Kabar Emas
13 Feb 2024

9 Istilah dalam Investasi Emas, Investor Pemula Wajib Paham!

Bagikan
article-cover-images/9200ae442703ebcd569fda6da4b4b103

Investasi emas memiliki banyak manfaat bagi para investor. Namun, jika Anda baru saja mulai tertarik dengan investasi emas, Anda mungkin perlu meluangkan waktu untuk memahami istilah-istilah penting yang terkait dengan investasi emas. Jika Anda tertarik untuk mulai berinvestasi emas dan masih awam dengan istilah-istilah yang ada dalam investasi emas, wajib untuk menyimak informasi selengkapnya di bawah ini!

Daftar Istilah dalam Investasi Emas

Berikut ini adalah istilah-istilah dalam investasi emas yang bisa Anda pahami jika Anda mulai tertarik untuk berinvestasi di instrumen emas.

1. Karat

Karat adalah satuan persentase yang digunakan untuk mengukur kadar emas dalam suatu logam mulia. Kadar emas yang lebih tinggi berarti logam mulia tersebut lebih emas sehingga harganya lebih mahal. Karat diukur dalam satuan 24, dimana 24 karat adalah 100% emas pada logam mulia.

Ada berbagai tingkatan karat pada emas yang dapat dipilih. Pertama adalah emas 24 karat yang memiliki kadar emas 100%. Ini merupakan logam mulia paling mahal karena emasnya paling tinggi, tetapi juga paling rapuh dan mudah terkikis.

Kemudian ada emas 22 karat yang memiliki kadar emas 91,7%. Ini lebih kuat daripada emas 24 karat karena campuran logam lainnya.

Ada juga emas 18 karat, yang memiliki kadar emas 75%. Ini merupakan pilihan yang paling populer karena kadar emasnya masih tinggi dan campuran logam lainnya membuatnya lebih kuat daripada emas 24 karat.

Terakhir ada emas 14 karat yang memiliki kadar emas 58,3%. Ini merupakan pilihan yang paling murah sehingga cocok untuk orang yang mencari emas tetapi tidak punya banyak budget.

Ketika membeli logam mulia, pastikan Anda membaca label karat yang tertera di pada produk. Ini akan memberikan Anda informasi tentang jenis karat dalam logam mulia tersebut.

2. Fineness

Fineness adalah ukuran kandungan emas yang ada dalam suatu produk emas. Ini diukur dalam bentuk persen, yang menunjukkan kadar emas yang terkandung dalam suatu produk tertentu. Misalnya, jika suatu produk memiliki fineness 24 karat, itu berarti bahwa produk tersebut berisi 99,9% secara fineness. Fineness juga dapat diukur dengan miligram per kilogram, atau mg/kg. Semakin tinggi fineness, semakin tinggi juga nilai emas.

3. Bullion

Bullion adalah istilah sebutan untuk logam mulia seperti emas, perak, dan platina untuk aset investasi. Bullion dalam bentuk emas sering digunakan sebagai investasi, karena harganya cenderung naik dan turun. Bullion emas tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran, mulai dari sekeping kecil hingga sebuah batang yang beratnya bisa mencapai puluhan kilogram. Bullion emas juga dapat ditemukan dalam bentuk koin, yang bentuk dan ukurannya berbeda-beda. Bullion emas biasanya dibeli dari pembeli yang berpengalaman, karena harga yang didapatkan tergantung pada kualitas logam yang digunakan.

4. Grade

Grade adalah tingkat kemurnian emas yang dihitung dalam persentase. Investasi emas dapat dibeli dalam berbagai grade, dengan grade yang lebih tinggi menunjukkan lebih banyak kemurnian. Grade emas yang paling umum adalah 24 karat atau 99,99 persen emas murni. Grade emas yang lebih rendah, seperti 18 karat, mengandung campuran logam lain seperti perak, tembaga, atau nikel untuk meningkatkan kekerasan dan daya tahan.

5. Troy Ounce

Troy ounce adalah satuan berat yang digunakan untuk mengukur emas dan logam mulia lainnya. Satu troy ounce setara dengan 31,1 gram, atau 1/12 dari satu pound. Troy ounce juga dikenal sebagai satuan standar dalam investasi emas. Hal ini karena troy ounce merupakan satuan yang paling populer dan mudah diterima di pasar emas. Dengan menggunakan troy ounce, harga emas dapat dibandingkan dengan mudah.

6. Pool Account

Pool account adalah istilah khusus dalam berinvestasi dalam emas. Hal ini mengartikan saat investor menyimpan emas mereka di toko atau dealer dalam transaksi jual beli emas.

7. Dinar dan Dirham

Dinar adalah koin emas yang memiliki tingkat kemurnian 22 karat dan berat 4,25 gram. Dirham, di sisi lain, adalah sebutan untuk koin perak murni yang memiliki berat 2,975 gram.

8. Emas Lantakan

Emas lantakan adalah sebuah istilah dalam investasi emas yang bermakna emas batangan.

9. Commodity Exchange

COMEX, singkatan dari Commodity Exchange, merupakan salah satu cabang dari Bursa Komoditas New York yang terkenal. Di sana, ada banyak komoditas metal yang diperdagangkan, seperti emas, perak, tembaga, dan aluminium. Selain COMEX, masih ada bursa komoditas lainnya, yaitu Tokyo Commodity Exchange (TOCOM) dan London Metal Exchange (LME).

Inilah istilah-istilah yang sering digunakan dalam investasi emas. Setelah memahami istilah-istilah ini, mulai terjun berinvestasi emas adalah langkah yang tepat agar Anda bisa lebih memahami bagaimana berinvestasi di emas dan menjaga nilai aset Anda dari inflasi.

Jangan ragu untuk coba berinvestasi di instrumen emas dan lakukan langkah awal berinvestasi emas Anda di tempat yang terpercaya, seperti di Galeri 24. Galeri 24 adalah tempat dan produsen logam mulia yang terpercaya untuk dituju dalam berinvestasi emas. Sebab Galeri 24 masih bagian dari PT Pegadaian Persero dan emas yang dihadirkan pun sudah sesuai dengan SNI 8880:2020.

Dengan keunggulan dan kredibilitas yang terjamin, percayakan investasi emas di Galeri 24 adalah pilihan yang cermat. Karena hanya di Galeri 24, beli emas tanpa was-was!