Kabar Emas
10 Feb 2024

Inilah Tahapan Pengolahan Biji Emas Jadi Emas Batangan

Bagikan
article-cover-images/7c2bf644ed82907cceb8681476df6738

Sudah sejak lama bahwa emas memang menjadi salah satu instrumen investasi yang menjanjikan, apalagi dalam bentuk emas batangan murni 24K. Tingginya harga emas ini tak lepas dari proses si logam mulia terbentuk mulai dari biji emas menjadi emas batangan murni yang cukup rumit dan butuh perjalanan panjang.

Mungkin tak banyak yang menyadari bahwa melalui hasil riset dalam jurnal internasional berjudul Nature yang diterbitkan Universitas Bristol pada tahun 2011, terungkap kalau emas di Bumi ini berasal dari hujan meteorit sekitar lebih dari 200 juta tahun setelah planet ini terbentuk. Meteorit yang terpecah ini mengandung biji emas yang larut bersama cairan panas.

Cairan-cairan panas ini mengalir di pori-pori batuan di bawah permukaan Bumi dan akhirnya mendingin serta bereaksi dengan bebatuan, logam dan mineral di sekitarnya. Barulah kemudian dilakukan aksi penambangan yang memproses emas-emas kecil menjadi sebuah unit besar hingga akhirnya jadi emas batangan murni yang diburu manusia untuk investasi.


7 Tahapan Pengolahan Biji Emas Jadi Emas Batangan


1. Siapkan Bahan Baku

Dalam memproduksi emas batangan, rupanya ada dua jenis bahan baku yang dipakai. Yang pertama adalah bongkahan emas dalam ukuran kecil dengan kadar kemurnian 90% dari tambang, serta perhiasan-perhiasan emas yang sudah cacat dengan kadar kemurnian sekitar 37%.


2. Pencucian Pertama

Bongkahan emas dari tambang dicuci dengan cairan kimia khusus supaya logam lain yang menempel jadi luruh, sehingga cuma tersisa biji-biji emas murni dengan kadar hingga 99.99%. Dalam pencucian biasanya memakai dua larutan kimia berbeda. Larutan pertama agar emas dan besi terpisah, sementara yang kedua emas dan perak terpisah.


3. Pencairan Pertama

Emas-emas rongsok dari perhiasan cacat dicairkan dengan suhu 1.400°C hingga meleleh dan menjadi cairan emas pekat. Dalam tahap pencairan pertama ini, bongkahan emas murni dari tambang yang sudah dicuci sebelumnya bisa dicampurkan pada cairan emas pekat dan kemudian dibentuk menjadi emas batangan.


4. Pencairan Kedua

Emas batangan yang dihasilkan dari tahapan pencairan pertama kembali dipanaskan tapi kali ini dimasukkan ke dalam cairan klorin. Hasil dari tahapan pencairan kedua ini biasanya menghasilkan emas dengan bentuk seperti cornflakes yang punya kadar kemurnian hingga 90%.


5. Pencucian Kedua

Serpihan-serpihan emas dari proses pencairan kedua kembali dicuci tapi kali ini menggunakan air raja (aqua regia), yang merupakan larutan campuran asam klorida pekat (HCl) dengan asam nitrat pekat (HNO3). Larutan air raja ini bersifat sangat korosif sehingga mengeluarkan uap berwarna kuning.

Hanya melalui larutan inilah, logam-logam paling mulia menurut deret Volta seperti raksa, timbal, emas dan platina sanggup larut. Tak heran kalau akhirnya aqua regia disebut sebagai air raja. Jika sudah dicuci dengan air raja, serpihan emas itu bakal jadi cairan mirip minyak yang kemudian diproses terus hingga jadi pasir emas dengan kadar murni.


6. Hasilkan Biji Emas Murni

Dalam tahapan ini, emas-emas yang berbentuk pasir itu bakal kembali dilelehkan dan dimasukkan ke larutan kimia. Barulah kemudian setelah proses penyaringan, biji emas murni alias grain bakal dihasilkan yang merupakan tahap akhir dari pemurnian emas.


7. Mulai Dicetak

Lantaran sudah memperoleh biji emas murni, barulah kemudian kembali dilelehkan dan dicetak menjadi emas batangan 24K dalam berbagai ukuran mulai 1 gram hingga 5 gram dan dijual ke pasaran.

Bagaimana? Cukup ribet dan panjang juga kan proses perjalanan biji emas dari tambang hingga menjadi emas batangan? Untuk itulah sebanding dengan harga logam mulia ini yang terus melambung dari waktu ke waktu.


Beli Emas Batangan di Galeri 24

Mau beli aksesoris perhiasan untuk momen spesial seperti hari ulang tahun atau lainnya cukup mudah sekarang. Melalui Galeri 24, masyarakat bisa melakukan pembelian dan penjualan berbagai jenis emas dan perhiasan menarik. Galeri 24 adalah perusahaan retail Emas dan Perhiasan yang juga merupakan anak perusahaan PT Pegadaian Persero. Dengan puluhan outlet yang tersebar, Galeri 24 menyediakan Emas berbentuk Logam Mulia dari berbagai Vendor serta perhiasan cantik untuk keperluan investasi jangka panjang ataupun hadiah.

Galeri 24 menjual perhiasan emas berkualitas dengan desain trendy dan up to date, serta Batu Mulia seperti Berlian yang bersertifikat. Perlu diketahui, semua emas yang dijual oleh Pegadaian dan Galeri 24 berasal dari PT Aneka Tambang (Antam) yang merupakan produsen emas terbesar di Indonesia. Selain itu, Anda juga bisa mendapat keuntungan saat menjual emas di Pegadaian.

Harga emas yang dibeli kembali di Pegadaian lebih tinggi sedikit dibanding yang ditawarkan oleh PT Antam. Oleh karenanya, jual beli emas lewat Pegadaian sangat direkomendasikan bagi Anda yang mau mulai berinvestasi emas.