• Galeri24

Ini Rahasia Harga Berlian 18 Karat Bisa Mahal

Sama seperti emas, berlian sudah sejak dulu menjadi simbol kekayaan. Namun jika dibandingkan dengan emas, berlian memiliki harga lebih mahal. Kenapa? Karena proses perubahan alami dan penambangan berlian yang sangat sulit. Hal inilah yang membuat harga berlian 18 karat tentu berbeda dengan emas 18 karat (emas 18K), yang populer digunakan sebagai perhiasan.


Terbentuk dari unsur karbon yang mengalami tekanan luar biasa besar dalam suhu panas di perut bumi, berlian akhirnya menjadi batu terkuat di dunia yang memang tak mudah tergores, rusak dan terbelah. Batu berlian yang masih kasar dan belum diolah ini kerap disebut sebagai intan.


Beda Emas 18K dengan Berlian 18 Karat


Kalau menurut Anda selama ini harga berlian 18 karat sama dengan emas 18K, maka itu adalah sebuah kekeliruan. Supaya tidak salah kaprah, sebaiknya kita pelajari terlebih dulu mengenai perbedaan karat berlian dengan si logam mulia, emas.


Perhitungan Karat Emas


Untuk bisa menilai seberapa murni kandungan logam emas (Au), perhitungan yang digunakan adalah karat. Emas 24 karat (emas 24K) memiliki kandungan emas murni, tanpa adanya campuran logam lain dan hanya bisa ditemukan dalam bentuk batangan. Di bawah emas 24K, ada emas 22K dengan kandungan emas 91,6% yang digunakan dalam perhiasan emas kualitas bagus.


Emas 22K biasanya terlihat pada warna kuning yang mengkilap dan kebanyakan dicampur dengan perak atau tembaga. Sementara untuk jenis terpopuler yang digunakan dalam perhiasan adalah emas 18K dengan kadar emas 75%. Rose Gold dan Pink Gold termasuk emas 18K. Banyak perhiasan menggunakan emas 18K karena dianggap cukup kuat saat dipasangkan dengan berlian.


Lantaran kadar emas berbeda, emas 24K jelas lebih mahal daripada emas 18K. Dari informasi terakhir, emas 18K dijual di kisaran Rp650 ribuan per gram. Sementara untuk emas murni 24K, sekitar Rp900 ribuan per gram.


Perhitungan Karat Berlian


Berbeda dengan emas, karat pada berlian digunakan sebagai satuan berat standar internasional. Dalam satuan metrik, satu karat sama dengan 0,2 gram. Satu karat juga senilai 100 poin yang berguna dalam menghitung berat berlian jadi makin presisi. Semakin naik karat dari batu berlian itu, maka harganya juga bakal meningkat secara eksponensial.

Lantas apakah ini artinya semakin besar karat sebuah batu berlian maka harganya semakin tinggi? Mungkin saja. Karena ada empat faktor lain yang mempengaruhi harga batu berlian yakni 4C (Color, Clarity, Cutting, Carat).


Hal-Hal yang Mempengaruhi Harga Berlian


Dalam buku Mahardi Paramita berjudul Pedoman Lengkap Cara Menilai Berlian, ada empat tipe batu berlian. Keempat tipe itu adalah IA (mengandung unsur nitrogen, berwarna semu), IB (mengandung satu unsur nitrogen, berwarna kuning terang), IIA (bebas dari unsur nitrogen, berwarna putih/coklat), IIB (mengandung unsur boron dan sangat langka, berwarna biru).

Supaya bisa mengetahui berapa sih harga berlian 18 karat, Anda harus memahami betul penjelasan 4C yang mempengaruhi harga berlian itu sendiri. Berikut penjelasan lengkapnya:

  1. Color (Warna)

Menurut AGL (Adamas Gemological Laboratory of Indonesia) yang menjadi lembaga sertifikasi berlian di Tanah Air, semakin bening suatu berlian, maka nilainya makin tinggi pula. Karena itulah makin besar skala warna berlian, harganya juga makin rendah. Dalam standar internasional, warna berlian terbaik dimulai dari huruf D (bening/transparan) hingga Z (kuning terang).


1. Clarity (Kejernihan)

Kejernihan diukur berdasarkan pertimbangan jumlah mineral, lokasi, ukuran, warna dan jenis mineral pencemar dalam berlian. Semakin jernih berlian, maka harganya semakin tinggi. Berdasarkan skala GIA (The Gemological Institute of America), ada enam tingkatan kejernihan berlian yakni Flawless (tanpa noda), Internal Flawless, VVS1, VVS2, VS1 dan VS2.


2. Cutting (Pemotongan)

Semakin sempurna pemotongan batu berlian, maka akan mempengaruhi pantulan sinar dan harganya. Anda bisa melihat batu berlian dari atas sehingga melihat pola pantulan sinarnya. GIA menetapkan empat skala pemotongan batu berlian yakni fair, good, very good, ideal dan signature ideal. Berlian yang dipotong terlalu dalam akan kehilangan cahaya pantul.


3. Carat (Karat)

Seperti yang sudah disinggung di atas, berlian dijual berdasarkan berat alih-alih volume. Satu karat berlian sama dengan 0,2 gram atau 200 mg.


Sehingga untuk mengetahui berapa harga berlian 18 karat, Anda haruslah tahu kualitas 4C yang dimiliki. Karena sekalipun berlian itu berukuran 18 karat tapi kualitas 4C rendah, maka bisa saja harganya lebih murah daripada berlian 1 karat yang memiliki tingkatan 4C tinggi. Untuk itulah agar memperoleh batu berlian terbaik, pastikan sertifikat keaslian terlebih dulu.


Batu Berlian Terbesar yang Pernah Ditemukan


Melalui penjelasan di atas, bisa disimpulkan kalau harga berlian 18 karat yang memiliki kualitas 4C tertinggi tentu akan luar biasa mahal. Dari informasi yang dilansir naturallycolored, berlian berkualitas dijual mulai harga US$1.100-US$8.430 (sekitar Rp15,9-Rp122 juta) per karat. Sehingga kalau Anda membeli 0.5 karat saja, harus mempersiapkan uang mulai Rp7,9 jutaan.


Hingga sejauh ini, batu berlian terbesar yang pernah ditemukan oleh manusia di Bumi adalah berlian Cullinan. Mempunyai bobot 3.106,75 karat, berlian ini ditemukan seorang pengawas tambang di Afrika Selatan pada tahun 1905. Lalu berlian luar biasa besar itu diberi nama sama dengan sang pemilik tambang, Sir Thomas Cullinan. Berlian Cullinan diberikan kepada Raja Inggris, Edward VII.


Dari penjelasan di atas kita bisa mengerti bahwa harga berlian 18 karat tidak bisa diprediksi mentah-mentah karena harus mempertimbangkan kualitas 4C. Untuk itu, jika ada yang menawarkan berlian 18 karat seharga emas 18K, maka Anda haruslah waspada. Karena si berlian keras ini, memiliki standar tersendiri untuk menghitung nilainya.

719 views

©2020 by Galeri 24. Proudly created by G24 IT Dev Team with ♥