• Galeri24

Ini Alasan Emas Cocok Jadi Investasi Jangka Panjang

Di tengah ancaman resesi ekonomi seperti saat ini, setiap orang tentu harus sudah mulai mengantur finansialnya masing-masing. Tentu bagi mereka yang telah memiliki pemikiran soal investasi jangka panjang dan dimulai bertahun-tahun lalu, sekarang tak perlu terlalu bingung perihal keuangan selama pandemi Covid-19.


Karena bagaimanapun juga, wabah corona memang benar-benar menghantam perekonomian dunia. Daya beli yang lesu, membuat banyak orang kehilangan penghasilan dan juga pekerjaan. Orang-orang yang sudah memiliki investasi tentu akan lebih tahan menghadapi gejolak ekonomi. Hal ini sekali lagi membuktikan jika investasi sangatlah penting.


Bagi Anda yang justru baru memulai investasi di masa seperti ini, juga tidak masalah. Asalkan penghasilan setelah dipotong untuk investasi bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari, maka ini adalah waktunya yang tepat untuk berinvestasi. Termasuk dengan mulai memilah-milih, aset investasi mana yang tepat untuk masa depan.


Bukti Emas Jadi Pilihan Investasi Jangka Panjang

Pada dasarnya kalau aset investasi, tentu jumlahnya sangat beragam. Masing-masing dari aset investasi itu jelas memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Ada aset investasi konvensional seperti logam mulia, tabungan deposito berjangka hingga properti. Sementara aset investasi yang lebih berisiko seperti saham, reksadana dan obligasi.


Kunci paling utama jika ingin berinvestasi adalah pastikan aset yang dipilih sesuai dengan profil risiko Anda masing-masing. Namun kalau ingin memilih aset yang sudah terbukti stabil, rendah risiko dan untung, maka emas adalah jawabannya. Yap, logam mulia satu ini bahkan dianggap sebagai primadona investasi jangka panjang.


Bahkan tidak berlebihan kalau disebutkan jika emas adalah obyek investasi legendaris. Sebesar apapun seorang investor dan sebanyak apapun uang didapat, dia pasti memiliki emas sebagai salah satu instrumen investasi. Nah, biar Anda makin memilihnya, berikut adalah beberapa alasan kenapa emas layak jadi investasi jangka panjang favorit:


1. Tren Harga Meningkat

Berapakah harga emas 10 tahun lalu? 20 tahun lalu? Tentu lebih murah daripada saat ini. Bahkan tak jauh-jauh, harga emas setahun lalu, jauh lebih murah daripada sekarang. Hal ini membuktikan kalau emas memang memiliki harga yang stabil, serta cenderung meningkat seiring dengan waktu.


Harga yang semakin meningkat ini membuktikan kalau emas memiliki nilai yang sangat berharga jika menjadi aset investasi jangka panjang. Meskipun masih fluktuatif dan ada kemungkinan turun, harga emas tidaklah pernah anjlok drastis tapi mampu mempertahankan nilainya di level aman.


2. Tak Terpengaruh Gejolak Dunia

Alasan ini sudah jelas dan terbukti saat pandemi Covid-19 melanda. Di saat banyak instrumen investasi hancur seperti saham, reksadana atau obligasi, emas justru mampu bertahan dan bahkan ada di level tertinggi sepanjang sejarah. Yap, sejak Agustus 2020, emas seolah tak pernah tergelincir dari nilai Rp1 juta per gram.


Ketika Amerika Serikat dan China mengalami perang dagang, emas tetap fluktuatif di range yang cukup masuk akal. Sekalipun nanti wabah corona teratasi dan banyak orang memprediksi harga emas akan turun, tentu tak akan anjlok dan bikin Anda merugi besar.


3. Mudah Disimpan

Mau 30 tahun Anda menyimpan emas, logam mulia ini tetap awet. Karena memang emas tahan terhadap korosi dan oksidasi, sehingga membuatnya mudah disimpan. Bahkan kalau Anda merasa cemas menyimpan emas, sekarang banyak institusi keuangan menawarkan brankas untuk menyimpan emas-emas batangan dengan aman.


4. Mudah Dicairkan

Jika Anda berinvestasi pada deposito, saham, reksadana, obligasi hingga properti, tentu harus menanti waktu jatuh tempo atau laku agar bisa dicairkan jadi uang tunai. Hal demikian tidak berlaku untuk emas, karena logam mulia yang satu ini bisa dicairkan kapanpun. Anda tinggal membawa emas ke toko emas, maka bisa langsung memperoleh uang.


Hal inilah yang membuat emas tetap jadi pilihan utama banyak orangtua, karena ketika keluarga mereka butuh dana tunai mendesak, tinggal jual atau gadaikan saja emasnya.


5. Mengikuti Perkembangan Masa Kini

Nah, hal terakhir yang menjadi alasan kenapa emas sangat cocok menjadi investasi jangka panjang adalah tidak lekang oleh waktu. Emas bahkan mengikuti perkembangan zaman, dengan menawarkan banyak pilihan investasi. Salah satunya melalui Tabungan Emas, dimana Anda tak perlu langsung beli emas batangan satu gram.


Lewat Tabungan Emas, Anda bisa menyetorkan sejumlah uang yang kemudian dikonversikan ke harga realtime emas. Nantinya nominal gram emas itulah yang bakal tercatat ke dalam buku tabungan. Meskipun namanya Tabungan Emas, Anda juga bisa mencairkannya ke dalam bentuk uang tunai sesuai dengan besaran emas yang dimiliki.


Pilih Produk Emas yang Tepat Sebagai Investasi

Lewat penjelasan panjang lebar di atas, Anda tentu bisa dengan mudah menyimpulkan bahwa emas adalah instrumen investasi terbaik. Tak cuma dalam bentuk emas batangan murni 24K saja, Anda juga dapat menyimpan uang tunai dalam bentuk perhiasan emas. Hal inilah yang akhirnya membuat Galeri24 menawarkan aneka produk perhiasan emas kekinian.


Salah satunya yang kini begitu banyak digandrungi terutama kalangan muda adalah perhiasan seri Zodiac. Seperti namanya, Zodiac adalah rentetan cincin cantik yang terbuat dari emas rose gold, dan memiliki hiasan berdesain simbol Rasi Bintang alias zodiak kelahiran. Sehingga Anda bisa menentukan cincin Zodiac sesuai dengan identitas masing-masing.


Karena mengusung kesan eksklusif inilah, menjadikan perhiasan emas seri Zodiac sebagai salah satu bentuk investasi jangka panjang di kalangan perempuan muda. Selain terpesona dengan tampilan cincin emas rose gold 18K itu, cincin Zodiac juga bisa menjadi sumber investasi yang menjanjikan jika butuh dana tunai dalam waktu mendesak.

©2020 by Galeri 24. Proudly created by G24 IT Dev Team with ♥