• Galeri24

Investasi Paling Aman, Begini Cara Beli Emas Antam Bagi Pemula

Emas merupakan produk investasi yang tingkat risikonya kecil di saat stabilitas ekonomi tidak menentu. Terlebih di masa pandemi ini, nilai emas relatif stabil bahkan cenderung melonjak hingga menyentuh level terbaik. Salah satu produk emas paling diburu ialah emas antam. Lalu, bagaimana cara membeli emas antam? Bagi pemula, pasti ingin sekali memiliki emas antam untuk dijadikan investasi menguntungkan.


Sejarah Antam

Di masa kini, emas di Tanah Air memang dikuasai oleh PT Aneka Tambang (Antam). Hal ini membuat banyak orang mencari informasi cara beli emas Antam dengan tepat.


Menjadi anak perusahaan BUMN pertambangan, Inalum, sejarah Antam sebagai pengolah logam mulia memang sudah sangat panjang dan dimulai sebelum negeri ini merdeka. Tercatat kalau cikal bakal Antam dimulai saat seorang warga negara asing bernama RT Braakenseik mendirikan toko pengolahan emas pada tahun 1930.


Tujuh tahun berlalu, bisnis Braakenseik yang berpindah-pindah ini akhirnya berhenti di kawasan Jakarta Pusat dan fokus pada pemurnian emas rongsok serta hasil tambang lain. Setelah berjalan resmi sebagai bidang usaha pada 1949, bisnis Braakenseik diambil alih oleh Bank Industri Negara pada 1957 dan berubah nama menjadi PT Logam Mulia lalu Antam.


Kualitas emas-emas yang dihasilkan Antam bahkan membuatnya memperoleh pengakuan dari LBMA (London Bullion Market Association). Hal ini menjadikan Antam sebagai satu-satunya asal Indonesia, yang produksi emasnya bisa diterima dan diperdagangkan di seluruh penjuru dunia, sehingga tak ayal menjadi incaran para investor.


Cara Beli Emas Antam untuk Pemula

Kini tahun semakin berlalu, posisi Antam sebagai pemasok utama emas dalam negeri tidak terelakkan lagi. Bahkan di masa pandemi Covid-19 saat harga emas melambung hingga Rp1 juta per gram, produksi emas Antam makin melonjak. Tingginya permintaan ini memang diikuti oleh banyaknya kebutuhan informasi cara beli emas Antam.


Karena rupanya masih banyak masyarakat yang belum paham bagaimana sih cara beli emas Antam secara tepat. Termasuk yang demikian? Maka ulasan berikut ini akan sangat layak untuk dipelajari:


1. Beli di Situs Resmi Logam Mulia

Sekadar informasi, Logam Mulia (LM) adalah sebuah perusahaan berbasis industri logam mulia yang memang jadi salah satu unit produksi PT Antam. Karena itulah cara beli emas Antam yang paling aman memang dilakukan melalui LM. Memahami bahwa saat ini kehidupan sudah serba online, LM menyediakan pilihan pembelian di website.


Anda tinggal berkunjung ke website resmi LM lalu membuat akun dan mengisi data diri. Jangan lupa pilih “Ubah Lokasi” untuk menyesuaikan dengan domisili Anda. Kemudian langsung pilih “Beli Emas” dan tentukan apa yang Anda mau, jika sudah lanjukan ke “Tambahkan ke Keranjang”.


Agar proses transaksi bisa berlangsung, klik “Check Out Now”. Agar mudah, pilih saja metode pembayaran transfer bank memakai nomor VA (Virtual Account). Anda wajib memilih “Saya Menyetujui Syarat dan Ketentuan Logam Mulia” lalu “Bayar Sekarang” untuk menyelesaikan proses transaksi, yang batas maksimalnya 45 menit.


Jika pembayaran sudah selesai, Anda akan memperoleh konfirmasi. LM akan mengirimkan produk emas dari Antam yang sudah Anda pesan ke alamat Anda, dalam waktu 3-5 hari kerja.


2. Beli di Butik Logam Mulia

Cara beli emas Antam berikutnya adalah dengan berkunjung ke Butik Emas LM. Beberapa kota besar di Indonesia yang sudah terdapat Butik Emas LM adalah Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, Bali, Makassar, Palembang, Balikpapan, Banjarmasin, Medan dan Bandung. Dengan membeli di Butik Emas LM, keasliannya tentu sudah pasti terjamin.


Yap, Antam memang hanya menyediakan emas batangan murni 24K dengan harga terbaik di website serta outlet resmi Butik Emas LM. Seperti layaknya belanja di toko emas, Anda akan dilayani oleh karyawan Butik Emas LM, memilih barang, melakukan pembayaran dan membawa pulang emas idaman.


Jika malas mengantri, Anda bisa melakukan pemesanan terlebih dulu ke WhatsApp Butik Emas LM terdekat. Nanti petugas admin akan meminta Anda mengisi data diri lengkap, memilih produk dan melakukan pembayaran. Setelah itu Anda tinggal mengambil emas ke Butik Emas LM dengan jangka waktu maksimal tujuh hari.


3. Beli di Pegadaian

Selain melalui website resmi LM dan outlet resmi Butik Emas LM, emas Antam juga bisa dibeli di Pegadaian. Sebagai BUMN sektor keuangan dengan bisnis emas, Pegadaian juga menyediakan emas-emas batangan murni yang asli produksi Antam. Anda bisa datang langsung ke Pegadaian terdekat dan bertemu petugas.


Bahkan jika modal Anda cukup pas-pasan, bisa membuka rekening Tabungan Emas di Pegadaian. Lewat Tabungan Emas, Anda tinggal menyetorkan sejumlah uang tunai yang akan dikonversikan langsung ke harga emas realtime. Ingin beli perhiasan emas saja? Tenang saja, Pegadaian juga menawarkan Galeri24.


Emas Antam di Galeri24

Galeri24 adalah anak perusahaan Pegadaian yang memang bergerak di bidang jual-beli emas dan perhiasan. Emas-emas batangan murni 24K di Galeri24 tidak hanya dari Antam, tapi juga dihasilkan oleh UBS dan Lotus Archi. Meskipun begitu, sejumlah emas batangan Antam memang menjadi primadona.


Untuk cara beli emas Antam di Galeri24 juga tak sulit. Anda tinggal berkunjung ke website resmi dan memilih produk emas yang diinginkan. Galeri24 menyediakan pilihan emas batangan murni dari Antam mulai dari ukuran 3 gram, 5 gram, 10 gram, 25 gram dan 100 gram.


Harga yang ditawarkan adalah Rp3,033 juta (3 gram), Rp5,026 juta (5 gram), Rp9,98 juta (10 gram), Rp24,8 juta (25 gram) dan Rp99,5 juta (100 gram). Pastikan Anda memilih produk emas batangan yang sesuai dengan budget, baru kemudian lakukan pembayaran. Tak perlu cemas dengan keabsahan, karena Galeri24 menyediakan sertifikat resmi.


Bagaimana? Rupanya tidak sulit bukan dalam mempelajari tata cara beli emas Antam? Dengan begitu Anda bisa memilih salah satu di antaranya untuk kebutuhan investasi.



102 views0 comments