Kabar Emas
13 Feb 2024

Mulai dari Sisihkan Uang Jajan, Ini Cara Investasi Emas untuk Pelajar

Bagikan
article-cover-images/0f4ecc5d3e9a724b218421c7cbf1fe6b

Sebagai seorang pelajar, investasi emas adalah salah satu cara yang tepat untuk mulai belajar berinvestasi. Dengan menginvestasikan sebagian dari uang saku dan tabungan ke dalam emas, pelajar dapat membuat perencanaan keuangan yang menguntungkan dan aman untuk masa depan mereka. Investasi emas juga memberi pelajar kesempatan untuk memaksimalkan potensi keuangan mereka dan belajar tentang aset yang berharga serta manajemen aset.

Instrumen Emas Cocok untuk Para Pelajar dalam Belajar Investasi

Investasi emas bisa menjadi alternatif yang baik bagi pelajar untuk mengembangkan dana mereka. Emas memiliki nilai yang stabil dan memiliki jarak aman dari fluktuasi pasar. Emas juga tidak terkena pajak sehingga menjadikan investasi ini sangat menguntungkan jangka panjang. Investasi emas juga relatif mudah diakses dan memiliki risiko yang lebih rendah dibandingkan dengan instrumen keuangan lainnya. Ini membuatnya menjadi pilihan yang baik bagi pelajar untuk memulai investasi.

Investasi emas juga merupakan cara yang bagus untuk melindungi aset dari inflasi dan meningkatkan nilai aset jangka panjang. Investasi emas juga mampu memberikan keuntungan yang sebanding dengan investasi lainnya dan memiliki risiko yang lebih rendah.

Mengapa Pelajar Bisa Mulai Berinvestasi di Emas?

Ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan jika Anda yang masih menempuh pendidikan sekolah menengah mulai berinvestasi di emas, diantaranya sebagai berikut:

1. Potensi Capital Gain/Keuntungan yang Tinggi

Investasi emas dianggap sebagai salah satu investasi yang menguntungkan karena potensi capital gain yang tinggi. Nilai emas cenderung naik seiring waktu, yang berarti bahwa pelajar pelu bisa menikmati keuntungan jangka panjang dari investasi emas.

2. Stabilitas Nilai

Emas bersifat stabil dan konsisten dalam jangka panjang. Ini berarti bahwa pelajar pelu bisa mendapatkan manfaat dari perlindungan dari fluktuasi harga yang bergejolak.

3. Diversifikasi Portofolio

Emas bisa menjadi alat yang berharga bagi pelajar perlu untuk diversifikasi portofolio mereka. Investasi emas dapat membantu pelajar perlu untuk mengurangi risiko yang terkait dengan investasi lainnya dan meningkatkan potensi keuntungan jangka panjang.

4. Kemudahan Akses

Emas dapat diperoleh secara mudah dan bisa diakses oleh pelajar pelu dari berbagai tempat. Emas dapat dibeli melalui toko emas, bank, atau toko online.

5. Mudah Diperjualbelikan

Investasi emas mudah untuk dipertukarkan, dijual, atau dialihkan. Hal ini membuatnya ideal bagi pelajar pelu yang ingin mengubah investasi mereka dari satu jenis ke yang lain.

Kesimpulannya, investasi emas bisa menjadi pilihan bagi pelajar pelu yang ingin mendapatkan keuntungan jangka panjang, diversifikasi portofolio, dan kemudahan akses dan transfer. Investasi emas juga dapat memberikan perlindungan dari fluktuasi harga yang bergejolak dan menawarkan potensi capital gain yang tinggi.

Cara Mengelola Keuangan Pelajar untuk Investasi Emas

Agar keuangan pelajar bisa dimaksimalkan melalui investasi di instrumen emas, berikut adalah cara mengelola keuangan untuk pelajar agar Anda yang masih bersekolah tetap bisa berinvestasi emas.

1. Bijaklah dalam Mengatur Pengeluaran

Pertama, Anda bisa membuat daftar pengeluaran untuk melihat seberapa banyak uang yang Anda habiskan. Hal ini membuat Anda dapat mengelola uang yang Anda miliki, sehingga Anda dapat menyisihkan uang untuk berinvestasi.

2. Sisihkan Uang untuk Berinvestasi

Setelah Anda mengetahui berapa banyak uang yang Anda habiskan dan berapa banyak yang tersisa, Anda dapat menyisihkan sebagian dari uang tersebut untuk kemudian berinvestasi emas. Uang yang disisihkan ini dapat berupa uang jajan yang Anda dapatkan untuk di sekolah.

3. Beli Emas Batangan dari yang Terkecil

Saat ini sudah banyak emas batangan yang diproduksi dalam gram yang kecil. Sebagai pelajar, Anda bisa mulai berinvestasi sedikit-sedikit terlebih dahulu dengan membeli emas dengan gram yang terkecil. Jika memungkinkan, Anda perlu melakukannya dengan konsisten dari uang yang Anda sisihkan.

Cara Investasi Emas untuk Pelajar

Investasi emas adalah salah satu cara yang bagus untuk mengatur keuangan bagi para pelajar. Dengan investasi emas, pelajar dapat membangun kekayaan jangka panjang dan mengamankan keuangan masa depan mereka. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu pelajar memulai investasi emas:

1. Tentukan Tujuan dan Jumlah Investasi

Ini adalah langkah pertama dalam memulai investasi emas. Pelajar dapat memutuskan jumlah yang akan mereka investasikan dan tujuan jangka panjang atau jangka pendek.

2. Beli Emas dengan Harga yang Tepat

Adalah penting untuk membeli emas pada saat harga terendah. Hal ini akan memastikan bahwa pelajar bisa mendapatkan nilai yang lebih baik untuk uang mereka.

3. Pelajari Tentang Berbagai Jenis Investasi Emas

Pelajar perlu belajar tentang berbagai jenis investasi emas seperti koin emas, bar emas, dan banyak lagi. Hal ini akan membantu mereka memutuskan jenis emas yang paling cocok untuk tujuan investasi mereka.

4. Beli Emas di Tempat Terpercaya Hanya di Galeri 24

Pastikan juga untuk mendapatkan emas untuk berinvestasi hanya di tempat dan dari produsen yang terpercaya. Sebab produsen dan tempat yang terpercaya juga turut mempengaruhi kualitas emas yang akan didapatkan. Jika Anda ingin berinvestasi emas dan bingung mencari tempat terpercaya untuk membelinya, Galeri 24 bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda.

Galeri 24 menyediakan berbagai pilihan emas untuk berinvestasi dengan kualitas terpercaya yang sesuai dengan SNI 8880:2020. Galeri 24 juga menyediakan pilihan emas batang mulai dari gram terkecil, cocok bagi Anda seorang pelajar yang ingin mulai belajar berinvestasi.

Untuk pilihan berinvestasi emas dengan terpercaya, percayakan pada Galeri 24 adalah pilihan yang tepat. Karena hanya di Galeri 24, beli emas tanpa was-was!