top of page

Investasi Emas Batangan atau Perhiasan Emas, Mana yang Lebih Cuan?


Sumber: pexels.com


Kita semua tahu, bahwa emas merupakan salah satu bentuk investasi yang populer dan aman untuk masa depan. Tak heran jika banyak orang yang tertarik untuk melakukan investasi emas. Namun, tahukah Anda bahwa ada beragam cara untuk melakukan investasi emas? Mulai dari investasi emas batangan sampai dengan investasi emas perhiasan. Dalam artikel ini, kami akan membicarakan tentang apa saja yang perlu dipertimbangkan dalam memilih investasi emas batangan atau perhiasan emas.


3 Sisi Pertimbangan Investasi Emas Batangan atau Perhiasan Emas


Berikut adalah 3 sisi pertimbangan yang patut Anda pikirkan jika Anda ingin berinvestasi di emas batangan atau perhiasan emas.


1. Tujuan Investasi


Dari sisi tujuan investasi jangka panjang, investasi emas batangan lebih disarankan daripada emas perhiasan. Ini karena emas batangan memiliki nilai jual yang lebih tinggi ketimbang emas perhiasan. Nilai jual emas batangan ditentukan oleh nilai pasar emas, sementara nilai jual emas perhiasan juga dipengaruhi oleh kualitas desain dan kerajinan. Jadi, nilai jual emas batangan lebih stabil dan dapat diandalkan untuk investasi jangka panjang.


Selain itu, investasi emas batangan juga lebih aman dan mudah dicairkan. Ini karena emas batangan tidak memerlukan asuransi untuk perlindungan yang lebih baik. Emas batangan juga mudah dicairkan dan didistribusikan kapan pun Anda membutuhkan uang.


2. Tingkat Kemurnian Emas


Kandungan emas pada emas batangan lebih murni daripada kandungan emas pada emas perhiasan. Hal ini karena emas batangan terkenal sebagai investasi berharga, jadi logikanya, emas batangan harus lebih murni jika dibandingkan dengan emas perhiasan. Emas batangan bisa memiliki kandungan emas hingga sebesar 99,99%, sementara emas perhiasan hanya memiliki kandungan emas sebesar 75% hingga 92%.


3. Biaya-biaya


Emas perhiasan memiliki biaya tambahan yang tidak dimiliki oleh emas batangan, yang membuatnya menjadi lebih mahal. Ini disebabkan oleh beberapa alasan, di antaranya adalah biaya tambahan yang dikeluarkan untuk membuat perhiasan.


Pertama, emas batangan tidak memerlukan proses pembuatan yang rumit seperti perhiasan. Ini berarti bahwa tidak ada biaya tambahan untuk membuatnya. Sebaliknya, emas perhiasan memerlukan banyak pekerjaan untuk membentuk dan memolesnya. Ini termasuk biaya untuk pengecoran, polishing, dan pemotongan.


Kedua, emas perhiasan juga memerlukan biaya tambahan untuk pemasaran dan penjualan. Pemasaran dibutuhkan untuk mempromosikan produk kepada konsumen, sedangkan penjualan melibatkan biaya untuk memastikan bahwa produk tersebut tersedia di toko-toko.

Ketiga, emas perhiasan juga memerlukan biaya tambahan untuk asuransi. Asuransi ini dibutuhkan untuk melindungi produk dari kerusakan atau pencurian.


Jadi, biaya tambahan yang dikeluarkan untuk membuat, mempromosikan, dan melindungi emas perhiasan menyebabkan harga jualnya terkadang bisa lebih tinggi dibandingkan dengan emas batangan.


Kesimpulan


Jika tujuan Anda adalah untuk mendapatkan imbal hasil dalam jangka waktu yang panjang, investasi emas batangan lebih disarankan. Sebab emas batangan memiliki nilai harga yang lebih stabil, tingkat kemurnian emas yang lebih tinggi, serta tak ‘mengandung’ biaya-biaya lain seperti pengerjaan. Sedangkan jika tujuan Anda adalah hanya sebagai koleksi atau penambah nilai estetika dalam penampilan, emas perhiasan jelas pilihan yang tepat. Sebab desain dari emas perhiasan memang diciptakan sebagai penambah nilai estetika dalam penampilan. Emas perhiasan juga jelas lebih menguntungkan untuk dijual kembali jika dibandingkan dengan aksesoris lainnya.


Setelah Anda mengetahui tujuan dari investasi emas batangan atau perhiasan emas tersebut, Anda perlu memilih tempat penjualan emas yang terpercaya agar kualitas dari emasnya pun jauh lebih kredibel.


Pastikan untuk membeli emas di tempat terpercaya, seperti di Galeri 24. Galeri 24 merupakan bagian dari PT Pegadaian Persero yang menjual berbagai jenis emas, mulai dari emas batangan hingga perhiasan emas. Kredibilitasnya pun sangat terjamin, sebab emas yang dijual dan diproduksi oleh Galeri 24 sudah sesuai dengan SNI 8880:2020.


Bisa diperoleh melalui gerai fisik, website, hingga marketplace resmi, percayakan investasi emas batangan atau koleksi perhiasan emas Anda pada Galeri 24. Karena hanya di Galeri 24, beli emas tanpa was-was!


294 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua