Jangan Sampai Tertipu! Ini Cara Membedakan Berlian Asli dan Palsu


Berlian memang sangat indah sebagai perhiasan maupun dijadikan koleksi. Namun, kilaunya yang sangat berharga membuatnya banyak dipalsukan. Berikut cara membedakan berlian asli dan palsu.


Ciri Berlian Asli #1 Kuat

Seperti yang kita tahu, berlian adalah logam terkeras yang ada di bumi. Berlian yang asli memiliki tekstur yang keras dan kokoh. Oleh karena berlian tidak akan mudah pecah atau pun retak.

Jika berlian yang Anda miliki retak walaupun hanya diberi benturan yang ringan maka sudah pasti perhiasan berlian tersebut adalah palsu.


Ciri Berlian Asli #2 Tidak Tergores

Berlian yang keras dan kuat juga tentu membuatnya tidak mudah tergores. Bahkan berlian yang asli justru dapat menggores benda-benda lainnya. Jika berlian Anda memiliki banyak goresan berarti berlian tersebut palsu.

Anda juga dapat mengetes keaslian perhiasan berlian dengan menggoreskannya ke kaca atau dengan menggunakan amplas Jika berlian Anda tergores berarti berlian tersebut palsu.


Ciri Berlian Asli #3 Tidak Berembun

Berlian asli tidak akan menghasilkan kabut atau berembun saat Anda melakukan Fog Test atau uji tes embun dengan menghembuskan napas ke arah berlian tersebut.

Uji tes embun bisa dilakukan dengan cara meletakkan berlian di depan mulut kemudian hembuskan nafas ke arah berlian seperti sedang mengembus cermin.

Berbeda dengan berlian palsu yang akan menghasilkan embun dan tetap bertahan selama beberapa detik, konduktivitas panas yang baik dari berlian yang asli akan membuat embun menghilang dengan sangat cepat.


Ciri Berlian Asli #4 Dapat Tenggelam

Berlian yang asli memiliki tingkat kerapatan yang tinggi sehingga jika Anda masukkan kedalam air, berlian asli akan tenggelam. Sedangkan berlian palsu justru akan mengambang di permukaan air.

Namun ingat, pengujian dengan cara ini hanya dapat dilakukan pada berlian mentah atau yang masih berbentuk utuh satuan, bukan yang sudah dicampur menjadi perhiasan. Karena dalam perhiasan terdapat berbagai logam lainnya yang mempengaruhi hasil tes.


Ciri Berlian Asli #5 Tahan Panas

Berlian asli tahan terhadap panas dan tidak akan rusak atau pecah bila diberikan panas. Karena berlian mampu menyebarkan panas dengan cepat, maka berlian tidak akan terasa hangat atau panas di tangan Anda.


Ciri Berlian Asli #6 Cahaya Warna Abu-Abu

Berlian asli akan merefleksikan cahaya melalui berbagai sisinya. Refleksi cahaya inilah yang akan membuat berlian terlihat berkilau cemerlang. Bayangan berlian asli mempunyai pantulan warna putih dan abu-abu.

Anda bisa mengetes keaslian berlian dengan cara melihat lurus dari atas berlian, dan lihat warna apa yang dipantulkan. Jika Anda melihat pantulan warna pelangi, berarti berlian itu kemungkinan besar berkualitas rendah atau bahkan palsu.


Ciri Berlian Asli #7 Tidak Tembus Pandang

Berlian membelokkan atau membiaskan cahaya yang melaluinya, alhasil penampilannya sangat terang. Indeks bias yang besar itulah yang membuat berlian yang asli tidak tembus pandang.

Jika Anda menaruh suatu berlian di atas benda maka Anda tidak akan dapat melihat benda tersebut dari bagian atas berlian. Kalau Anda bisa melihat benda dibawah berlian, berarti berlian tersebut palsu.

Untuk melihat keaslian berlian tersebut, Anda dapat meletakkan berlian diatas koran atau buku. Jika Anda dapat membaca tulisan, atau bahkan melihat garis-garis hitam yang terdistorsi sekali pun, maka kemungkinan itu bukan berlian asli.

Berlian akan membelokkan cahayanya sedemikian tajamnya sampai-sampai Anda tidak dapat melihat tulisannya. (Ada beberapa pengecualian sedikit: jika potongannya tidak proporsional, tulisan cetaknya masih bisa tampak menembus berlian asli.)


Membeli Berlian Asli

Melakukan serangkaian pengujian sebelum membeli berlian sangatlah penting. Namun tidak semua tes dapat kita lakukan langsung ditempat membeli berlian.

Untuk itu, pilihlah toko emas dan toko perhiasan terpercaya yang menjual berlian asli dengan kualitas terbaik, seperti Galeri24 dari PT.Pegadaian.

Galeri24 hanya menjual berlian asli dan bersertifikat yang dapat di uji keasliannya. Selain itu, berlian di Galeri24 juga memiliki beragam model dan ukuran yang sesuai dengan selera Anda.

Membeli perhiasan, logam mulia maupun berlian di Galeri24 pun kini semakin mudah dengan transaksi secara online melalui website resmi www.galeri24.co.id

©2020 by Galeri 24. Proudly created by G24 IT Dev Team with ♥