• Galeri24

Investasi Emas Pegadaian Mulai 0,01 Gram, Gimana Caranya?

Bagi Anda yang ingin memiliki emas logam mulia tapi terbentur biaya, kini ada solusinya. Pegadaian punya produk tabungan emas yang bisa membuatmu memiliki emas dengan harga mulai dari puluhan ribu rupiah saja.

Adanya fitur ini bermula dari kurangnya kesadaran masyarakat menengah ke bawah akan investasi. Selain itu, sarana investasi retail yang kurang menjangkau masyarakat di pelosok.

Nantinya, uang yang ditabung masyarakat akan dikonversi dalam besaran gram. Nilai terendahnya adalah 0,01 gram atau setara Rp 10.000 mengikuti pergerakan harga emas.

Investasi emas Pegadaian dalam bentuk tabungan emas ini bisa jadi menguntungkan sebab selain bisa membuat Anda memiliki emas batangan, tabungan emas juga memungkinkan Anda untuk menyimpannya secara aman dan terjamin.

Nah, uang yang dikonversi menjadi emas ini nantinya juga bisa dijual kembali ke PT Pegadaian atau buyback. Harganya disesuaikan dengan harga buyback hari emas itu dijual.

Kendati begitu, tetap ada pajak yang harus dibayarkan oleh nasabah tabungan emas atas transaksi pembelian emas batangan yakni Pph sebesar 0,9% (non NPWP) atau 0,45% (NPWP) dan margin penjualan 2,5%.

Dasar hukum ini ditetapkan lewat UU Nomor 7 Tahun 1983 tentang Pajak Penghasilan Pasal 22 dan Permenkeu RI No 34/PMK 10 Tahun 2017.

Jika Anda berniat untuk memulai tabungan investasi Pegadaian, prosesnya mudah saja. Anda cukup melakukan registrasi dengan 3 cara yakni mendatangi outlet-outlet Pegadaian, melalui PDS atau Agen Pegadaian, atau ke Galeri 24.

Galeri 24 adalah perusahaan retail Emas dan Perhiasan yang juga merupakan anak perusahaan PT Pegadaian Persero. Dengan puluhan outlet yang tersebar, Galeri 24 menyediakan Emas berbentuk Logam Mulia dari berbagai Vendor untuk keperluan investasi jangka panjang Anda.

Selanjutnya, membayar uang registrasi sesuai ketentuan, lalu menyerahkan fotokopi KTP ke Pegadaian. Setelah itu, Anda mendapatkan account dan dapat melakukan pembelian, penjualan, pencetakan serta transfer saldo.

Seperti telah diketahui, emas adalah investasi likuid yang barangnya dapat disimpan sendiri. Selain karena harganya yang cenderung naik, investasi ini juga dinilai aman karena tidak tergerus oleh inflasi.

Kendati begitu, investasi emas batangan yang berbentuk fisik juga punya risiko lain, yakni dari sisi keamanan. Menyimpan emas batangan sebagai tabungan di rumah rawan terhadap pencurian. Emas cenderung jadi incaran sebab harga akan dinilai mahal karena besarannya dipatok secara seragam.

Namun, ada cara baru investasi emas yang diinisiasi oleh perusahaan pelat merah, Pegadaian. Investasi emas Pegadaian memiliki beragam produk seperti mulia personal, mulia kolektif, dan mulia arisan. Intinya, tiga fitur pada produk emas batangan ini memudahkan calon investor yang ingin memiliki logam mulia dengan cara mencicil.

Hanya saja, ketiganya memiliki metode pengumpulan dana yang berbeda-beda. Mulia personal diperuntukkan bagi investor yang minat investasi emas Pegadaian batangan secara angsuran.

Para investor bisa mengangsur sesuai kemampuan mulai dari jangka waktu tiga bulan sampai 36 bulan. Syaratnya pun cukup mudah. Hanya membawa identitas diri (KTP/paspor) kemudian membayar uang muka minimal 15% dari harga emas yang ingin dibeli.

Bila membeli dengan cara mengangsur maka fasilitas keamanan sepenuhnya menjadi tanggung jawab PT. Pegadaian hingga batas angsuran selesai dan emas benar-benar resmi menjadi milik investor.

Selain mulia personal, ada pula mulia kolektif dimana pembelian produk mulia dilakukan secara berkelompok minimal enam orang. Pembiayaannya pun dapat ditandatangani oleh perwakilan satu orang saja kemudian pembayaran uang mukanya minimal 10%.

Pilihan emasnya pun bisa dimulai dari denominasi 0,5 gram sampai 1 kg. Pilihan jangka waktu pembiayaannya bisa sampai 36 bulan. Sedangkan Mulia Arisan, bisa dibeli dengan sistem undi. Jumlah anggota arisan pun berjumlah enam orang.

Uang muka untuk Mulia Arisan mulai dari 10% sampai dengan 15%. Kemudian untuk denominasi emasnya mulai dari 0,5 gram sampai 1 kg. Pilihan jangka waktunya pun bisa dipilih sampai dengan 36 bulan. Investor bisa memiliki emas batangan dalam bentuk fisik dan dibawa ke rumah.

Adapun, proses pembukaan ketiga fitur ini dapat dilakukan di seluruh outlet pegadaian di Indonesia dan diangsur melalui aplikasi Pegadaian digitals service, ATM, bisa mobile banking dan internet banking.

Selain emas batangan, Galeri 24 juga menjual Perhiasan Emas berkualitas dengan desain trendy dan up to date, serta Batu Mulia seperti Berlian yang bersertifikat. Perlu diketahui, semua emas yang dijual oleh Pegadaian dan Galeri 24 berasal dari PT Aneka Tambang (Antam) yang merupakan produsen emas terbesar di Indonesia.

Di samping itu, Anda juga bisa mendapat keuntungan saat menjual emas di Pegadaian. Harga emas yang dibeli kembali di Pegadaian lebih tinggi sedikit dibanding yang ditawarkan oleh PT Antam. Oleh karenanya, jual beli emas lewat Pegadaian sangat direkomendasikan bagi Anda yang mau mulai berinvestasi emas.

Investasi, apapun bentuknya menuntut kejelian untuk tahu dan mengamati terus perkembangan dari instrumen investasi yang dipilih. Termasuk dalam bentuk investasi emas PT Pegadaian ini.

Kejelian dan pengamatan terhadap pergerakan harga emas harus terus dipantau. Ini berfungsi agar investor paham kapan saat menjual serta membeli emas batangan yang disediakan Pegadaian.

Memilih investasi emas di Pegadaian adalah salah satu cara berinvestasi yang mudah dan cepat. Risiko hilangnya fisik emas yang selama ini ditakutkan oleh investor yang ingin menjatuhkan pilihannya pada investasi dalam bentuk emas batangan sudah terjawab dengan adanya produk investasi emas Pegadaian.

©2020 by Galeri 24. Proudly created by G24 IT Dev Team with ♥