• Galeri24

Investasi Emas dalam Islam, Bisa Jadi Tabungan Masa Depan

Bagi Anda yang tengah investasi emas dalam Islam perlu mempertimbangkan beberapa hal terkait investasi emas yang halal dan nyaman, dalam Islam tentunya ada hukumnya bagi siapa saja yang berinvestasi. Hukum investasi emas dalam Islam ini terdapat pengaturan secara terperinci mengenai kategori-kategori emas yang ada dengan cara jual-beli emas yang sesuai.


oleh karena itu ada peraturannya terkait ini, tidak salah jika ketika Anda berusaha mencari tahu lebih jauh mengenai investasi emas dalam Islam hari ini. Apalagi, saat ini Anda bisa membeli emas secara Cuma-Cuma melalui digital via platform online dengan sangat mudahnya. Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengesahkan hukum dalam menabung emas yang masuk dalam kategori mubah. Menurut para ahli, Mubah ini dimaksudkan boleh untuk dilakukan siapa saja, bahkan lebih condong kepada sesuatu yang dianjurkan.


Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengesahkan suatu fatwa mengenai jual-beli emas yang tidak tunai. Pihak Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengesahkan suatu hukum dalam menabung emas secara kredit dimana masuk kategori mubah, yaitu diperbolehkan untuk siapa saja. Tetapi ada 3 prasyarat yang bisa dipenuhi dengan ketentuan cara investasi emas yang benar serta halal.


Investasi emas sangatlah dianjurkan menurut syariat Islam. Investasi emas dalam Islam tergolong stabil dikarenakan harganya yang selalu naik secara progresif berdasarkan tahun ke tahun. Untuk itu investasi ini bisa mendatangkan rejeki yang aman untuk masa depan Anda dan bisa ditukarkan dengan uang ketika benar – benar membutuhkan, bagaimana mau coba? Tenang nggak akan rugi justru Anda dapat untung.


Hukum investasi emas dalam Islam secara syariah

Skema investasi emas yang diterapkan melalui platform online pada umumnya dalam memiliki akun tabungan yang digunakan. Nasabah atau penabung emas dapat menyetorkan dana-dana yang dimiliki sebagai tabungan awal ke tabungannya untuk pengisian saldo minimum dan membeli emas pada minimum saldo senilai 0,01 gram emas. Harga setiap gram emas dipengaruhi oleh biaya emas pada hari pembelian.


Selanjutnya, Anda sebagai penabung berhak membeli emas dengan jumlah tertentu dengan berapa pun nominal yang bisa digunakan. Dan suatu saat nanti Anda ingin mengambil emas yang dipunya secara batangan untuk kemudian ditabung, Anda perlu memastikan telah menabung emas dengan tidak 1 gram dalam penambahan biaya cetak.


Lalu bagaimana hukum investasi emas dalam Islam yang berlaku hingga saat ini dan termasuk ke dalam investasi emas yang halal?

Ketika Anda membeli batangan emas, merupakan terjadi penukaran uang dengan emas. Baik uang dengan emas yang masuk pada kategori benda ribawi yang sangat berbeda dari beda lainnya, tetapi dalam satu naungan yang sama. Dan pertukaran hendak dilakukan secara tunai tanpa adanya bunga yang berlaku.


Investasi emas secara halal dengan kredit

Lantaran emas merupakan investasi yang paling disuka oleh rakyat Indonesia, MUI melalui Dewan Syariah Nasional menerbitkan No. 77/DSN-MUI/2010 mengenai Jual Beli Emas secara Tidak Tunai. Hukum investasi emas disesuaikan berdasarkan syariah Islam yang menjelaskan tata cara jual-beli emas dengan sistem kredit.


Jual-beli emas kredit termasuk perbuatan mubah ataupun diperbolehkan. Akan tetapi, terdapat syarat serta ketentuan yang masih berlaku agar termasuk sebagai sistem investasi emas yang halal dan nyaman.


Di antaranya, harga penjualan tidak diperbolehkan bertambah selama periode perjanjian. berikutnya, emas tidak boleh menjadi jaminan, tidak dibenarkan menjadi objek akad yang tentunya dapat berpindah kepemilikan, dengan penjualan-pembelian emas diperbolehkan selama emas belum menjadi alat penukaran yang bersifat resmi.


Dengan begitu Anda tidak perlu khawatir dengan investasi emas dimana pembelian kredit melalui platform online adalah kategori tidak halal. Hukum investasi emas dalam Islam sesuai fatwa MUI menyatakan jika pembelian emas secara kredit melalui platform online tentunya diperbolehkan. Jadi, pembelian emas menjadi peluang masuknya cara investasi emas yang halal.



6 views0 comments