• Galeri24

Ini Kelebihan Emas Muda yang Wajib Anda Tahu

Beberapa tahun belakangan, produk emas muda mulai digandrungi oleh wanita. Tidak terkecuali, ibu-ibu yang hobi mengoleksi perhiasan emas dan memulai memburu emas mudah untuk disimpan. Emas muda sendiri memang kelebihan terutama dari sisi harga jika dibandingkan emas tua. Lalu, seperti apa sih emas muda itu? Simak penjelasan berikut ini.


Produk emas muda semakin dipertimbangkan untuk dijadikan investasi. Walaupun namanya ‘muda’ tetapi jangan ragukan kelebihannya. Emas muda justru tidak kalah bersaing pamornya dengan emas tua. Berikut ini ada beberapa kelebihan emas muda yang perlu Anda tahu.


1. Karat

Emas muda memiliki perbedaan dengan emas tua. Satu diantaranya yang paling umumnya dibicarakan adalah kadar karat. Kelompok perhiasan emas muda disebut memiliki kadar karat yang lebih rendah dibandingkan kadar karat pada emas tua.


Di dunia perhiasan internasional, emas sendiri lebih dikenal berdasarkan karatnya, mulai dari 10 karat, 14 karat, 18 karat, hingga paling mahal 24 karat. Selain itu, jika Anda mencari kata emas muda atau ‘young gold’ dalam bahasa inggris pun tidak akan ditemukan. Oleh karenanya, emas muda cenderung dipasarkan dalam kadar minimal 10 karat.


2. Harga

Soal harga, menjadi kelebihan sendiri bagi emas muda. Harga emas muda terbilang lebih murah dibandingkan emas tua. Pasalnya, dalam dunia emas persentase campuran emas masih menjadi patokan harga. Hal itulah yang menyebabkan harga emas muda lebih murah, meskipun aspek lain seperti kualitas emas itu sendiri juga mesti diperhatikan.


Harga emas muda bisa berubah mahal, apabila emas yang Anda beli berkualitas tinggi dan memiliki sertifikat. Bagi pemula, emas muda bisa menjadi alternatif perhiasan emas yang patut dicoba. Sebab, Anda tidak akan merogoh kocek terlalu dalam untuk sekedar mendapatkan sekeping perhiasan emas.


3. Warna

Kelebihan emas muda lain adalah dari sisi warna. Bagi Anda yang menginginkan cincin nikah atau cincin tunangan dengan warna lain seperti rose gold atau emas putih, maka emas muda adalah pilihan yang tepat. Seperti diketahui, campuran yang digunakan mempengaruhi warna-warna yang dihasilkan pada perhiasan emas. Perhiasan emas sendiri biasanya dikombinasikan dengan campuran bahan lain seperti nikel, palladium, dan sebagainya.


Emas muda dengan kadar kombinasi bahan campuran lebih tinggi, biasanya cenderung akan memperlihatkan warna-warna dari logam yang digunakan untuk campuran. Hal inilah yang mendasari emas muda lebih disarankan sebagai dasar pembuatan untuk yang menginginkan cincin dengan dua atau tiga warna.


4. Tahan Banting

Kelebihan emas muda saat dicampurkan dengan logam lain yang lebih banyak, akan lebih tahan lama dan awet. Hal ini lebih baik jika dibandingkan dengan emas tua atau emas 24 karat. Sebagai informasi, emas murni justru memiliki tekstur lembek. Oleh karenanya, jika ingin membeli cincin nikah, disarankan membeli emas dengan karat lebih rendah. Emas muda akan lebih keras karena kadar karatnya yang rendah dan cocok dipakai dalam aktivitas sehari-hari.


5. Investasi Masa Depan

Sejak zaman dulu hingga sekarang, emas memang menjadi pilihan investasi terbaik. Harga emas baik muda maupun tua relatif stabil bahkan cenderung selalu naik. Itulah mengapa emas paling diburu oleh banyak orang, apalagi di masa pandemi Covid-19 ini. Harga emas tahun ini bahkan telah menyentuh level Rp1 juta per gram. Bagi pemula, sebelum Anda berinvestasi pada produk emas, sebaiknya pahami berbagai hal yang akan membuat investasi Anda menguntungkan.


