• Galeri24

Ini Jenis Perhiasan yang Cocok Dipakai Muslimah Saat Hari Raya

Perhiasaan merupakan bagian terpenting bagi setiap wanita untuk menunjang penampilan. Tidak terkecuali, model perhiasan seperti kalung emas atau gelang emas. Aksesoris perhiasan ini biasa dikenakan oleh para muslimah (wanita muslim) saat perayaan momen keagamaan seperti Hari Raya Idul Fitri atau Hari Raya Idul Adha. Bagi setiap muslimah, memang diperbolehkan menggunakan perhiasan seperti emas atau perak. Hal ini sama sekali tidak dilarang atau menjadi perdebatan dikalangan para ulama.


Dalam Islam, telah diatur segalanya seperti cara berpakaian, cara mempercantik diri, cara berhias, termasuk didalamnya mengenai pemakaian perhiasaan untuk wanita muslim. Menggunakan perhiasan bagi wanita muslim diperbolehkan dalam rangka berusaha untuk mempercantik diri. Namun, di dalam aturan Islam, Allah SWT juga sangat melarang apabila menggunakan perhiasaan tersebut secara berlebihan.


Dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Adha yang sebentar lagi akan tiba, tidak ada salahnya bagi setiap muslimah mempersiapkan aksesoris perhiasaan yang ingin dipakai. Seperti halnya saat momen lebaran, Hari Raya Idul Adha atau yang disebut juga Hari Raya Kurban juga diperkenankan bersilaturahmi satu sama lain. Walaupun merayakannya di rumah saja, setiap muslimah boleh tetap tampil cantik dan menawan. Nah, berikut ada beberapa rekomendasi perhiasaan untuk para muslimah biar tetap terlihat indah dan anggun.


Jenis Kalung dan Gelang Emas


1. Kalung

Siapa wanita yang tak suka kalung? Aksesoris perhiasaan ini menjadi primadona bagi setiap wanita yang ingin terlihat feminim. Kalung sendiri merupakan perhiasaan yang dipakai pada bagian leher. Kalung umumnya dibuat dari logam mulia seperti emas, perak atau batu mulia. Aksesoris ini memiliki bentuk seperti rantai kecil berwarna emas atau abu-abu. Seiring perkembang zaman, kalung memiliki bentuk, ukuran dan motif tersendiri. Berikut ada beberapa model kalung yang mungkin cocok dipakai saat Hari Raya.


  • Kalung Collar

Collar merupakan jenis kalung yang memiliki ukuran panjang sekitar 35 cm. Model kalung ini bisa terlihat dengan ciri khas desain kalung yang bertumpuk. Kesan kalung akan terlihat sangat menempel erat di leher.Meski begitu, tak perlu khawatir karena kalung ini tidak akan membuat leher tercekik. Kesan manis justru akan terlihat dengan posisi kalung yang menggantung di leher.


  • Kalung Matinee

Matinee adalah jenis kalung dengan model menggantung pada bagian belahan dada. Selain itu, bentuknya juga tidak terlalu mencolok dan cukup terlihat santai saat digunakan. Dengan ukuran panjang sekitar 70 cm, kalung ini bisa menjadi aksesoris perhiasaan cantik untuk digunakan saat Hari Raya atau acara formal.


  • Kalung Opera

Kalung jenis opera merupakan salah satu model yang cocok digunakan buat muslimah. Kalung ini tergolong klasik dengan beragam variasi. Kalung opera memiliki ukuran panjang hingga 85 cm. Bentuk yang menjuntai panjang ke bawah sangat cocok dipadukan dengan busana muslimah.


  • Liontin

Liontin merupakan salah satu aksesoris perhiasaan yang sama-sama dipakai pada bagian leher seperti kalung. Liontin memiliki memiliki bermacam variasi seperti liontin nama, liontin bandul, atau liontin karakter. Aksesoris ini sangat tepat jika dipadukan dengan busana muslimah sehingga akan terpancar aura pesona berbeda.


2. Gelang

Gelang merupakan aksesoris yang biasa digunakan pada bagian pergelangan tangan. Bermacam jenis gelang banyak dijual terutama gelang emas yang ada di toko perhiasan. Sebagai pemanis tampilan, gelang emas memang jarang digunakan oleh kebanyakan wanita berusia muda. Namun, biasanya oleh para ibu rumah tangga atau sosialita, gelang menjadi simbol kewanitaan dalam penampilan mereka.


Untuk diketahui, ada beberapa jenis gelang emas dengan bermacam variasi bentuk. Berikut ini rekomendasi model gelang emas yang bisa dipakai oleh muslimah.



  • Gelang Emas Rantai

Gelang emas model rantai adalah salah satu gelang yang paling sering terlihat dan diminati. Ada banyak model untuk gelang model rantai ini, mulai dari rantai dikepang, rantai terkait, anyaman rantai, rantai kombinasi, hingga rantai box. Model gelang emas rantai sangat pas Anda gunakan saat lebaran nanti.

  • Gelang Emas Bangle

Gelang bangle atau sering disebut sebagai gelang kaku cukup trendy dan stylish bagi para muslimah yang ingin menggunakan saat lebaran. Gelang ini memiliki dua varietas yang berbeda yaitu tebal dan tipis. Selain itu, gelang ini juga memiliki dua model yakni tertutup semua melingkari pergelangan tangan atau berbentuk terbuka sebagian. Di Indonesia sendiri gelang bangle bracelet ini ini sendiri banyak sekali di pakai para masyarakat asli suku Madura pada pergelangan kaki dan tangan mereka.

  • Gelang Emas Charm Bracelet

Gelang emas charm bracelet adalah jenis gelang yang hampir serupa dengan gelang rantai. Perbedaannya, gelang ini memiliki bandul-bandul kecil yang digantung sepanjang rantai. Jenis gelang ini cukup unik dan pas dipakai oleh para muslimah.


Jadi, setiap muslimah boleh memakai perhiasan emas ataupun perak untuk mempercantik dirinya. Namun, perlu diingat supaya jangan berlebihan dalam memakai perhiasaan emas. Gunakan perhiasan sewajarnya, agar niat kebaikan untuk menghias diri tidak mengundang perasaan negatif, apalagi jika menimbulkan aksi kriminalitas yang bisa merugikan Anda.


35 views

©2020 by Galeri 24. Proudly created by G24 IT Dev Team with ♥