Kabar Emas
9 Feb 2024

4 Jenis Emas yang Cocok untuk Investasi, Sudah Anda Miliki?

Bagikan
article-cover-images/49452469c86e91c947291b9815fd69bb

Investasi emas merupakan usaha yang layak dipertimbangkan bagi siapa saja yang ingin menanamkan dana yang lebih aman. Harganya yang stabil, memungkinkan investor untuk meningkatkan nilai dana mereka tanpa khawatir dengan fluktuasi yang sering terjadi di pasar saham. Jika Anda tertarik untuk terjun lebih dalam ke investasi emas, berikut ini informasi seputar jenis emas yang cocok untuk investasi sebagai pertimbangan keputusan investasi yang tepat untuk Anda.

Jenis Emas yang Cocok untuk Investasi

Ada beragam jenis emas yang ada di pasaran. Bagi Anda yang sedang mencari jenis instrument emas yang cocok untuk dijadikan investasi, 4 jenis emas ini bisa jadi bahan pertimbangan yang tepat untuk Anda.

1. Emas Batangan

Emas batang merupakan salah satu jenis emas yang banyak dipilih oleh para investor. Emas batang adalah emas yang berbentuk lingkaran dan berukuran seperti batang. Emas batang biasanya memiliki berat antara 0,1 gram yang mini hingga 1.000 gram yang paling besar.

Emas batang memiliki nilai intrinsik yang tinggi sehingga banyak dipilih untuk instrumen investasi. Nilai intrinsik dari emas batang berasal dari kandungan emas murni yang ada pada batangnya. Emas batang juga memiliki kualitas yang baik dan memiliki kemurnian tinggi, yakni hingga 99.99%.

2. Emas Koin

Emas koin adalah bentuk fisik emas yang berbeda dari benda lain seperti lingkaran atau perhiasan. Jenis emas ini diukir menjadi bentuk koin yang berbeda, membuatnya mudah bagi investor untuk menyimpan dan mentransfer emas koin.

Emas koin memiliki nilai yang ditentukan oleh pasar emas. Ini berarti jika harga emas berubah, nilai emas koin Anda juga akan berubah. Beberapa jenis emas koin populer antara lain koin American Eagle, Maple Leaf, Krugerrand, dan Austrian Philharmonic.

3. Emas Digital

Emas digital adalah jenis emas yang bentuk fisiknya tidak berwujud. Keberadaan emas ini terdapat dalam bentuk digital.

Emas digital disimpan dalam dompet digital, yang mirip dengan dompet Bitcoin atau Ethereum. Setiap emas digital memiliki unit yang disebut token. Token ini berfungsi sebagai tanda bukti kepemilikan emas digital. Token ini berisi informasi tentang berapa jumlah emas yang dimiliki investor.

4. Emas Perhiasan

Emas perhiasan menjadi salah satu jenis emas kegemaran para perempuan yang kerap kali mengoleksi perhiasan dan tetap ingin mendulang keuntungan. Selain itu, harga emas perhiasan juga lebih terjangkau jika dibandingkan dengan harga emas batangan, sehingga jenis emas ini banyak dipilih oleh para perempuan yang ingin berinvestasi dengan budget yang lebih terbatas.

Kadar emas di emas perhiasan biasanya mencapai 18 karat saja, sebab ada penambahan bahan-bahan lain agar bisa dengan mudah dibentuk. Jenis perhiasan emas yang banyak ditemukan di pasaran biasanya emas kuning, emas putih, dan emas merah atau rose gold.

Ada banyak jenis emas yang cocok untuk investasi dan disesuaikan dengan tujuan investasi serta anggaran yang Anda miliki. Setelah mengetahui jenis emas mana yang akan dipilih, selanjutnya penting untuk memilih tempat pembelian emas yang tepat dan terpercaya agar dana yang Anda keluarkan tak sia-sia.

Galeri 24 adalah pilihan tempat yang tepat untuk Anda tuju jika Anda ingin mencari emas batang dan emas perhiasan dengan kualitas yang terbaik. Masih satu bagian dengan PT Pegadaian Persero, sehingga kredibilitas Galeri 24 tak perlu Anda khawatirkan. Emas-emas yang dihadirkan dan diproduksi di Galeri 24 pun sudah sesuai dengan SNI 8880:2020, sehingga kualitasnya sangat terjamin.

Pembelian emas di Galeri 24 bisa Anda lakukan dengan beragam cara, dengan mendatangi langsung ke distro resmi hingga pemesanan secara daring via situs resmi dan e-commerce resmi.

Dengan keunggulan yang ada, mempercayakan pilihan emas untuk investasi di Galeri 24 jelas yang paling tepat. Karena hanya di Galeri 24, beli emas tanpa was-was!