Tips Investasi Emas Muda

Ketika Anda tahu apa itu emas muda dan kelebihannya, maka perhatikan dengan baik tujuan Anda berinvestasi emas. Emas memang mudah didapat sekaligus memiliki nilai jual tinggi, tetapi bila di awal Anda keliru memahami investasi ini, maka kerugian justru yang akan didapat. Berikut ini ada beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan sebelum memulai investasi emas.


1. Tentukan Tujuan Investasi

Apa tujuan Anda berinvestasi emas? Ingin mendapat keuntungan cepat atau sebagai investasi jangka panjang? Maka sebaiknya, Anda lebih dulu menentukan tujuan awal dari rencana investasi ini. Perlu diketahui, bahwa investasi emas adalah investasi jangka panjang. Keuntungannya baru bisa dirasakan selama waktu 5 tahun ke atas. Oleh karena itu, sebaiknya pikirkan tujuan investasi ini agar apa yang sudah diinvestasikan tidak sia-sia.


2. Pantau Selalu Harga Emas

Cara mudah dan menguntungkan berinvestasi emas adalah selalu memantau pergerakan harga emas di pasaran. Anda bisa mempelajari pergerakan emas sebagaimana tren kenaikan atau penurunan harga. Misalnya, harga emas hari ini berkisar Rp 900.000, maka lihat grafik harga di hari-hari sebelumnya. Jika terus mengalami kenaikan harga, tidak ada salah kalau Anda membeli emas saat itu juga. Berinvestasi emas yang menguntungkan adalah mampu membeli emas di saat harga murah dan menjualnya ketika harga tinggi. Hal ini hanya sebagai pengetahuan untuk menentukan waktu terbaik kapan harus membeli emas.


3. Pandai Melihat Peluang Waktu

Inilah bagian penting dalam berinvestasi emas. Memperhatikan waktu atau timing akan menentukan kesuksesan dalam berinvestasi emas. Timing yang tepat, dapat membawa keberuntungan Anda berinvestasi pada produk ini. Sama seperti investasi valuta asing, Anda bisa membeli emas di saat harganya sedang turun drastis. Kemudian, bisa dijual lagi saat harga emas melonjak. Hal ini merupakan trik lumran dalam mencari keuntungan dari investasi emas.


Sebelum menjual emas, ada baiknya mencari lebih dahulu informasi mengenai harga emas melalui internet, media massa, atau situs resmi penjualan emas. Jangan lupa membaca analisis mengenai pergerakan harga emas, karena bisa membantu Anda dalam memproyeksikan investasi emas ke depan.


Beli Emas di Galeri24

Melalui Galeri 24, masyarakat bisa melakukan pembelian dan penjualan berbagai jenis emas. Galeri 24 adalah perusahaan retail Emas dan Perhiasan yang juga merupakan anak perusahaan PT Pegadaian Persero. Dengan puluhan outlet yang tersebar, Galeri 24 menyediakan Emas berbentuk Logam Mulia dari berbagai Vendor untuk keperluan investasi jangka panjang Anda.


Selain itu, Galeri 24 juga menjual Perhiasan Emas berkualitas dengan desain trendy dan up to date, serta Batu Mulia seperti Berlian yang bersertifikat. Perlu diketahui, semua emas yang dijual oleh Pegadaian dan Galeri 24 berasal dari PT Aneka Tambang (Antam) yang merupakan produsen emas terbesar di Indonesia. Selain itu, Anda juga bisa mendapat keuntungan saat menjual emas di Pegadaian.


Harga emas yang dibeli kembali di Pegadaian lebih tinggi sedikit dibanding yang ditawarkan oleh PT Antam. Oleh karenanya, jual beli emas lewat Pegadaian sangat direkomendasikan bagi Anda yang mau mulai berinvestasi emas.

Kelebihan emas muda

58 views0 comments

©2020 by Galeri 24. Proudly created by G24 IT Dev Team with ♥