki menjadi negara selanjutnya konsumen emas terbesar. Negara yang dipimpin Presiden Recep Tayyip Erdoğan ini memiliki tingkat permintaan emas dalam negeri yang cukup tinggi. Bahkan, pernah melakukan impor emas sebanyak 62,8 ton dalam sebulan. Hal ini salah satunya dikarenakan masyarakat Turki yang gemar menyimpan emas.

  7. Arab Saudi (38,1 metrik ton) Setelah Turki, negara konsumen emas terbesar berikutnya adalah Arab Saudi. Selain menyimpan cadangan emas yang besar, Arab Saudi juga memiliki cadangan emas yang fantastis. Selain itu, kualitas emas yang dimiliki Arab Saudi juga dianggap sangat baik dengan harganya yang murah dibandingkan negara-negara lain termasuk Indonesia. Tidak heran, banyak jamaah Indonesia sering membeli emas untuk oleh-oleh sepulang beribadah haji atau umroh.

  8. Indonesia (34,2 metrik ton) Soal konsumsi emas, Indonesia masuk diperingkat delapan terbesar di dunia. Masyarakat Indonesia diketahui gemar mengoleksi emas perhiasan maupun emas batangan. Jenis perhiasan emas yang paling banyak diminati, antara lain cincin, kalung, gelang, anting-anting, hingga bros emas.

Selain sebagai perhiasan, emas juga disimpan sebagai investasi masa depan. Terkadang, sebagian orang Indonesia juga masih menyimpan emas sebagai aset darurat yang bisa dijual sewaktu-waktu bila membutuhkan dana tunai.


Untuk Anda yang ingin memulai berinvestasi emas khususnya emas batangan, maka ada hal yang harus diperhatikan, salah satunya ada pilihan tempat membeli emas. Anda wajib membeli emas batangan di tempat yang resmi, aman, dan terpercaya.


Beli Emas di Galeri24

Galeri24 merupakan anak perusahaan PT. Pegadaian yang bergerak di bidang jual-beli emas dan perhiasan. Emas-emas batangan murni 24K di Galeri24 tidak hanya dari Antam, tapi juga dihasilkan oleh UBS dan Lotus Archi. Meskipun begitu, sejumlah emas batangan Antam memang menjadi primadona.


Untuk cara beli emas Antam di Galeri24 juga tak sulit. Anda tinggal berkunjung ke website resmi dan memilih produk emas yang diinginkan. Galeri24 menyediakan pilihan emas batangan murni dari Antam mulai dari ukuran 3 gram, 5 gram, 10 gram, 25 gram dan 100 gram.


Harga yang ditawarkan adalah Rp3,033 juta (3 gram), Rp5,026 juta (5 gram), Rp9,98 juta (10 gram), Rp24,8 juta (25 gram) dan Rp99,5 juta (100 gram). Pastikan Anda memilih produk emas batangan yang sesuai dengan budget, baru kemudian lakukan pembayaran. Tak perlu cemas dengan keabsahan emas, karena Galeri24 menyediakan sertifikat resmi.



215 views0 comments

©2021 by Galeri 24. Proudly created by G24 IT Dev Team with ♥