• Galeri24

Kapan Biasanya Harga Emas Turun? Ini Penjelasannya

Emas menjadi salah satu kebutuhan banyak orang untuk dijadikan investasi atau tabungan. Hal ini sangat penting untuk dilakukan agar anda memiliki cadangan keuangan di masa depan nanti. Biasanya orang-orang sengaja menyimpan uang yang dimilikinya dengan cara membeli emas. Selain sebagai perhiasan, emas juga memiliki fungsi yang sangat penting.


Di tahun 2021 ini, pergolakan investasi emas terjadi kembali, seperti halnya terjadi pada beberapa aset investasi emas seperti aset investasi obligasi Negara, emas spot dan emas antam, dan lain sebagainya. Emas sekarang menjadi sorotan banyak orang untuk membelinya. Hal ini dikarenakan harga beli dan harga jual emas semakin melebar.


Kapan Harga Emas Turun?

Harga emas terjadi pergolakan dalam kurun waktu tertentu. Tidak ada patokan apakah emas akan bergerak naik terus atau turun terus. Kenaikan harga emas inilah yang menjadikan para investor emas senang karena akan mendapatkan keuntungan yang lebih. Sehingga nilai jual yang didapatkan akan lebih tinggi dibandingkan nilai belinya.


Harga emas sendiri merupakan nilai yang menjadikan orang-orang tertarik untuk membelinya atau tidak. Terjadinya penurunan harga emas juga dikarenakan beberapa faktor di dalamnya, sehingga akan ada banyak orang yang membelinya ketika harga emas turun dan menjualnya ketika mengalami kenaikan.


Tahun 2021 ini, harga emas tidak berkilau seperti tahun sebelumnya. Sempat terjadi penurunan harga Rp. 13 ribu menjadi Rp. 922 ribu untuk setiap gramnya. Hal ini telah dianalisa secara langsung oleh direktur PT TRFX Garuda Berjanga Ibrahim As Syuaibi. Dimana harga pasar menurun dikarenakan mengikuti pergerakan harga emas di pasar internasional.


Vaksinasi terkait emas pun masih dirancang oleh berbagai macam Negara di dunia, khususnya untuk Negara maju Eropa dan Amerika. Salah satunya dari Uni Eropa yang menargetkan vaksin yang harus diberikan ke 15 juta penduduk. Sementara dari pihak AS sendiri membidik target 200 juta penduduk. Hal ini membuat pelaku pasar terpercaya untuk kembali bermain aset beresiko dan melupakan emas.


Meski mengalami penurunan harga, prospek membeli emas dalam jumlah yang besar justru masih kurang tepat pada saat ini. Hal ini dikarenakan membeli emas dalam jumlah besar kemungkinan akan lebih rendah untuk beberapa bulan kedepannya. Tidak ada patokan terkait penetapan harga emas karena sewaktu-waktu bisa menglami perubahan.


Bagaimana Kondisi Pemegang Emas Ketika Harga Turun?

Ketika mengalami penurunan harga, tentu hal ini menjadi suatu kepanikan bagi para pemilik emas. Apakah disaat kondisi seperti ini akan menjualnya atau tidak. Bersabar menjadi jalan yang paling efektif utnuk anda lakukan, hal ini dikarenakan emas merupakan investasi jangka panjang dan masih tetap memiliki nilai dalam jangka waktu yang lama. Simpan emas kurang lebih antara 5 – 10 tahun agar anda bisa menjual kembali ketika sudah mengalami kenaikan harga.


Akan rugi besar bagi anda yang menjual emas ketika harganya sedang menurun. Sangat penting juga untuk melakukan analisa terkait harga emas agar anda bisa menentukan untuk menjualnya atau tidak. Namun jika anda membutuhkan uang dalam keadaan mendadak, tidak akan menjadi masalah bilamana anda menjualnya.


Hal ini cukup efektif karena emas dapat dijadikan sebagai pengganti uang. Semua tergantung dari diri anda sendiri apakah ingin menjualnya atau tidak sesuai yang diinginkan. Namun anda harus memahami beberapa faktor mengenai waktu yang tepat untuk melakukan penjualan emas. Dengan begitu, resiko mendapatkan kerugian akan minim terjadi.


Harga Emas Antam Terkini

Investasi dalam bentuk emas pun tidak terlalu berisiko. Pasalnya emas tidak mudah terpengaruh dengan inflasi yang dapat merugikan. Disamping itu, emas pun dikabarkan jarang mengalami penurunan harga. Salah satu investasi saham terbaik adalah dengan cara membeli emas Antam murni. Maka dari itu, harus mengetahui harga emas Antam.


Harga emas Antam terkini, bisa dijadikan patokan untuk membeli emas dalam waktu dekat serta menyimpan nya untuk beberapa tahun ke depan. Dengan demikian bisa diperkirakan nilai jual kembali yang akan didapatkan bila membeli emas tersebut. Sehingga dapat diprediksi selisih jualnya.


Antam sendiri memproduksi emas murni senilai 24 karat, dengan ukuran 0,5 gram, 1 gram, 10 gram, 15 gram hingga satu kilo. Apabila, anda memilih untuk berinvestasi emas, maka bisa disesuaikan dengan cara mengetahui harga emas Antam lebih dulu. Dengan demikian bisa mengetahui perbandingan harga jual dan harga beli serta selisih nya untuk mendapatkan keuntungan dari hasil investasi emas, yang selama ini telah dibeli.



5 views0 comments