Jangan Percaya 5 Mitos Berikut Jika Anda Ingin Mulai Berinvestasi


Banyak berita yang menyeramkan tentang investasi, namun ternyata hanya mitos yang tidak perlu dipercaya. Karena justru faktanya, investasi menjadi tren yang booming karena masyarakat semakin paham manfaat dan keuntungannya jika berinvestasi secara tepat.

Lalu, apa saja mitos investasi yang tidak boleh Anda percayai? Berikut ulasannya.


Mitos Investasi #1 Investasi Penuh Risiko

Mitos utama yang sering dipercayai masyarakat Indonesia mengenai investasi adalah risikonya yang sangat tinggi. Sehingga banyak orang takut dan lebih memilih menabung dibanding investasi. Namun ternyata itu hanyalah mitos dan tidak sepenuhnya benar.

Nyatanya, semua hal memang memiliki risikonya sendiri. Begitu pula dengan investasi. Investasi pun tidak terlepas dari risiko, namun besar kecilnya risiko tergantung dari produk investasi yang Anda pilih.

Contohnya saja investasi saham yang memang tinggi risiko namun juga tinggi keuntungannya, istilahnya "high risk, high return". Berbeda jika Anda memilih investasi emas logam mulia yang jauh lebih aman namun juga tetap menguntungkan dalam jangka panjang.


Mitos Investasi #2 Butuh Modal Besar

Mitos kedua yang tak kalah populer adalah investasi membutuhkan modal yang sangat besar, sehingga investasi hanya cocok untuk sebagian orang yang mampu secara finansial.

Dan lagi, mitos seperti itu tidaklah benar.

Ada banyak produk dan pilihan investasi, baik investasi fisik maupun non fisik yang dapat dipilih sesuai budget atau kondisi keuangan Anda. Bahkan investasi emas logam mulia bisa dimulai dari 1 gram kurang lebih Rp.650.000. Jadi, tidak ada alasan modal besar untuk memulai investasi.


Mitos Investasi #3 Terlalu Rumit

Mitos ketiga tentang investasi adalah terlalu rumit cara dan ketentuan yang harus dipahami. Banyak investor pemula kebingungan memilih produk investasi yang beragam jenisnya. Dan akhirnya enggan untuk memulai investasi karena tidak mau mempelajari seluk beluk tentang pilihan investasi yang ditawarkan.

Untuk investasi non fisik seperti saham, deposito dan lainnya memiliki syarat, cara dan ketentuan yang harus Anda perhatikan. Berbeda dengan investasi fisik seperti investasi emas atau investasi properti yang jauh lebih sederhana caranya.

Anda juga dapat belajar investasi dari investor lainnya yang lebih dulu memulai investasi. Bahkan banyak juga sumber informasi secara online yang bisa dijadikan pembelajaran. Jika tidak ingin terlalu rumit mempelajari produk investasi, Anda dapat memulai dari investasi murah dan mudah seperti emas.


Mitos Investasi #4 Semua Uang Bisa Habis

Hampir sama dengan mitos yang pertama, investasi dinilai penuh resiko sampai-sampai uang Anda bisa habis sepenuhnya, bukan hanya merugi kehilangan sebagian modalnya. Namun hal itu pun tidaklah benar jika Anda memilih investasi yang aman dan tepat, bukan investasi bodong.


Mitos Investasi #5 Butuh Waktu Lama Agar Untung

Berbicara soal investasi memang artinya untuk mendapat keuntungan di masa depan. Sehingga memang butuh waktu tertentu agar modal yang disetorkan untuk investasi dapat berkembang dan menghasilkan keuntungan.

Namun banyak yang enggan berinvestasi karena tidak sabar dan merasa butuh waktu yang sangat lama agar investasi dapat membuahkan hasil. Dan mitos tersebut juga tidak sepenuhnya benar.

Biasanya kembali kepada pemilihan produk investasi yang dipilih. Kadang investasi jenis "high risk, high return" juga berpotensi memberikan pengembalian keuntungan yang lebih cepat dibanding investasi yang disebut save heaven seperti emas logam mulia.


Mitos Investasi

Ada beragam mitos seputar investasi yang beredar di masyarakat kita. Namun seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, tidak semua mitos tersebut benar adanya dan perlu ditanggapi secara bijaksana.

Selain itu, investasi memang hal baik yang harus dimulai sejak dini guna mengamankan aset dan memperoleh keuntungan di masa mendatang. Untuk itu jangan mudah percaya mitos yang hanya membuat Anda ragu. Sebaliknya, pahami produk dan keuntungan investasi sebaik mungkin.


Investasi Emas

Jika Anda berencana untuk investasi emas, baik yang berupa logam mulia / emas batangan, maupun berupa perhiasan emas, jangan lupa untuk memilih tempat membeli emas untuk investasi dengan seksama. Karena akan mempengaruhi keaslian, nilai beli dan kualitasnya.

Tempat membeli emas logam mulia, perhiasan emas dan berlian yang aman dan murah adalah di Galeri24 milik PT.Pegadaian. Kini membeli emas investasi pun sangat mudah karena bisa melalui online di www.galeri24.co.id

15 views

©2020 by Galeri 24. Proudly created by G24 IT Dev Team with ♥