• Galeri24

Inilah Daftar Berlian Termahal di Dunia, Tertarik Beli?

Sudah menjadi rahasia umum kalau berlian adalah simbol kekayaan yang membuatnya banyak dipilih sebagai bahan baku perhiasan. Bahkan sekalipun berlian tidak termasuk logam mulia, harga jual perhiasan berlian bahkan lebih mahal daripada emas. Apalagi kalau Anda melihat daftar harga berlian termahal di dunia, tentu bakal makin takjub.

Karena proses perubahan alami dan tata cara penambangan berlian yang luar biasa sulit, harga berlian murni sudah pasti jauh lebih tinggi dibandingkan emas. Berlian sendiri terbentuk dari unsur karbon yang mengalami tekanan luar biasa dalam suhu sangat panas, sehingga tidak mudah tergores atau rusak. Tidak seperti emas yang harga dipengaruhi karat, perhitungan berlian cukup berbeda.

Di mana biasanya harga berlian dipengaruhi oleh warna, hasil potong, kualitas polesan, serta asal tambang. Namun beberapa harga berlian juga sampai begitu melambung karena nama brand, hingga informasi pemilik terakhirnya sebelum diperdagangkan. Hal-hal itulah yang terdapat pada daftar berlian termahal di dunia berikut ini, seperti dilansir WPDiamonds per Januari 2020:


1. The Moussaieff Red Diamond

Dibanderol dengan harga mencapai US$8 juta (sekitar Rp117 miliar), berlian merah Moussaieff ini ditemukan di Brasil pada tahun 1990-an. Sebelumnya bernama Red Shield, berlian merah Moussaieff ini adalah berlian berwarna merah alami mewah terbesar yang pernah dinilai oleh GIA (Gemological Institute of America).

Berlian merah Moussaieff ini mempunyai potongan tajam berbentuk segitiga dengan berat 5,11 karat sehingga membuatnya memperoleh nilai IF. Batu yang menjadi satu dari delapan berlian terpopuler di dunia ini pernah dipamerkan di Smithsonian pada tahun 2003 dan 2005.


2. The Heart of Eternity

Dibanderol dengan harga sampai US$16 juta (sekitar Rp234 miliar), The Heart of Eternity adalah berlian 27,64 karat dengan warna vivid blue yang begitu cantik. Berlian karya Steinmetz Group yang dibeli De Beers Group ini dibuat dari berlian mentah 777 karat, yang juga digunakan dalam pembuatan Millenium Star. Apa yang membuat The Heart of Eternity masuk dalam daftar berlian termahal di dunia? Karena warna shade biru yang sempurna.

Bahkan kilau biru The Heart of Eternity itu tidak memiliki undertone warna hitam atau abu-abu yang biasanya ditemukan pada kebanyakan berlian.


3. The Perfect Pink

Seperti namanya, The Perfect Pink memiliki kilau warna pink sempurna yang membuat berlian dengan nilai 14,23 karat ini begitu memikat banyak orang. Bahkan sekalipun dijual dengan harga US$23,2 juta (sekitar Rp340 miliar), The Perfect Pink tetap jadi buruan orang-orang kaya.

Apalagi jika dibandingkan dengan berlian-berlian berwarna pink yang pernah ditemukan, nilai karat The Perfect Pink ada di posisi tertinggi. Kesempurnaan warna pink pada berlian ini bahkan tidak ’dirusak’ oleh pendar abu-abu, oranye atau ungu yang kerap ditemukan pada berlian lainnya. Tak heran kalau tingkat kejernihan The Perfect Pink ada di level VVS2 (Very Very Slightly Included).


4. The Wittelsbach Diamond

Nama berlian Wittelsbach jelas tidak mungkin luput dari daftar berlian termahal di dunia. Satu-satunya berlian Indian dengan warna biru ini bahkan dibanderol dengan harga US$23,4 juta (sekitar Rp343 miliar). Mempunyai nama asli Der Blaue Wittelsbacher, berlianini memiliki berat 35,56 karat dengan grade VS2.


5. The Winston Blue

Seperti namanya, The Winston Blue adalah berlian berwarna biru yang masuk dalam jajaran berlian dengan harga paling fantastis di dunia. Berlian seberat 13,22 karat ini dipatok seharga US$23,8 juta (sekitar Rp349 miliar). Memiliki tampilan bak tetesan air, The Winston Blue mempunyai tipe IIb. Berlian ini awalnya bernama Fancy Vivid Blue sebelum akhirnya berubah nama setelah dibeli Harry Winston pada tahun 2014.


6. The Pink Star

Ditambang di Afrika Selatan pada tahun 1999, berlian yang sempat dikenal dengan nama Steinmetz Pink ini adalah berlian terbesar dengan peringkat warna fancy vivid pink. The Pink Star yang berbentuk oval tanpa cacat internal ini memiliki berat 59,6 karat dan dibeli harga US$71,2 juta (sekitar Rp1,044 triliun) oleh Chow Tai Fook Enterprises pada April 2017.


7. De Beers Centenary Diamond

Dengan harga US$100 juta (sekitar Rp1,46 triliun), De Beers Centenary tak dipungkiri lagi bisa masuk dalam daftar berlian termahal di dunia. Apalagi berlian seberat 273,85 karat ini berasal dari berlian mentah sebesar 599 karat yang membutuhkan waktu selama 154 hari untuk proses pemotongan ulang. Kendati harus kehilangan berat karat, tingkat warna De Beers Centenary mencapai D dengan tingkat kejernihan tanpa cela.


8. The Hope Diamond

Berlian berwarna biru ini diyakini ditemukan di India pada tahun 1600. Berlian dengan nilai 45,52 karat ini sudah berganti pemilik sebanyak 22 kali, sebelum akhirnya pada 1958 silam, menetap di Museum Smithsonian. Kendati disebut sebagai berlian terkutuk, The Hope justru mempunyai harga sekitar US$200-250 juta (sekitar Rp2,9-3,6 triliun)!


9. The Cullinan

Dengan harga total menembus US$2 miliar, Cullinan tak bisa dipungkiri lagi ada dalam posisi puncak daftar berlian termahal di dunia yang pernah ditemukan. Cullinan sendiri merupakan berlian kasar terbesar yang berat keseluruhannya mencapai lebih dari 3.106,75 karat! Seperti namanya, berlian ini ditemukan di kawasan Cullinan, Afrika Selatan pada tahun 1905.

Berlian yang disebut-sebut punya potongan terapi ini menghasilkan sembilan berlian lainnya yang menjadi bagian dari mahkota Raja/Ratu Inggris. Potongan Cullinan terbesar adalah Cullinan I seberat 530,2 karat.

Wah, cukup mencengangkan bukan harga-harga berlian termahal yang pernah ditemukan di dunia? Dengan sejarah, tampilan kejernihan dan warna yang unik, berlian-berlian itupun diburu sekalipun harganya sangat fantastis.

15 views

©2020 by Galeri 24. Proudly created by G24 IT Dev Team with ♥