• Galeri24

Inilah Informasi Harga Cincin Palladium di Pasaran

Selama ini kalau membicarakan soal perhiasan, tentu identik dengan emas atau perak. Yap, lebih-lebih emas, memang logam mulia yang satu itu adalah perlambang kecantikan sekaligus kemewahan yang membuat harga emas makin melambung. Ingin membeli cincin yang lebih terjangkau daripada emas? Maka Anda bisa mempertimbangkan informasi harga cincin palladium.


Mungkin Anda bertanya-tanya, apakah menarik menjadikan palladium sebagai bahan baku perhiasan? Jawabannya adalah menarik dan menjanjikan. Karena logam yang dianggap langka ini memiliki warna putih berkilau keperakan yang membuatnya sangat mewah ketika dijadikan bahan baku perhiasan. Dengan tampilan fisik mirip platinum, palladium mempunyai sejumlah keunggulan.


Kekurangan dan Kelebihan Cincin Palladium

Sebelum mengetahui seberapa sih harga cincin palladium yang katanya lebih terjangkau dari emas tapi punya tampilan istimewa, maka ada baiknya Anda mencari dulu informasi mengenai logam yang ditemukan pada tahun 1803 oleh William Hyde Wollaston ini.


Kelebihan Cincin Palladium

Dari penjelasan sebelumnya, Anda tahu bahwa palladium mempunyai warna putih dengan kilau keperakan. Rupanya warna alami ini menjadikan cincin berbahan palladium bakal tampak awet dan selalu cantik. Cincin palladium tidak seperti perak yang harus dibersihkan karena menghitam. Jika warnanya memang jadi pudar. Anda tinggal merendam cincin palladium dengan air hangat.


Untuk kebutuhan pembersihan pun, cincin palladium tidaklah ribet lantaran tinggal menggunakan handuk lembut dan air hangat saja, cincin palladium Anda bisa kembali mengkilap. Tak hanya indah dipandang dan mudah dibersihkan saja, cincin palladium juga cukup ringan dan tentunya terjangkau, sehingga siapapun bisa memilikinya.

Yang cukup menyenangkan, Anda tak perlu cemas bakal mengalami alergi karena perhiasan palladium memiliki sifat hypoallergenic. Hal inilah yang menjadikan cincin palladium bisa digunakan oleh mereka yang berkulit sensitif. Dengan fakta bahwa cincin palladium ini mampu tahan 15% lebih tinggi daripada cincin emas padahal harga cincin palladium lebih terjangkau, tentu sangat menguntungkan.


Kekurangan Cincin Palladium

Kendati mempunyai segudang kelebihan, cincin palladium juga memiliki beberapa kekurangan kecil yang wajib Anda ketahui. Kekurangan yang pertama adalah, palladium ini cukup sulit dibentuk, sama seperti platinum. Anda harus tahu bahwa kadar palladium yang bagus adalah 50%, berbeda dengan perak yang mencapai 95%.

Kenapa begitu? karena semakin tinggi kadar palladium atau semakin murni, justru bakal makin sulit pula dibentuk. Hal inilah yang akhirnya membuat harga cincin palladium di pasaran tidak semahal platinum bahkan emas, karena perhiasan palladium yang ada tidak murni sampai 100%. Namun meskipun begitu, ada beberapa cincin palladium dengan kadar lebih dari 50%.

Memahami Kadar Terbaik untuk Cincin Palladium

Jika disuruh mengurutkan, platinum pada dasarnya punya daya tahan lebih baik daripada emas. Hal inilah yang akhirnya membuat platinum tak mudah berkarat, korosi hingga aus seperti logam mulia lain. Lantas bagaimana dengan palladium? Kendati cukup kuat, ketahanan palladium kalah dari platinum sehingga membuat logam yang digunakan dalam bidang kedokteran gigi ini lebih mudah tergores.


Tapi meskipun demikian, palladium bisa jadi pertimbangan terbaik dalam membeli cincin. Hanya saja ketika Anda ingin membeli cincin palladium, sudah pasti caranya berbeda saat hendak membeli cincin emas. Seperti yang diulas sebelumnya, semakin tinggi kadar palladium pada sebuah benda, maka bakal semakin sulit dibentuk.


Sehingga dengan begitu, cincin yang mempunyai kadar palladium terlalu tinggi, akan mempunyai tekstur yang kaku dan tidak nyaman dipakai jangka panjang. Sementara kalau kadar palladium-nya terlalu rendah, justru cincin bakal menjadi begitu lunak dan mudah berubah bentuk. Lalu, berapa kadar ideal untuk cincin palladium? Sekitar 50-75%.

Rentang cincin dengan kadar palladium 50-75% ini adalah yang terbaik karena tekstur cincin bakal sangat nyaman ketika dipakai dalam jangka panjang, lantaran tidak terlalu kaku dan lunak. Karena ini pula, harga cincin palladium dengan rentang kadar 50-75%, menjadi yang paling banyak dipilih oleh para pecinta perhiasan.


Informasi Harga Cincin Palladium Sesuai Kadar

Kerap disebut sebagai emas putih, pada dasarnya harga cincin palladium ini lebih mahal dibandingkan emas kuning. Namun dari penjelasan yang sudah dipaparkan di atas, harga dari perhiasan berbahan palladium ini sangat bergantung pada kadar palladium yang dimiliki.

Di pasaran Indonesia sendiri, cincin palladium yang beredar biasanya mengandung kadar sangat variatif yakni 10 sampai 80 persen. Supaya lebih paham, berikut ini daftar kisaran harga cincin palladium di pasaran yang bisa Anda pertimbangkan:

1. Cincin palladium dengan kadar 10% = Rp210 ribu per gram

2. Cincin palladium dengan kadar 25% - 35% = Rp280 ribu - Rp350 ribu per gram

3. Cincin palladium dengan kadar 40% = Rp430 ribu per gram

4. Cincin palladium dengan kadar lebih dari 50% = Rp480 ribu per gram


Melalui kisaran harga di atas, Anda tentu bisa menyiapkan modal sesuai kemampuan dan keinginan. Jika Anda ingin cincin yang cukup berat dengan harga murah, maka tentu bisa membeli cincin palladium dengan kadar 10% seberat 5 gram dengan kisaran Rp1 jutaan. Namun kalau ingin cincin palladium dengan kadar terbaik dan tidak terlalu berat, bisa saja membeli cincin palladium berkadar 65% seberat 2 gram, yang berharga kisaran Rp1 jutaan juga.


Tentunya dengan memahami perhitungan harga cincin palladium yang tergantung kadarnya, Anda tentu lebih diuntungkan. Pastikan cincin tersebut bakal digunakan oleh siapa dan sesuaikan kadar yang dimiliki, sehingga membuat cincin palladium tersebut tampak begitu menarik dan terlihat elegan.

©2020 by Galeri 24. Proudly created by G24 IT Dev Team with ♥