Kabar Emas
9 Feb 2024

Ini Alasan Kenapa Pria Harus Pilih Cincin Tunangan Emas Putih

Bagikan
article-cover-images/9e0158c9ec88cdfca78a697593469f59

Momen pertunangan selalu identik dengan pemberian cincin dari pria kepada pasanganya. Namun, tidak jarang banyak pria justru bingung dalam memilih cincin. Jenis dan model cincin yang beragam terkadang membuat pria bimbang menentukan mana yang terbaik. Nah, tidak ada salahnya untuk para pria memilih cincin tunangan emas putih untuk disematkan di jari tunangan Anda, ya.


Cincin Tunangan Emas Putih

Emas merupakan bahan perhiasan yang paling sering digunakan jika dibandingkan bahan lainnya. Keindahan kilau dari emas itu sendiri adalah alasan utamanya. Tetapi, masih banyak orang berpikir kalau emas kuning itu merupakan emas murni, tidak seperti emas putih. Kenyataannya, baik emas putih maupun emas kuning, keduanya memiliki campuran emas murni dengan kandungan logam lainnya seperti tembaga dan seng atau yang biasa disebut alloy


Keunggulan Cincin Tunangan Emas Putih

Bagi para muda mudi, memilih cincin emas putih sebagai cincin tunangan menjadi tren ketimbang cincin emas kuning. Hal tersebut juga terlihat dari semakin banyaknya toko perhiasan yang lebih banyak memiliki koleksi cincin emas putih. Selain itu, cincin emas untuk tunangan ini juga terkesan lebih modern dibandingkan dengan cincin tunangan dari emas kuning. Cincin emas putih juga cocok dikenakan oleh segala lapisan usia. Mulai dari anak-anak, remaja, wanita muda, hingga ibu-ibu.


- Warna Netral

Kenapa cincin emas putih sangat pas untuk momen tunangan? Hal ini dipengaruhi tampilan yang tidak terlalu mencolok, sehingga tidak menimbulkan kesan norak khususnya bagi kaum muda. Bagi Anda yang tidak terlalu suka tampil mencolok, warna cincin emas putih cenderung lebih netral, sehingga membuat cincin emas putih untuk tunangan lebih cocok digabungkan dengan batu permata jenis apa pun.


- Harga yang Murah

Dari sisi harga, cincin emas putih dan emas kuning tidak terlalu ada perbedaan yang signifikan. Kendati begitu, memiliki perhiasan yang terbuat dari emas kuning biasanya memiliki harga jual yang lebih tinggi jika dibandingkan cincin emas putih.

Harga cincin emas putih untuk tunangan tentu saja harus dilihat dari berbagai faktor, seperti popularitas dan juga model cincin. Karena popularitasnya yang semakin tinggi saat ini, cincin emas putih untuk tunangan bisa memiliki harga beli yang lebih tinggi dibanding dengan cincin tunangan dari emas kuning dengan kadar dan berat yang sama.

Desain dan model cincin tentu juga akan mempengaruhi harga. Semakin kompleks model dan semakin eksklusif desain cincin maka harga cincin tunangan dari emas putih juga akan semakin tinggi. Untuk yang tidak terlalu suka tampil mencolok, warna putih cenderung lebih netral, sehingga membuat cincin tunangan dari emas putih lebih cocok digabungkan dengan batu permata jenis apa pun.


- Tahan Lama

Cincin emas putih yang mengandung campuran perak, palladium, atau rhodium yang merupakan logam kuat membuat karakteristik cincin emas putih cenderung lebih kuat dan tahan lama dibandingkan emas kuning.

Cincin emas putih juga tidak akan mudah tergores. Selain itu, kilau dan warna yang dihasilkan oleh cincin emas putih lebih halus dan elegan. Namun, cincin emas ini juga ada kekurangannya. Campuran logam rhodium membuat warna dan kilau pada cincin emas putih dapat memudar seiring berjalannya waktu, sehingga perlu dilapis ulang.

Kemudian untuk beberapa jenis cincin emas putih yang dicampur nikel dapat menyebabkan reaksi alergi kulit pada beberapa orang tertentu dengan kulit sensitif.


Selain rhodium, cincin emas putih ternyata juga memiliki kandungan palladium. Hal ini membuktikan bahwa logam emas, tidak hanya bisa menjadi putih karena nikel, melainkan palladium pun bisa.

Perpaduan keduanya bisa menjadi bahan yang bagus untuk membuat cincin. Di mana logam emas memiliki kelenturan sehingga mudah dibentuk, sementara logam palladium memiliki anti alergi yang bagus bagi calon pengantin yang alergi terhadap logam.


- Nilai Jual Tinggi

Selain bisa dicampur dengan logam palladium, ternyata cincin emas putih terbukti lebih bermanfaat dibanding cincin kawin emas kuning. Ini terjadi lantaran cincin emas putih bisa dijadikan investasi jangka panjang. Cincin emas putih memiliki nilai tukar atau nilai jual yang lebih tinggi dibanding cincin emas kuning biasa.

Untuk harganya sendiri, tidak ada harga yang pasti mana yang lebih mahal antara emas putih atau emas kuning. Sebab, cincin emas putih sama saja dengan emas biasa, yang membedakan adalah keduanya hanyalah campuran yang menghasilkan warna berbeda dari kedua jenis emas tersebut.

Karena emas merupakan logam mulia yang lunak, maka tak jarang ditemukan emas murni 24 karat. Maka dari itulah emas perhiasan merupakan hasil perpaduan logam mulia dengan bahan lain, baik itu emas putih maupun emas kuning.


- Bisa Diwariskan

Jika Anda ingin menjadikan emas putih sebagai investasi, lebih baik Anda berpikir ulang. Sebab, emas putih akan lebih cocok apabila Anda gunakan sebagai harta warisan untuk anak cucu. Namun jika tujuan Anda adalah investasi, yang mengharapkan bisa mendapatkan keuntungan lebih besar, maka cincin emas putih maupun emas kuning bukanlah jenis investasi yang tepat seperti harapan Anda.


Elegan dan Modern

Memilih cincin emas putih untuk pertunangan sudah tidak perlu diragukan lagi. Jika pasangan anda menyukai gaya yang elegan dan modern, model cincin emas putih adalah pilihan terbaik. Apalagi, cincin tunangan emas putih akan tampak jauh lebih bersina jika disematkan dengan batu berlian. Selain itu, campuran logam yang kokoh di dalam emas putih itu sendiri akan lebih membuat cincin tunangan emas putih jauh lebih kuat dan tahan lama dibandingkan cincin emas kuning. Oleh karenanya, cincin emas putih sangat direkomendasikan untuk acara pertunangan.