Kabar Emas
14 Feb 2024

Ini Alasan Cincin Emas Putih Harus Anda Miliki

Bagikan
article-cover-images/3b4ca56b43a849edc9b81a99d522d855

Emas putih sudah tidak asing lagi dalam dunia perhiasan. Warnanya yang elegan dan bersinar terang menyimbolkan kemewahan nan elegan. Salah satunya adalah cincin. Cincin emas putih juga lazim digunakan sebagai cincin pernikahan. Cincin emas putih biasanya merupakan campuran palladium dengan campuran logam emas.

Cincin nikah yang berwarna putih tidak semuanya mengandung emas. Dilansir dari berbagai sumber, cincin nikah palladium yang beredar di pasaran tidak murni dari material palladium, namun sebagai bahan campuran logam emas. Karakteristik dari cincin nikah ini mempunyai warna yang jauh lebih mengkilat dari emas kuning.

Selain itu cincin nikah ini juga jauh lebih kuat dan padat. Harga cincin emas putih / emas – palladium jauh lebih mahal dan jauh lebih berkelas dari pada cincin nikah emas kuning. Sementara, untuk cincin emas kuning sendiri terbuat dari campuran logam tembaga dan emas.

Keunggulan Cincin Emas Putih

Mari kita kupas satu per satu mengenai keunikan dan keunggulan cincin emas putih dari sisi harga dan estetika. Pertama, cincin emas putih cocok dikenakan oleh segala lapisan usia. Mulai dari anak-anak, remaja, wanita muda, hingga ibu-ibu.

Bagi para muda mudi, memilih cincin emas putih sebagai cincin tunangan menjadi tren ketimbang cincin emas kuning. Hal tersebut juga terlihat dari semakin banyaknya toko perhiasan yang lebih banyak memiliki koleksi cincin emas putih. Selain itu, cincin emas untuk tunangan ini juga terkesan lebih modern dibandingkan dengan cincin tunangan dari emas kuning.

Hal itu dipengaruhi tampilan cincin emas putih yang tidak terlalu mencolok, sehingga tidak menimbulkan kesan norak khususnya bagi kaum muda. Bagi Anda yang tidak terlalu suka tampil mencolok, warna cincin emas putih cenderung lebih netral, sehingga membuat cincin emas putih untuk tunangan lebih cocok digabungkan dengan batu permata jenis apa pun.

  • Harga yang Murah

Dari sisi harga, cincin emas putih dan emas kuning tidak terlalu ada perbedaan yang signifikan. Kendati begitu, memiliki perhiasan yang terbuat dari emas kuning biasanya memiliki harga jual yang lebih tinggi jika dibandingkan cincin emas putih.

Harga cincin emas putih untuk tunangan tentu saja harus dilihat dari berbagai faktor, seperti popularitas dan juga model cincin. Karena popularitasnya yang semakin tinggi saat ini, cincin emas putih untuk tunangan bisa memiliki harga beli yang lebih tinggi dibanding dengan cincin tunangan dari emas kuning dengan kadar dan berat yang sama.

Desain dan model cincin tentu juga akan mempengaruhi harga. Semakin kompleks model dan semakin ekslusif desain cincin maka harga cincin tunangan dari emas putih juga akan semakin tinggi. Untuk yang tidak terlalu suka tampil mencolok, warna putih cenderung lebih netral, sehingga membuat cincin tunangan dari emas putih lebih cocok digabungkan dengan batu permata jenis apa pun.

  • Tahan Lama

Cincin emas putih yang mengandung campuran perak, palladium, atau rhodium yang merupakan logam kuat membuat karakteristik cincin emas putih cenderung lebih kuat dan tahan lama dibandingkan emas kuning.

Cincin emas putih juga tidak akan mudah tergores. Selain itu, kilau dan warna yang dihasilkan oleh cincin emas putih lebih halus dan elegan. Namun, cincin emas ini juga ada kekurangannya. Campuran logam rhodium membuat warna dan kilau pada cincin emas putih dapat memudar seiring berjalannya waktu, sehingga perlu dilapis ulang.

Kemudian untuk beberapa jenis cincin emas putih yang dicampur nikel dapat menyebabkan reaksi alergi kulit pada beberapa orang tertentu dengan kulit sensitif.

Selain rhodium, cincin emas putih ternyata juga memiliki kandungan palladium. Hal ini membuktikan bahwa logam emas, tidak hanya bisa menjadi putih karena nikel, melainkan palladium pun bisa.

Perpaduan keduanya bisa menjadi bahan yang bagus untuk membuat cincin. Di mana logam emas memiliki kelenturan sehingga mudah dibentuk, sementara logam palladium memiliki anti alergi yang bagus bagi calon pengantin yang alergi terhadap logam.

  • Nilai Jual Tinggi

Selain bisa dicampur dengan logam palladium, ternyata cincin emas putih terbukti lebih bermanfaat dibanding cincin kawin emas kuning. Ini terjadi lantaran cincin emas putih bisa dijadikan investasi jangka panjang. Cincin emas putih memiliki nilai tukar atau nilai jual yang lebih tinggi dibanding cincin emas kuning biasa.

Untuk harganya sendiri, tidak ada harga yang pasti mana yang lebih mahal antara emas putih atau emas kuning. Sebab, cincin emas putih sama saja dengan emas biasa, yang membedakan adalah keduanya hanyalah campuran yang menghasilkan warna berbeda dari kedua jenis emas tersebut.

Karena emas merupakan logam mulia yang lunak, maka tak jarang ditemukan emas murni 24 karat. Maka dari itulah emas perhiasan merupakan hasil perpaduan logam mulia dengan bahan lain, baik itu emas putih maupun emas kuning.

  • Cocok Dijadikan Warisan

Jika Anda ingin menjadikan emas putih sebagai investasi, lebih baik Anda berpikir ulang. Sebab, emas putih akan lebih cocok apabila Anda gunakan sebagai harta warisan untuk anak cucu. Namun jika tujuan Anda adalah investasi, yang mengharapkan bisa mendapatkan keuntungan lebih besar, maka cincin emas putih maupun emas kuning bukanlah jenis investasi yang tepat seperti harapan Anda.

Apabila Anda benar-benar ingin berinvestasi di emas, maka jawabannya adalah emas batangan. Sebab emas batangan ini merupakan logam mulia yang masih murni, tidak ada pencampuran bahan-bahan logam lainnya seperti yang terjadi pada emas perhiasan.

Emas batangan bisa Anda dapatkan dengan mudah. Salah satunya membeli di platform terpercaya dan dijamin. Selain membelinya langsung di PT Antam, kini Anda bisa juga lho membeli emas di Galeri24.

Galeri24 merupakan perusahaan retail Emas dan Perhiasan yang juga merupakan anak perusahaan PT Pegadaian Persero. Dengan puluhan outlet yang tersebar, Galeri 24 menyediakan Emas berbentuk Logam Mulia dari berbagai Vendor untuk keperluan investasi jangka panjang Anda.

Selain emas batangan, Galeri 24 juga menjual Perhiasan Emas berkualitas dengan desain trendy dan up to date, serta Batu Mulia seperti Berlian yang bersertifikat. Perlu diketahui, semua emas yang dijual oleh Pegadaian dan Galeri 24 berasal dari PT Aneka Tambang (Antam) yang merupakan produsen emas terbesar di Indonesia.