top of page

Investasi Emas Putih, Apakah Pilihan yang Menggiurkan?



Selain emas kuning, emas putih juga banyak dipilih karena memiliki nilai estetika yang terpancar kuat. Itulah mengapa banyak orang yang memilih perhiasan emas putih untuk digunakan harian dan menjadi koleksi perhiasan pribadinya. Namun dari sisi ‘cuan’, apakah investasi emas putih adalah pilihan yang tepat? Untuk cari tahu lebih lengkapnya, mari simak informasinya di bawah ini!


Apa Itu Emas Putih?


Emas putih adalah logam mulia yang sering digunakan dalam perhiasan dan investasi. Emas putih dicirikan oleh warna putih emas yang lebih terang dibandingkan emas kuning. Warna putih emas ini disebabkan oleh penambahan logam seperti perak, nikel, seng atau tembaga. Penambahan ini membuat logam mulia tersebut menjadi lebih terang dari warna kuning emas aslinya.


Emas putih juga dikombinasikan dengan logam lain untuk membuat perhiasan yang unik dan berharga, seperti rhodium. Emas putih mengandung rhodium yang lebih tinggi dibandingkan emas kuning. Kombinasi ini menjadikan emas putih lebih dicari dan berharga.


Selain dalam bentuk perhiasan, investasi emas putih juga banyak dilakukan. Emas putih memiliki harga jual yang tinggi. Selain itu, emas putih mudah diperdagangkan, sehingga lebih mudah untuk dijual dan dibeli. Hal ini menjadikan emas putih sebagai salah satu pilihan instrumen investasi yang juga banyak dipilih selain emas kuning.


Perbedaan Emas Putih dan Emas Kuning


Umumnya kita mengetahui bahwa ada dua jenis emas yang berbeda, yaitu emas kuning dan emas putih. Meskipun kedua jenis emas ini berasal dari bahan yang sama, namun ada beberapa perbedaan yang signifikan antara keduanya. Kedua jenis emas ini memiliki komposisi yang sangat berbeda dalam hal harga, kekuatan, dan lain-lain.


1. Perbedaan Komposisi


Komposisi emas putih dan kuning juga berbeda. Emas putih terdiri dari emas murni 24 karat yang dicampur dengan logam lain seperti perak, nikel, atau palladium. Komposisi ini membuat emas putih lebih putih dan lebih kuat. Perbandingan emas putih biasanya adalah 75% emas murni dengan 25% logam lain. Berbeda dengan emas kuning, karena emas kuning adalah emas murni 24 karat yang tidak dicampur dengan logam lain. Ini membuat emas kuning lebih lunak.


2. Perbedaan Nilai Harga


Untuk besaran harga, emas putih memang memiliki harga jual yang lebih tinggi. Namun harga jual kembali emas putih lebih rendah daripada emas kuning. Hal ini karena emas putih memerlukan lebih banyak bahan dalam pembuatannya, yang membuatnya lebih mahal daripada emas kuning. Jika Anda ingin membeli emas untuk perhiasan, emas putih bisa Anda pilih. Namun, jika Anda mencari emas dengan harga jual yang lebih stabil dalam jangka panjang, maka emas kuning adalah pilihan yang lebih baik.


3. Daya Tahan yang Berbeda


Soal ketahanan, emas putih adalah yang terbaik. Emas putih kuat dan tahan lama karena logam lain yang dicampur dengan emas murni. Emas kuning juga kuat, namun tidak sama kuatnya dengan emas putih. Emas kuning mudah tergores dan pecah, dan tidak tahan lama. Selain itu, emas kuning lebih mudah terkena karat jika tidak dirawat dengan benar.


4. Penggunaan


Untuk penggunaan, emas putih dan emas kuning sama-sama banyak digunakan dalam perhiasan. Meskipun emas putih dan emas kuning sama-sama populer, namun emas putih lebih banyak dipilih untuk membuat perhiasan. Ini karena emas putih lebih mudah dibentuk dan lebih cocok untuk bentuk yang rumit. Emas kuning biasanya digunakan untuk perhiasan yang lebih sederhana.


Apakah Investasi Emas Putih adalah Pilihan yang Menarik?


Investasi emas putih menjadi salah satu pilihan yang bisa Anda pilih, terutama jika Anda senang mengoleksi perhiasan. Memiliki nilai jual yang lebih tinggi membuat investasi emas putih bisa menjadi salah satu peluang dalam mendapatkan ‘cuan’. Untuk itu, pastikan untuk mendapatkan emas putih hanya dari produsen dan tempat terpercaya saja agar kredibilitas emas-nya terjamin, seperti di Galeri 24.


Galeri 24 adalah pilihan tepat bagi Anda yang ingin mulai berinvestasi di instrumen emas. Karena selain menyediakan emas batangan, Galeri 24 juga menyediakan berbagai koleksi perhiasan yang menawan, termasuk perhiasan emas putih. Emas dari Galeri 24 juga sudah memenuhi SNI 8880:2020. Sehingga soal kualitas, emas dari Galeri 24 sudah sangat terjamin.


Bisa dipesan di gerai resmi, website, hingga marketplace resmi Galeri 24. Pastikan untuk memilih investasi emas putih Anda di Galeri 24. Karena hanya di Galeri 24, beli emas tanpa was-was!

244 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page