Ini Dia Faktor yang Mempengaruhi Naik Turunnya Harga Emas


Dibanding instrumen investasi lain seperti dollar atau saham, emas memang stabil. Jikapun pernah turun atau naik jumlahnya tidak pernah sangat signifikan. Akan tetapi, tetap saja hal ini memancing pertanyaan. Sebenarnya, faktor apa saja yang membuat harga emas bisa turun dan naik?

Pada kesempatan kali ini, mari kita simak faktor-faktor yang mempengaruhi naik dan turunnya harga emas.


Faktor yang Mempengaruhi Harga Emas #1: Suku Bunga Alias Kebijakan Moneter

Mata uang dollar Amerika memegang peranan amat penting atas harga emas. Hal ini karena dollar masih menjadi satuan acuan bagi ekonomi global. Ketika The Fed menaikkan suku bunga, harga emas akan melemah. Sebaliknya, ketika suku bunga turun, harga emas akan naik. Kok bisa?

Penjelasannya erat kaitannya dengan psikologi investor. Ketika suku bunga naik, hampir pasti orang-orang lebih memilih mencairkan uang mereka dalam rupa deposito yang memiliki kesempatan berbunga hingga berkali-kali lipat. Opsi untuk menyimpannya berupa batangan logam mulia jadi kurang menarik. Tapi ketika suku bunga sedang rendah, wajar jika para investor kembali memadatkan modal mereka dalam rupa emas.


Faktor yang Mempengaruhi Harga Emas #2: Inflasi

Inflasi terjadi ketika uang yang terbit di pasaran mengalami fluktuasi. Sebagai efeknya, harga barang-barang pun turut melonjak drastis. Pada kesempatan seperti ini, lazimnya orang-orang jadi kurang tertarik menyimpan harta mereka dalam bentuk dollar. Maka, mereka pun beralih menginvestasikannya dalam bentuk emas.

Nah, kenaikan minat secara besar-besaran inilah yang kemudian membuat emas semakin diburu. Dan sesuai dengan hukum ekonomi sederhana, semakin banyak permintaan (demand), semakin tinggi pula harga barang itu. Inilah alasan mengapa pada masa hiperinflasi orde baru dulu, generasi orang-orang tua banyak yang makin gencar memadatkan harta mereka dalam bentuk emas sebagai “lindung nilai”.

Dan keputusan itu tidak salah. Apalagi jika dihubungkan dengan sekarang. Pada masanya, emas 5 gram hanya dihargai Rp 25.000,00. Sekarang, nilainya melonjak hingga Rp 500.000,00. Inilah pentingnya berinvestasi sejak dini, dan membaca kondisi ekonomi zaman.


Faktor yang Mempengaruhi Harga Emas #3: Produksi Emas Dunia

Meski sekilas membeludak, faktanya emas yang termasuk logam mulia adalah salah satu jenis energi tak terbarukan (non-renewable source). Saking langkanya, bahkan ada teori yang mengatakan bahwa emas tidak benar-benar berasal dari bumi.

Penambangan masif, didukung dengan permintaan pasar, tak bisa dipungkiri akan membuat emas lama-kelamaan semakin langka. Dan bila sudah sampai di titik itu, nilai emas akan kian berharga. Sebab itulah, investasi emas akan menjadi tabungan yang amat tak ternilai harganya.


Faktor yang Mempengaruhi Harga Emas #4: Politik dan Isu-Isu Dunia

Percaturan politik nasional dan internasional erat kaitannya dengan harga emas. Ini karena pelaku usaha dan investor juga adalah manusia, yang terikat secara psikologis dengan keadaan sekitarnya. Ketika kondisi politik dirasa tidak aman, investor biasa memilih investasi yang stabil—yaitu emas.

Ilustrasinya bisa dilihat dari kondisi politik baru-baru ini di Eropa. Menyambut putusan British Exist—lebih akrab disebut Brexit—banyak investor yang menyadari bahwa nilai tukar poundsterling mereka dalam garis merah. Dan untuk menyelamatkan harta, mereka kalang-kabut membeli emas dalam jumlah banyak. Maka, wajar jika harga emas pada periode itu sempat naik agak tinggi.


Karena itu, Percayakan Emas Anda pada yang Pasti

Meski nilai emas bisa naik dan turun, jumlahnya tidak pernah drastis. Maka, investasi logam mulia tetap bisa jadi pertimbangan nomor satu Anda untuk menyambut hari tua yang sejahtera.

Agar semakin yakin, tidak ada salahnya mempercayakan emas Anda pada perusahaan yang paling tahu dan turun-temurun dipercaya. Galeri24 misalnya, adalah anak perusahaan langsung dari PT. Pegadaian yang ditunjuk untuk menangani jual-beli logam mulia tipe antam (aneka tambang) dan UBS. Outlet Galeri24 tersebar hingga 50 cabang di sepenjuru Indonesia.

Jika Anda lebih memilih internet transaction, Galeri24 juga bisa diakses di websitenya, Galeri24.co.id, yang selalu menawarkan katalog perhiasan paling cantik dan mutakhir untuk investasi maupun kebutuhan gaya Anda.

36 views

©2020 by Galeri 24. Proudly created by G24 IT Dev Team with ♥