Jangan Sampai Salah, Ini Perbedaan Berlian Sintetis dan Bicubic Zirconia


Berlian alami memang berbeda dengan berlian sintetis. Nah, berlian sintetis dan bicubic zirconia, beda lagi. Sering didapuk sebagai tiruan berlian paling sempurna, bicubic zirconia sangat sulit dibedakan dengan berlian asli dalam sekali pandang. Tetapi tetap saja, ada beberapa perbedaan besar di antara keduanya.

Kebutuhan untuk membuat berlian tiruan ini terjadi karena harga belian sangat mahal. Per 2008, telah hampir lebih dari 150 juta karat berlian terbit di pasaran, tapi itupun belum menutupi kebutuhan masyarakat. Wajar, karena selain untuk kebutuhan kecantikan, berlian juga berguna untuk aspek kehidupan lain seperti indsutri pertambangan, kedokteran, elektronik, bahkan kuliner.


Apa itu Bicubic Zirconia?

Cubic Zirconia (CZ) adalah Zirconium Dioxide yang disintesis di laboratorium. Diberi nama “Cubic” untuk menunjukkan bahwa Zirconia diproduksi untuk membentuk kristal kubik, dan memang dimaksudkan untuk meniru bentuk Berlian.

Dalam bentuk mentahnya, bentuk stabil CZ adalah kristal Monoclinic, seperti Spodumene atau Sphene. Untuk menciptakan Zirconia dalam kristal kubik, sebuah stabilizer khusus harus digunakan.

Cubic Zirconia memiliki kekerasan 8 sampai 8,5 skala Mohs, indeks bias 2,15 sampai 2,18, dan dispersi 0,058 sampai 0,066 yang cukup mirip dengan Berlian asli (10 Mohs). Penampilan CZ sangat mirip dengan Berlian sehingga mampu mengelabui kebanyakan orang yang tidak pernah menangani Berlian sebelumnya.

Dan bukan cuma itu, biaya produksi CZ pun yang rendah dibanding berlian sintetis adalah daya tarik utamanya. Menakjubkan, bukan?


Perbedaan Berlian Sintetis dan Bicubic Zirconia #1: Daya Tahan

Tetapi di balik semua kesempurnaannya, bicubic zirconia tetap memiliki cacat fatal yang menjadi pembedanya. Berlian sintetis bisa tahan jauh lebih lama daripada cubic zirconia. Alasannya adalah karena ada beda kekerasan antara keduanya.

Meski dibuat di pabrik buatan manusia, berlian sintetis tetap mempunyai nilai 10 pada skala kekerasan Mohs, sama seperti berlian alami. Sedangkan nilai cubic zirconia “Cuma” 8,5. Sebab itu, cubic zirconia jauh lebih mudah tergores. Tak jarang pula, cubic zirconia kurang tahan lama dibanding berlian sintetis jika dipakai terus-terusan.


Perbedaan Berlian Sintetis dan Bicubic Zirconia #2: Potongan dan Bentuk Sisi

Perbedaan ini cenderung baru tampak ketika berlian sudah lama di tangan. Pada potongan dan bagian sisinya, cubic zirconia lebih lembut daripada berlian sintetis. Dan hampir mirip berlian asli, berlian sintetis memiliki sisi yang tajam.

Cubic zirconia yang bersegi memiliki tepi yang lebih cekun membulat, dan seiring berjalannya waktu batu ini akan menjadi lebih bulat saat tepiannya semakin terkikis. Baru pada saat itulah identitas aslinya sebagai berlian tiruan kelihatan.

Perbedaan Berlian Sintetis dan Bicubic Zirconia #3: Tingkat Dispersi

Dispersi alias pembiasan cahaya menjadi faktor kunci pembeda CZ dan berlian sintetis. Sebabnya, cubic zirconia memiliki dispersi yang lebih tinggi. Bila terkena cahaya, cubic zirconia memantulkan kedip cahaya yang lebih berdimensi (seperti kuning, merah muda, hijau, oranye, bahkan hitam). daripada berlian sintetis yang pancarannya hanya putih terang.

Perbedaan Berlian Sintetis dan Bicubic Zirconia #4: Berat

Cubic zirconia memiliki material yang lebih berat daripada berlian alami dan sintetis. Berat jenis CZ sangat tinggi, mencapai 5,6 sampai 6 sementara Berlian hanya 3,5 sampai 3,53.

Oleh karena itu, CZ satu karat akan jauh lebih kecil daripada Berlian satu karat. Oleh karena itu, jika Anda menimbang batu cubic zirconia dan berlian sintetis dengan ukuran yang sama persis, cubic zirconia cenderung lebih berat.

Kini setelah Anda sudah paham perbedaan bicubic zirconia dan berlian sintetis, semoga tidak salah lagi, ya.

Nah, jika Anda tertarik membeli berlian untuk investasi atau perhiasan berlian untuk koleksi, percayakan kebutuhan tersebut pada Galeri24 anak perusahaan PT.Pegadaian.

Segera kunjungi gerai Galeri24 di kota terdekat. Anda juga bisa mengakses websitenya www.galeri24.co.id. Dapatkan beragam perhiasan mutakhir dan informasi-informasi terbaik seputar emas dan batu mulia.

393 views

©2020 by Galeri 24. Proudly created by G24 IT Dev Team with ♥