Kabar Emas
14 Feb 2024

Jangan Tertipu! Ini Tips Beli Emas di Toko Perhiasan Online

Bagikan
article-cover-images/36c84fef34f9d582ab99702f739993e6

Saat ini, platform jual beli perhiasan emas online sudah marak di internet. Hal ini lantaran perkembangan teknologi yang kian besar dan para pembeli yang mendambakan efektivitas.

Namun, dalam hal perhiasan emas, tentunya masih banyak pembeli yang berhati-hati. Tentu saja karena harganya yang relatif mahal.

Alasan keamanan jadi yang nomor satu dan diutamakan oleh para calon pembeli. Sebab, banyak orang khawatir terkena kasus penipuan jika membelinya secara online. Berikut ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan ketika hendak membeli perhiasan emas secara online.

9 Tips Beli Emas di Toko Perhiasan Online

1. Tentukan perhiasan emas yang akan Anda beli.

Sebelum membeli, ada baiknya juga bila Anda mempelajari pengetahuan dasar tentang perhiasan seperti kadar emas atau bentuk dan jenis kandungan campurannya.

Jika Anda ingin membeli cincin, ukur diameter jari Anda terlebih dahulu sebelum melakukan pembelian. Apabila Anda kesulitan menentukan ukuran jari, mintalah bantuan sales representatif di toko perhiasan online atau toko perhiasan terdekat.

2. Mengetahui Toko Perhiasan Online yang Akan Dikunjungi

Penting untuk Anda ketahui adalah mencari tahu mengenai toko perhiasan online yang akan Anda kunjungi sebelum beli perhiasan online. Apabila Anda memilih untuk membeli perhiasan di platform e-commerce, akan ada puluhan bahkan ratusan penjual emas online yang berada di sana.

Baca Juga : Harga Emas Terupdate (TERKINI dan SAAT INI)

Pilih satu penjual yang paling meyakinkan. Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan ketika memilih penjual emas di platform jual beli online. Jangan lupa untuk mengecek ulang reputasi toko yang diberikan pada platform e-commerce tersebut. Lihat juga rekam jejak transaksi si penjual.

Selain itu, jika Anda tertarik dengan satu produk perhiasan yang dijual secara online hanya karena fotonya cantik, maka cegahlah untuk membayarnya sebelum melakukan survei harga. Karena terkadang harga yang diberikan tidak masuk akal dan tidak sesuai dengan produk yang dijual.

Kalau Anda merasa barang tersebut asli dan bermutu, silakan cari produk yang sama dengan kualitas setara di situs yang lain. Survei harga ini bermanfaat untuk menambahkan opsi.

3. Memastikan Kebijakan Pengembalian dan Penukaran

Setelah mencari tahu, Anda harus memastikan bagaimana kebijakan pengembalian dan penukaran barang di tempat Anda belanja. Sebab, membeli perhiasan online artinya barang fisik hanya dilihat secara tidak kasat mata.

Hal ini meminimalisasi kerugian apabila barang yang Anda dapatkan tak sesuai dengan ekspektasi, atau yang paling umum adalah ternyata ukuran perhiasan tak sesuai dengan bagian tubuh Anda.

Mempelajari kebijakan pengembalian dan penukaran barang juga penting, mengingat biasanya toko online hanya menerima pengembalian barang dalam batas waktu tertentu setelah pembayaran.

4. Pastikan Toko Perhiasan Online Mempunyai Customer Service Representative

Kemudian, pastikan toko perhiasan onine yang Anda kunjungi memiliki customer service representative yang selalu siap menjawab pertanyaan seputar perhiasan yang ingin Anda beli.

Baca Juga : Inilah 5 Cara Beli Emas Online dengan Aman dan Nyaman

Sebab, apabila ingin mengajukan komplain di kemudian hari Anda tak perlu repot-repot mendatangi kantornya. Tanya jawab singkat terhadap seller juga berguna untuk meyakinkan diri Anda sendiri.

