Ada Berapa Jenis-Jenis Investasi Yang Kamu Ketahui?


jenis-jenis investasi
sumber: sahabatpegadaian.com

Apakah Anda sebagai calon investor sudah mengetahui jenis-jenis investasi potensial? JIka belum mari simak beberapa penjelasan singkat mengenai jenis dan manfaat dari macam-macam investasi berikut ini.


Pembuatan dan perencanaan investasi memerlukan banyak persiapan untuk memulainya. Tidak hanya untuk investor baru, beberapa lama yang telah tahunan bergabung dalam investasi jangka panjang, perlu melakukan perencanaan dalam mengambil semua langkahnya. Jangan sampai dalam perencanaan yang kurang matang, membuat semua keuntungan hilang dan lenyap sebelum jangka waktu yang telah ditentukan sebelumnya.

Mari kenali beberapa jenis-jenis investasi yang dapat menjadi sumber keuntungan Anda dimasa depan.


Pengertian Investasi


Sebelum benar-benar memilih jenis atau instrumen yang cocok untuk menjadi barang investasi Anda, baiknya Anda mengenal lebih dulu mengenai apa itu investasi. Jadi kata “Investasi” sekarang sangat sering kita dengar, hampir semua orang telah menyiapkan investasinya masing-masing. Investasi dikenal sebagai penyiapan barang sebagai bentuk tabungan atau persiapan untuk kehidupan dimasa depan.


Investasi ini dapat berupa benda, seperti emas, perhiasan, logam mulia, bahkan sampai aksesoris dan beberapa benda pribadi. Investasi tidak memiliki batasan dalam memilih benda yang sesuai, namun untuk beberapa benda bernilai tinggi akan selalu diprioritaskan sebagai instrumen investasi.


Tidak heran dalam perencanaan investasi akan selalu ditemukan kebingungan dalam menentukan instrumen tepat investasi. Apalagi untuk investasi berjangka panjang, akan begitu banyak persiapan dan memerlukan banyak pertimbangan. Sangat wajar mungkin untuk investor pemula kebingungan mencari langkah pertamanya dalam berinvestasi. Mengingat banyaknya jenis-jenis investasi yang tersedia saat ini.


Kebingungan ini pasti berkisar, apakah A lebih baik dari B? atau Investasi C ini lebih baik daripada investasi A? Begitu mungkin pertanyaan-pertanyaan yang bersarang dalam banyak pemikiran investor pemula seperti Anda. Jadi, yuk kenali 5 jenis-jenis investasi yang dapat kamu coba untuk sarana persiapan masa depan cerah dan masa kini yang menenangkan.


Tabungan


Kami yakin hampir semua orang saat ini mengenal atau bahkan memiliki tabungan. Yap, untuk investasi jenis ini memang sudah dikenal dari jaman dulu, tabungan menjadi investasi jangka panjang yang mudah dan murah. Bahkan bisa dibilang dengan memiliki tabungan sebenarnya anda telah menjadi investor untuk masa depan Anda.


Alasannya, karena dengan melakukan penabungan entah secara pribadi di tabungan maupun menggunakan rekening perbankan Anda telah mengeluarkan sejumlah uang untuk simpanan Anda gunakan di masa depan. Menabung akan membiasakan Anda dalam menyisihkan beberapa modal dan uang yang Anda miliki saat ini untuk dipergunakan sebagai tabungan di masa depan, inilah yang kembali disebut sebagai investasi atau penyiapan masa depan.


Jika tujuan awal Anda melakukan finansial , dengan alokasi penyimpanan uang dari 1-6 bulan, maka jenis-jenis investasi ini sangat cocok untuk Anda pergunakan. Investasi jenis tabungan tidak bisa menjadi lama, kecuali Anda memang sengaja menjadikannya sebagai bahan deposito Jangka Panjang. Akan banyak potongan biaya dan beberapa ketentuan jika memang Anda memutuskan untuk menabung dalam kurun waktu lebih dari 2 tahun, kami akan lebih merekomendasikan pada sarana investasi deposito.


Deposito


Mungkin kinerja deposito hampir mirip dengan tabungan yang memerlukan pihak perbankan untuk melayani dan mengelola tabungan, namun untuk deposito ini resikonya lebih rendah. Deposito akan cocok untuk Anda yang menginginkan bunga maksimal dengan potongan yang minim. Deposito menjadi jawaban Anda untuk investasi dengan jarak waktu tertentu dengan keuntungan yang berlimpah.


Deposito memiliki jangka waktu tertentu, yang berkisar tahunan mulai kecil 1 tahun. Namun ada beberapa sarana perbankan yang juga menawarkan deposito dengan jangka waktu 6 hingga 10 bulan. Anda dapat memilih jangka waktu yang cocok untuk investasi jenis ini. Karena selalu terikat pada jangka waktu, maka deposit tidak akan bisa diambil tengah waktu atau ketika belum cukup waktu selesai deposit.


