• Galeri24

Ini Sejarah Emas Antam yang Wajib Anda Tahu

Apa yang terlintas dipikiran Anda bila mendengar kata Antam? Yup, sudah pasti emas. Untuk sebagian besar masyarakat Indonesia mungkin sudah tidak asing lagi dengan nama Antam. Sebagai perusahaan BUMN yang memproduksi emas batangan terbesar di Indonesia, Antam sangatlah populer di antara para investor emas. Tapi, tahukah Anda asal usul emas Antam itu sendiri? Mari simak penjelasannya berikut ini.


Sejarah Emas Antam

Logam mulia Antam didirikan pertama kali oleh seseorang bernama RT Braakensiek pada tahun 1930. Saat itu, RT Braakensiek yang merupakan seorang pedagang emas belum memiliki lokasi tetap untuk menjajakan produk emasnya. Alhasil, RT kemudian sering berpindah-pindah tempat usaha.


Singkat cerita, RT Braakensiek menemukan lokasi tetap di Jl. Gajah Mada no.84, Jakarta Pusat pada tahun 1937. Dia pun kemudian berjualan emas di lokasi tersebut. Dengan kegigihannya, RT Braakensiek juga menjalankan proses pemurnian emas dan mengolah hasil tambang yang ia dapat dari Cikotok dan Bengkul.


Sebagai perusahaan yang bergerak dibidang penjualan emas, RT Braakensiek membutuhkan legalitas atas semua kegiatan usahanya. Baru pada tahun 1949, perusahaannya disahkan dan diberi nama NV Essaieur en Affinage Bedrijf v/h RT Braakensiek. Beberapa tahun kemudian, perusahaannya berganti nama menjadi PT Logam Mulia atau Logam Mulia Ltd ketika diambil alih oleh Bank Industri Negara.


Seiring perjalanan waktu, nama perusahaan terus berganti hingga akhirnya PT Logam Mulia menjadi Unit Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia di bawah unit produksi PT Aneka Tambang. Sampai kemudian di tahun 1979, Antam berkantor di daerah Pulo Gadung, Jakarta Timur.


Emas Batangan

Sejarah emas Antam cukup panjang sebagai produsen emas batangan. Namun, saat ini emas bermerek Logam Mulia yang diproduksi oleh PT. Aneka Tambang lah yang paling populer di mata masyarakat. Dengan kadar emas 99,99 persen, emas batangan yang Anda beli juga mendapatkan sertifikat yang dibubuhi nomor seri, sesuai dengan nomor seri yang terukir pada emas batangan sebagai tanda bukti keaslian. Berbeda dengan emas perhiasan, emas batangan lebih mudah dijual kembali.


Beberapa jenis Emas batangan yang umum dijual di toko emas di Indonesia:

· Emas Antam atau Emas LM (Logam Mulia), Emas ini bersertifikat dari PT Aneka Tambang, harga emas batangan Antam / LM ini lebih mahal dari emas batangan lainnya karena bersertifikat. Emas jenis ini juga terdapat cap LM pada batangnya, dan tersedia dalam ukuran gram hingga kilo.


· Emas London, yaitu emas batangan dari luar negeri, dan pecahan umumnya adalah per 1 kg. Ciri emas london ini terdapat cap perusahaan pada batangnya.


· Emas Lokal, yaitu emas batangan yang tidak terdapat cap perusahaan ataupun sertifikat, dan biasanya ada yang bentuknya lonjong sedikit penyok. Emas Lokal tersedia dalam ukuran gram hingga kilo.


Cara Beli Emas Antam untuk Pemula

Kini tahun semakin berlalu, posisi Antam sebagai pemasok utama emas dalam negeri tidak terelakkan lagi. Bahkan di masa pandemi Covid-19 saat harga emas melambung hingga Rp1 juta per gram, produksi emas Antam makin melonjak. Tingginya permintaan ini memang diikuti oleh banyaknya kebutuhan informasi cara beli emas Antam.


Karena rupanya masih banyak masyarakat yang belum paham bagaimana sih cara beli emas Antam secara tepat. Termasuk yang demikian? Maka ulasan berikut ini akan sangat layak untuk dipelajari:


1. Beli di Situs Resmi Logam Mulia

Sekadar informasi, Logam Mulia (LM) adalah sebuah perusahaan berbasis industri logam mulia yang memang jadi salah satu unit produksi PT Antam. Karena itulah cara beli emas Antam yang paling aman memang dilakukan melalui LM. Memahami bahwa saat ini kehidupan sudah serba online, LM menyediakan pilihan pembelian di website.


Anda tinggal berkunjung ke website resmi LM lalu membuat akun dan mengisi data diri. Jangan lupa pilih “Ubah Lokasi” untuk menyesuaikan dengan domisili Anda. Kemudian langsung pilih “Beli Emas” dan tentukan apa yang Anda mau, jika sudah lanjukan ke “Tambahkan ke Keranjang”.


Agar proses transaksi bisa berlangsung, klik “Check Out Now”. Agar mudah, pilih saja metode pembayaran transfer bank memakai nomor VA (Virtual Account). Anda wajib memilih “Saya Menyetujui Syarat dan Ketentuan Logam Mulia” lalu “Bayar Sekarang” untuk menyelesaikan proses transaksi, yang batas maksimalnya 45 menit.


Jika pembayaran sudah selesai, Anda akan memperoleh konfirmasi. LM akan mengirimkan produk emas dari Antam yang sudah Anda pesan ke alamat Anda, dalam waktu 3-5 hari kerja.


2. Beli di Butik Logam Mulia

Cara beli emas Antam berikutnya adalah dengan berkunjung ke Butik Emas LM. Beberapa kota besar di Indonesia yang sudah terdapat Butik Emas LM adalah Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, Bali, Makassar, Palembang, Balikpapan, Banjarmasin, Medan dan Bandung. Dengan membeli di Butik Emas LM, keasliannya tentu sudah pasti terjamin.


Yap, Antam memang hanya menyediakan emas batangan murni 24K dengan harga terbaik di website serta outlet resmi Butik Emas LM. Seperti layaknya belanja di toko emas, Anda akan dilayani oleh karyawan Butik Emas LM, memilih barang, melakukan pembayaran dan membawa pulang emas idaman.


Jika malas mengantri, Anda bisa melakukan pemesanan terlebih dulu ke WhatsApp Butik Emas LM terdekat. Nanti petugas admin akan meminta Anda mengisi data diri lengkap, memilih produk dan melakukan pembayaran. Setelah itu Anda tinggal mengambil emas ke Butik Emas LM dengan jangka waktu maksimal tujuh hari.


3. Beli di Pegadaian

Selain melalui website resmi LM dan outlet resmi Butik Emas LM, emas Antam juga bisa dibeli di Pegadaian. Sebagai BUMN sektor keuangan dengan bisnis emas, Pegadaian juga menyediakan emas-emas batangan murni yang asli produksi Antam. Anda bisa datang langsung ke Pegadaian terdekat dan bertemu petugas.


Bahkan jika modal Anda cukup pas-pasan, bisa membuka rekening Tabungan Emas di Pegadaian. Lewat Tabungan Emas, Anda tinggal menyetorkan sejumlah uang tunai yang akan dikonversikan langsung ke harga emas realtime. Ingin beli perhiasan emas saja? Tenang saja, Pegadaian juga menawarkan Galeri24.


Beli Emas Antam di Galeri24

Galeri24 adalah anak perusahaan Pegadaian yang memang bergerak di bidang jual-beli emas dan perhiasan. Emas-emas batangan murni 24K di Galeri24 tidak hanya dari Antam, tapi juga dihasilkan oleh UBS dan Lotus Archi. Meskipun begitu, sejumlah emas batangan Antam memang menjadi primadona.


Untuk cara beli emas Antam di Galeri24 juga tak sulit. Anda tinggal berkunjung ke website resmi dan memilih produk emas yang diinginkan. Galeri24 menyediakan pilihan emas batangan murni dari Antam mulai dari ukuran 3 gram, 5 gram, 10 gram, 25 gram dan 100 gram.


Harga yang ditawarkan adalah Rp3,033 juta (3 gram), Rp5,026 juta (5 gram), Rp9,98 juta (10 gram), Rp24,8 juta (25 gram) dan Rp99,5 juta (100 gram). Pastikan Anda memilih produk emas batangan yang sesuai dengan budget, baru kemudian lakukan pembayaran. Tak perlu cemas dengan keabsahan, karena Galeri24 menyediakan sertifikat resmi.


Bagaimana? Rupanya tidak sulit bukan dalam mempelajari tata cara beli emas Antam? Dengan begitu Anda bisa memilih salah satu di antaranya untuk kebutuhan investasi.


18 views0 comments

©2021 by Galeri 24. Proudly created by G24 IT Dev Team with ♥