5. Mempunyai Garansi Toko dan Produk

Pastikan soal garansi toko maupun produk. Adanya garansi membuktikan bahwa toko perhiasan online yang Anda kunjungi memiliki reputasi yang baik dan terpercaya. Garansi ini tentunya akan menguntungkan Anda jika perhiasan yang Anda beli rusak dan harus diperbaiki.

6. Baca Terlebih Dulu Review dari Pembeli yang Lain

Seperti halnya saat hendak melakukan pembelanjaan di online shop, pastinya Anda akan juga membaca review dari para pembeli. Hal ini juga berguna ketika Anda akan membeli perhiasan emas di toko online.

Jika toko perhiasan online yang Anda kunjungi mendapat banyak review positif dari pembeli, maka toko perhiasan online tersebut sangatlah terpercaya.

7. Apakah Ada Dikson?

Beberapa toko perhiasan online biasanya akan menawarkan diskon di waktu-waktu tertentu. Ada juga yang menawarkan diskon tambahan pada barang yang telah didiskon jika pembelian melebihi jumlah tertentu. Potongan harga ini tentu sangat menguntungkan jika Anda ingin membeli satu set perhiasan.

8. Dilengkapi dengan Fasilitas After Sale

Adalah after sale yakni servis dan juga perawatan. Beberapa toko perhiasan online juga menawarkan pembersihan dan perawatan untuk perhiasan yang Anda beli tanpa memberikan tambahan harga bagi pelanggannya.

9. Mengetahui Proses Pembayaran

Saat ini pembayaran untuk transaksi online tidak semata melalui sistem transfer via ATM. Tetapi juga sudah ada pola pembayaran bayar di tempat ketika barang sudah sampai.

Jika ingin berbelanja perhiasan secara online, silakan gunakan sistem pembayaran semacam ini. Sehingga pembeli tidak perlu khawatir, saat jual beli emas perhiasan online uang hilang dan perhiasan tidak juga dikirimkan.

Cara Beli Perhiasaan di Toko Online

Lalu, bagaimana caranya untuk melakukan pembelian di toko perhiasan online terpercaya? Tentunya, Anda harus pastikan bahwa situs yang Anda kunjungi adalah situs web yang aman. Salah satu indikator situs web dengan proses transaksi yang aman adalah melindungi informasi bank dan kartu kredit Anda dari pencurian identitas online.

Baca Juga : 8 Ciri Toko Emas Online Terpercaya

Di samping itu, beberapa toko perhiasan online biasanya menawarkan pengiriman aman yang membutuhkan tanda tangan saat pengiriman untuk memastikan perhiasan Anda jatuh tepat di tangan Anda. Pastikan Anda memilih opsi ini.

Cara berbelanja di toko perhiasan online yang aman selanjutnya adalah membeli perhiasan di lapak atau toko online resmi. Di internet banyak platform semacam ini yang bisa dicoba. Di platform jual beli, pembeli tidak perlu takut akan ditipu oleh penjual. Karena biasanya ada opsi ‘Uang Kembali’ termasuk penukaran barang, jika tidak sesuai dengan gambar atau rusak.

Justru sangat riskan jika berbelanja perhiasan pada situs yang tidak jelas. Apalagi domain yang digunakan gratisan, tentu risiko scam sangatlah besar. Terutama bagi Anda yang tidak paham dengan identitas toko perhiasan di internet yang terpercaya.

Berbicara toko emas dan perhiasan terpercaya Galeri 24 jawabannya, selain aman Galeri 24 juga menyediakan banyak jenis emas berkualitas.

Pokoknya, bila masih kurang yakin Anda bisa membeli di situs galeri24.co.id. Galeri 24 merupakan bagian dari PT. Pegadaian yang menjadi unit bisnis resmi penjualan logam mulia Antam dan perhiasan lainnya. Galeri 24 jadi salah satu toko perhiasan online yang menyediakan pembelian secara offline maupun online dengan mudah.