Keuntungan Anda dapat bertambah beberapa persen jika uang dalam deposit dibiarkan mengendap dalam jangka waktunya, namun jika Anda memang menginginkan pengambilan uang di antara jarak jangka waktu itu, Anda dapat dengan mudah melakukan koordinasi dengan pihak perbankan untuk pengambilan mendesak tanpa adanya kesulitan atau syarat yang berbelit.


Seperti halnya tabungan, deposit ini juga telah dikenal dari beberapa puluh tahun yang lalu. Keuntungan dari deposit, membuat orang-orang yang sudah memiliki uang berjangka semakin tergiur. Oleh karena itu, saat ini dalam deposit tidak hanya pebisnis yang menjadi investor namun juga beberapa masyarakat dengan penghasilan menengah ke atas juga mulai melirik deposito untuk menjadi investasi.


Emas


Apabila Anda memiliki tujuan investasi jangka panjang, emas bisa menjadi solusinya. Benda kecil dan punya harga emas mahal ini cocok untuk Anda yang menginginkan aksen mewah, megah, dan menawan untuk menjadi investasi yang menguntungkan. Emas dilirik menjadi investasi sejak awal abad ke 20 ketik melihat nilai emas yang terus menerus naik. Emas tidak pernah mengalami kesulitan pencarian pembeli, hampir masyarakat berpenghasilan menengah ke atas memiliki ataupun menyimpan emas dalam bentuk perhiasan.


Disini, untuk emas investasi tidak hanya berbentuk perhiasan semata. Ada beberapa jenis emas lain yang juga potensial untuk Anda pakai sebagai instrumen Investasi. Diantaranya adalah emas batangan dan emas koin. Keduanya hampir sama dalam pengelolaan dan perawatan emasnya. Emas murni dengan atau tanpa campuran akan cocok dipergunakan sebagai bahan investasi atau instrumen investasi.


Emas menjadi bahan investasi tidak heran tidak bukan karena harga pasaran yang selalu melambung naik. Emas tidak pernah kehabisan pembeli, apalagi saat ini kepekaan mengenai investasi potensial. Apalagi dalam berbisnis atau berinvestasi dengan emas ini tidak membutuhkan banyak persiapan atau dokumen sebagaimana yang ada dalam deposit atau tabungan.


Investasi menggunakan emas juga saat ini dinilai begitu mudah, ada banyak tabungan emas dengan sistem pembayaran berjangka dapat Anda ambil untuk memulai membeli dan berinvestasi emas jangka panjang. Ada beberapa alternatif pilihan emas untuk anda pilih sebagaimana yang telah dijelaskan di atas.


Investasi emas menjanjikan banyak keuntungan pada Anda. Sistem perawatan dan pembelian yang begitu mudah sering kali menjadikan orang-orang berminat masuk bergabung dalam investasi ini. Bahkan tidak hanya untuk orang-orang dewasa, investasi emas sudah dilirik oleh remaja sebagai tabungan masa depan. Namun hal yang harus terus diperhatikan dalam investasi jangka panjang emas ini adalah dengan penyimpanan.


Bentuknya yang kecil, ringan, dan tipis ini sering menjadi sarana pencurian dan penggelapan, jadi perlu untuk terus diperhatikan dalam penjagaan ataupun penyimpanannya.

Yap, demikian beberapa alternatif pilihan untuk Anda memulai berinvestasi. Pastikan Anda mengetahui dan melakukan perencanaan matang mengenai investasi dan sistem tabungan ini. Anda perlu melihat peluang-peluang kecil yang dapat Anda menjadi keuntungan atau justru menjadi kerugian Anda dalam berinvestasi.


Setiap jenis-jenis investasi memiliki keunggulan dan kerugiannya masing-masing, Anda hanya perlu mengatur keuntungan itu dapat Anda miliki dengan jangka waktu yang sesuai dengan perencanaan jangka panjang Anda dimasa depan. Emas tidak jauh lebih baik dari tabungan, atau tidak jauh lebih menguntungkan dari deposito. Semuanya memiliki proporsi peluang untuk menjadikannya sebagai instrumen investasi berharga Anda di masa depan.

Namun bagi pemula, cobalah untuk investasi emas karena relatif lebih aman.


Kemudian jika ingin beli emas online atau offline untuk investasi, pastikan belinya di tempat terpercaya seperti Galeri 24.


Beli emas di Galeri 24, beli emas tanpa was-was!


Jadi, mau pilih mana sebagai instrumen investasi jangka panjang Anda dimasa depan?


8 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua